Imam Ghozali dan Zamakhsyari

Imam Ghozali dan Zamakhsyari

Imam Ghozali dan Zamakhsyari

Zamakhsyari adalah orang hebat, cerdas, dan pintar, namun sayangnya pemahamannya adalah Mu'tazilah. Dan ia salah seorang tokoh besar Mu'tazilah .

Zamakhsyari juga pengingkar jin. Tidak mengakui adanya jin .

____

Imam Ghozali adalah ulama besar, hujjatul Islam dan bergelar Muhyissunnah juga serta Mufti Al-Tsaqolain ( Mufti kalngan jin dan manusia ).

Saat beliau mengajar bangsa jin, imam Ghozali bertanya kepada mereka tentang apa saja hal-hal terbaru yg terjadi masa itu .

Maka para jin ini menjawab : " Zamakhsyari telah menulis kitab Tafsir dan sudah sampai seprauh .

Maka imam Ghozali meminta mereka untuk mengambilnya .

Merekapun mengambilnya dan menyerahkannya kepada imam gozali, sehingga kitab itu disalin semua . Setelah itu diantar balik ke rumah zamakhsyari ketempat semula .

Suatu saat Zamakhsyari datang menjumpai Imam Ghozali. Betapa terkejut dan tercengannya ia melihat kitab itu ada disitu .

Lantas Zamakhsyari berkata : " ini adalah kitabku, dan aku menyenyimpan kitab ini rapi di rumah, hanya aku yang tau, tak ada orang lain . Tapi kenapa ada kitab itu sekarang disini ?

Jika ini karya orang lain, kenapa isinya sama, lafadznya sama, tata letaknya sama, susunannya sama, semua persis seperti milikku. Ini tidak masuk akal .

Itu memang dikopy paste dari kitabmu, yg membawa kitabmu kesini adalah bangsa jin , kemudian kami salin , baru dibalikkan kembali ke tempatnya .

Yg sebelumnya ia mengingkari adanya jin,  maka saat itu Zamakhsyari mengakui adanya jin .

Hadaiq Al-Rouh Wa Al-Roihan 1/19 

____

Usia Imam Ghozali lebih tua ketimbang Zamakhsyari sekitar 17 tahun .

____

Huta Holbung

Ahad, 01 Januari 2023

Al-yusufiyah Wa Al-Ridhwaniyah

Sumber FB Ustadz : Hamdan Nasution Attantisy

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Imam Ghozali dan Zamakhsyari - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®