Cara Pandang tentang Shalawat, Doa dan Niat

Cara Pandang Shalawat, Doa dan Niat

Cara Pandang Shalawat, Doa dan Niat

by Ustadz : Yusuf Mansur

1. Cara pandangnya bisa jadi emang berbeda. Makanya, ga apa2 banget2 berbeda. Dimaklumi. Dan selalu saya meminta maaf.

2. Kami memandang bahwa niat berbeda dengan: Doa, berharap, meminta, sama Allah. Kalau judulnya: Pengen, supaya, mudah-mudahan, agar... Maka ini masuk ke bab doa, ngarep, minta, sama Allah. Bukan bab niat.

3. Misal, "Niat elo shalat malam apaan?" Ya niatnya, karena Allah nyuruh shalat malam. "Tapi itu elo pengen diangkat derajatnya? Pengen berubah idup? Pengen kaya?" Nah, kalo udah judulnya pengen, itu bab doa. Doa, ngarep, minta, mah, ga shalat malam juga, gpp.

4. Dan ini berlaku buat serencengan amalan laen... "Elo dhuha buat diterima kerjaan? Diterima di perguruan tinggi? Supaya berjodoh?" Kalo judulnya: buat, supaya... Ya tadi... Itu mah bab doa, ngarep, minta. Bukan bab niat. Maka, ga dhuha pun, tanpa dhuha, pun, tak apa minta diterima kerja, minta diterima di perguruan tinggi, minta berjodoh...

5. Maka, pikirkan, apalagi jika kita shalat malam, dhuha... Sesuatu yang hanya doa, ngarep, minta... Kosongan aja... Tanpa amal pembuka, pengiring, pendorong, penguat, penutup... Lalu boleh berdoa, ngarep, meminta... Maka apalah lagi yang pake amalan ini itu...

6. Maka termasuk sedekah...

7. Minta 1jt, 10jt, 100jt, 1M, 10M, 100M, 1T, dst nya... Boleh? Kalo saya, ya bukan saja boleh. Disuruh. Disuruh minta. Supaya jangan pada nyolong, nyuri, korupsi, ngambil hak orang. Tar ilmunya dikasih, jalannya dikasih, hingga bisa dapet. Termasuk usaha, ikhtiar, yang tadinya ga ada, bisa ditimbulin, dimunculin, sama Allah.

8. Walo minta itu semua, tanpa ngaji, tanpa dhuha, tanpa shalat malam, tanpa shalawat, tanpa sedekah, tanpa biruul waalidain, tanpa amalan baik pengiring? Ya. Gpp banget2. So, apalagi pake itu semua.

9. Bedain niat dengan bab doa, ngarep, minta. Bedain.

Lanjut di komen, hehehe. Maaf panjang... Hahaha. Ampun. Met SIT. Met AYM4Surah.

10. Dan niat juga menjadi luas sekali pembahasannya, dengan izin Allah. Misal, "Niat elo kerja? Buat apa? Kalo buat nyari duit, ya ga bolehlah...". Kalo saya beda. Misal, jawabannya gini: Tau ga Allah nyuruh kita nyari duit? Supaya ga ngerepotin orang, ga jadi benalu, ga numpang idup, manfaat, tangan di atas? Allah nyuruh loh... Di mana duit adalah bagian dari rizkiNya. Maka, saat mencari duit, lalu mikirnya adalah ini perintah Allah, maka nyari duit, jadi bernuansa ibadah dan amal saleh. Asyik.

11. "Kerjaan elo dagang mulu...". Nah, saya beda... Hehehe. Sekali lagi, kwn2 bila beda jg gpp. "Bukankah dagang ya disuruh Allah...?" Kan bagus? Kalo dagang mulu, namanya istiqomah, hehehehe.

12. Bahwa idup disuruh seimbang, ga melupakan yang wajib, ga melupakan tugas sebagai ayah, ibu, suami, istri, anak, dan bahkan sebagai hamba Allah, ya itu bab lain lagi.

13. Sungguh ilmu Allah itu luas... Dan gpp berbeda... Mangga. Saya juga akan belajar terus. InsyaaAllah.

Sumber Instagram : yusufmansurnew

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Cara Pandang tentang Shalawat, Doa dan Niat - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®