๐ก๐๐๐ ๐ฌ๐๐ก๐ ๐๐๐ฆ๐๐ฃ๐๐๐๐ง๐ ๐ ๐๐ฆ๐๐ ๐๐๐๐จ๐ฃ ๐๐๐ก๐๐๐ ๐๐๐ก๐
Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq
Ada empat nabi Allah yang sering disebut mereka masih hidup hingga hari ini. Maksud hidup di sini adalah belum pernah merasakan atau bertemu dengan kematian. Keempatnya itu adalah : Idris, Ilyas, Khidir dan Isa ‘alaihimussalam. Imam al Baghawi rahimahullah berkata :
ููุงููุง: ุฃุฑุจุนุฉ ู ู ุงูุฃูุจูุงุก ูู ุงูุฃุญูุงุก ุงุซูุงู ูู ุงูุฃุฑุถ: ุงูุฎุถุฑ ูุฅููุงุณ ูุงุซูุงู ูู ุงูุณู ุงุก: ุฅุฏุฑูุณ ูุนูุณู
“Dan mereka mengatakan : ada empat dari para nabi yang masih hidup, dua di bumi yakni : Khidir dan Ilyas dan duanya lagi di langit yakni : Idris dan Isa.”[1]
Namun dari ke empat nabi tersebut, yang benar-benar secara meyakinkan dan disepakati oleh para ulama masih hidup hanyalah Isa bin Maryam. Adapun selain beliau ada yang diperdebatkan bahkan ada yang dianggap dalil akan kehidupannya hingga hari ini tidak bisa diterima.
Insyallah kita akan bahas nanti tentang nabi Khidir, Idris dan Ilyas, kali ini kita akan membahas terlebih dahulu sosok nabi yang disepakati masih hidup yakni nabi Isa ‘alaihissalam.
Berkata al imam Thabari rahimahullah :
ูุงู ุงูุญุณู: ูุงู ุฑุณูู ุงููู ูููููุฏ: ุฅู ุนูุณู ูู ูู ุช، ูุฅูู ุฑุงุฌุน ุฅูููู ูุจู ููู ุงูููุงู ุฉ
“Dan berkata al Hasan : Bersabda Rasulullah shalallahu’alaihi wassalam kepada orang-orang Yahudi : ‘ Sesungguhnya Isa tidak mati, dan sungguh ia akan kembali kepada kalian sebelum terjadinya hari kiamat.”[2]
Berkata Ibnu Athiyah rahimahullah :
ุฃุฌู ุนุช ุงูุฃู ุฉ ุนูู ู ุง ุชุถู ูู ุงูุญุฏูุซ ุงูู ุชูุงุชุฑ ู ู ุฃู ุนูุณู ูู ุงูุณู ุงุก ุญู، ูุฃูู ุณููุฒู ูู ุขุฎุฑ ุงูุฒู ุงู ูููุชู ุงูุฎูุฒูุฑ ูููุณุฑ ุงูุตููุจ ูููุชู ุงูุฏุฌุงู ููููุถ ุงูุนุฏู ูุชุธูุฑ ุจู ุงูู ูุฉ – ู ูุฉ ู ุญู ุฏ ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู – ููุญุฌ ุงูุจูุช ููุจูู ูู ุงูุฃุฑุถ ุฃุฑุจุนุง ูุนุดุฑูู ุณูุฉ ูููู ุฃุฑุจุนูู ุณูุฉ
“Umat Islam sepakat terhadap makna yang disebutkan dalam banyak hadits yang mutawatir, bahwa nabi Isa berada di langit, masih hidup. Dia akan turun di akhir zaman, membunuh babi, mematahkan salib, membunuh Dajjal, memenuhi bumi dengan keadilan, dan agama Muhammad shallallahu‘alaihi wasallam menjadi menang. Beliau juga berhaji ke ka’bah, dan tinggal di muka bumi selama 24 tahun. Ada yang mengatakan selama 40 tahun.”[3]
