Musyrikin Jahiliyah Memberi Sesajen Untuk Berhala Sama Sekali Bukan Untuk Allah

Musyrikin Jahiliyah Memberi Sesajen Untuk Berhala Sama Sekali Bukan Untuk Allah

Musyrikin Jahiliyah Memberi Sesajen Untuk Berhala Sama Sekali Bukan Untuk Allah

Pada postingan sebelum ini yang berjudul "BENARKAH MUSYRIKIN JAHILIYAH MENYEMBAH BERHALA DEMI MENDEKAT PADA ALLAH?", saya sudah membahas bahwa musyrikin jahiliyah tidak menyembah berhala demi mendekat kepada Allah sedangkan pengakuan mereka yang menyatakan begitu hanyalah suatu kebohongan. 

Jangan menyalahpahami ini seolah saya membenarkan penyembahan selain Allah bila tujuannya untuk mendekat pada Allah, sama sekali bukan itu maksudnya. Segala penyembahan kepada selain Allah adalah kesyirikan dan segala alasan yang dipakai untuk itu adalah omong kosong yang tidak akan menyelamatkan pelakunya dari neraka.

Kita lanjut ke topik awal. Di ayat lain, Allah menegaskan kebohongan mereka yang mengaku "untuk Allah" tersebut dalam  ayat berikut:

وَجَعَلُوا لِلَّهِ مِمَّا ذَرَأَ مِنَ الْحَرْثِ وَالْأَنْعَامِ نَصِيبًا فَقَالُوا هَذَا لِلَّهِ بِزَعْمِهِمْ وَهَذَا لِشُرَكَائِنَا فَمَا كَانَ لِشُرَكَائِهِمْ فَلَا يَصِلُ إِلَى اللَّهِ وَمَا كَانَ لِلَّهِ فَهُوَ يَصِلُ إِلَى شُرَكَائِهِمْ سَاءَ مَا يَحْكُمُونَ [الأنعام: 136]

"Dan mereka memperuntukkan bagi Allah satu bagian dari tanaman dan ternak yang telah diciptakan Allah, lalu mereka berkata sesuai dengan persangkaan mereka: "Ini untuk Allah dan ini untuk berhala-berhala kami". Maka saji-sajian yang diperuntukkan bagi berhala-berhala mereka tidak sampai kepada Allah; dan saji-sajian yang diperuntukkan bagi Allah, maka sajian itu sampai kepada berhala-berhala mereka. Amat buruklah ketetapan mereka itu." 

Perhatikan ayat di atas baik-baik, musyrikin jahiliyah ketika memberikan sesajen untuk berhala sama sekali dalam hati mereka tidak bermaksud untuk Allah dan bahkan mereka meyakini kalau sesajen itu tidak akan sampai pada Allah. Makin jelas bukan bahwa ibadah mereka pada berhala sejatinya demi menghamba pada berhala itu sendiri bukan untuk mendekat kepada Allah?

Semoga bermanfaat. 

Sumber FB Ustadz : Abdul Wahab Ahmad

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Musyrikin Jahiliyah Memberi Sesajen Untuk Berhala Sama Sekali Bukan Untuk Allah - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®