Berkata al Imam Ibnu Katsir rahimahullah :
ูู ู ุฎุตุงุฆุตู ุฃูู ูู ูู ุช، ููู ุญู ุงูุขู ุจุฌุณุฏู ูู ุงูุณู ุงุก ุงูุฏููุง. ูุณููุฒู ูุจู ููู ุงูููุงู ุฉ ุนูู ุงูู ูุงุฑุฉ ุงูุจูุถุงุก ุงูุดุฑููุฉ ุจุฏู ุดู، ููู ูุฃ ุงูุฃุฑุถ ูุณุทุง ูุนุฏูุง، ูู ุง ู ูุฆุช ุฌูุฑุง ูุธูู ุง، ููุญูู ุจูุฐู ุงูุดุฑูุนุฉ ุงูู ุญู ุฏูุฉ، ุซู ูู ูุช ููุฏูู ุจุงูุญุฌุฑุฉ ุงููุจููุฉ
“Dan termasuk dari kekhususannya (nabi Isa) bahwa ia tidaklah mati. Dia hidup hingga hari ini di langit dunia. Nanti akan turun sebelum berdirinya hari kiamat di menara putih sebelah timur Damasqus.
Dan akan memenuhi bumi dengan kemakmuran dan keadilan, sebagaimana sebelumnya bumi dipenuhi kejahatan dan kedzaliman. Ia akan menegakkan hukum syariat Muhammad. Lalu kemudian wafat dan dimakamkan di kamar kenabian.”[4]
Berkata Ibnu Taimiyah rahimahullah :
ุจู ุฑูุนู ุงููู ุฅููู ูุจูู ุฃูู ุฑูุน ุจุฏูู ูุฑูุญู ูู ุง ุซุจุช ูู ุงูุตุญูุญ ุฃูู ููุฒู ุจุฏูู ูุฑูุญู
“Akan tetapi Allah mengangkatnya. Ayat ini menerangkan bahwa ia diangkat badan beserta ruhnya sebagaimana telah kuat diterangkan dalam hadits shahih bahwa dia juga nanti akan turun badan dan ruhnya sekaligus.”[5]
Keterangan yang sama dapat kita temukan di hampir semua kitab yang membahas tentang tema ini, terkhusus lagi kitab-kitab tafsir yang mengurai firman Allah ta’ala di surah an Nisa ayat 157 dan 158.
๐๐ฎ๐น๐ถ๐น๐ป๐๐ฎ ๐๐ฎ๐ป๐ด ๐ฑ๐ถ๐ด๐๐ป๐ฎ๐ธ๐ฎ๐ป.
ََِِْูููููู ْ ุฅَِّูุง َูุชََْููุง ุงْูู َุณِูุญَ ุนِูุณَู ุงุจَْู ู َุฑَْูู َ ุฑَุณَُูู ุงَِّููู َูู َุง َูุชَُُููู َูู َุง ุตََูุจُُูู ََِْูููู ุดُุจَِّู َُููู ْ َูุฅَِّู ุงَّูุฐَِูู ุงุฎْุชََُูููุง ِِููู َِููู ุดٍَّู ู ُِْูู ู َุง َُููู ْ ุจِِู ู ِْู ุนِْูู ٍ ุฅَِّูุง ุงุชِّุจَุงุนَ ุงูุธَِّّู َูู َุง َูุชَُُููู َِููููุงً . ุจَْู ุฑََูุนَُู ุงَُّููู ุฅَِِْููู
Karena ucapan mereka (orang Yahudi): “Sesungguhnya kami telah membunuh al-Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah”, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa.” “Tetapi Allah mengangkatnya...” (QS. An Nisa : 157-158)
๐๐๐ก๐ช ๐๐๐๐๐๐ข๐๐ฃ๐ ๐๐๐ฃ๐๐๐ฃ ๐๐ฎ๐๐ฉ ๐ฎ๐๐ฃ๐ ๐ข๐๐ฃ๐ฎ๐๐๐ช๐ฉ ๐ ๐๐ฉ๐ “๐ฌ๐๐๐๐ฉ” ๐ฉ๐๐ฃ๐ฉ๐๐ฃ๐ ๐๐จ๐ ?
Allah ta’ala berfirman :
َูุง ุนِูุณَู ุฅِِّูู ู ُุชَََِّูููู َูุฑَุงِูุนَُู ุฅََِّูู َูู ُุทَِّูุฑَُู ู َِู ุงَّูุฐَِูู ََููุฑُูุง
"Wahai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikanmu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir...” (QS. Ali Imran : 55)
Para ulama tafsir telah menjelaskan makna kata “wafat” pada ayat tersebut. Mari kita simak versi penjelasan dari imam ath Thabari rahimahullah :
ุซู ุงุฎุชูู ุฃูู ุงูุชุฃููู ูู ู ุนูู"ุงูููุงุฉ" ุงูุชู ุฐูุฑูุง ุงููู ุนุฒ ูุฌู ูู ูุฐู ุงูุขูุฉ.... ููุงู ุขุฎุฑูู: ู ุนูู ุฐูู: ุฅูู ูุงุจุถู ู ู ุงูุฃุฑุถ، ูุฑุงูุนู ุฅّูู. ููุงู ุขุฎุฑูู: ู ุนูู ุฐูู:... ูู ุชูููู ุจุนุฏ ุฅูุฒุงูู ุฅูุงู ุฅูู ุงูุฏููุง. ููุงู: ูุฐุง ู ู ุงูู ูุฏู ุงูุฐู ู ุนูุงู ุงูุชุฃุฎูุฑ
“Para ulama berbeda pendapat dalam menjelaskan makna “wafat” yang disebutkan oleh Allah di ayat tersebut. Sebagian ulama mengatakan : Itu bermakna tidur. Sebagiannya lagi berpendapat bahwa maknanya adalah diambil dari dunia dan diangkat kepadaKu (Allah).
Sedangkan sebagian ulama yang lainnya berpendapat : Dimatikan setelah diturunkan ke dunia lagi. Artinya : Mati di sini peristiwa nanti (di akhir) tapi disampaikan di awal.”[6]
๐ฃ๐ฒ๐ป๐ฑ๐ฎ๐ฝ๐ฎ๐ ๐๐ฎ๐ป๐ด ๐ฏ๐ฒ๐ฟ๐ฏ๐ฒ๐ฑ๐ฎ ๐ฑ๐ฒ๐ป๐ด๐ฎ๐ป ๐ท๐๐บ๐ต๐๐ฟ
Sedangkan sebagian ulama ada yang menukilkan pendapat yang dinisbahkan kepada Ibnu Abbas radhiayallahu’anhu bahwa nabi Isa ‘alaihissalam sebenarnya telah wafat. Ibnu Katsir berkata :
ููุงู ุงูุนููู ุนู ุงุจู ุนุจุงุณ ูู ูููู " ูุฑูุนูุงู ู ูุงูุง ุนููุง: ุฑูุน ุฅูู ุงูุณู ุงุก ุงูุณุงุฏุณุฉ ูู ุงุช ุจูุง، ูููุฐุง ูุงู ุงูุถุญุงู
“Dan berkata al ‘Aufi dari Ibnu Abbas ketika menjelaskan firman ‘Dan kami angkat dia ke tempat yang tinggi’ dia diangkat ke langit ke tujuh dan meninggal di sana. Pendapat ini juga yang dinyatakan oleh adh Dhahak.”[7]
๐Wallahu a’lam.
___________
[1] Tafsir al Baghawi (5/239).
[2] Tafsir ath Thabari (5/448).
[3] Al Muharar al Wajiz (1/429).
[4] Bidayah wa Nihayah (9/390)
[5] Majmu’ Fatawa (4/323)
[6] Tafsir ath Thabari (6/455-458
[7] Qashas al Anbiya (1/73)
Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq