🌺 MEMBELA THAWUS SOAL SEDEKAH 7 HARI KEMATIAN
👉 Follow akun FB Saiful Anwar (Kang Saif)
Sedekah 7 hari kematian (yang kita sebut tahlilan) adalah anjuran generasi Salaf, yaitu THAWUS RA. Kalau Wahabi ngaku ikut Salaf, semestinya Wahabi mau berlapangdada untuk ikut anjuran Thawus. Bukan malah menuduh sedekah kematian 7 hari sebagai bid'ah sesat. Mari kita simak penjelasan berikut ini!
✅ 1. Siapa Thawus? Thawus adalah termasuk pembesar Tabiin. Berarti Thawus adalah seorang SALAF.
S-A-L-A-F. Saya ulangi... SALAF... SA... LAF...
«الحاوي للفتاوي» (2/ 216):
«وطاوس مِنْ كِبَارِ التَّابِعِينَ، قَالَ أبو نعيم فِي الْحِلْيَةِ: هُوَ أَوَّلُ الطَّبَقَةِ مِنْ أَهْلِ الْيَمَنِ، وَرَوَى أبو نعيم عَنْهُ أَنَّهُ قَالَ: أَدْرَكْتُ خَمْسِينَ مِنْ أَصْحَابِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَرَوَى غَيْرُهُ عَنْهُ قَالَ: أَدْرَكْتُ سَبْعِينَ شَيْخًا مِنْ أَصْحَابِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ»
"Thawus termasuk PEMBESAR TABIIN. Abu Nu'aim berkata didalam kitab Al Hilyah: Dia (Thawus) adalah generasi pertama dari penduduk Yaman. Abu Nu'aim meriwayatkan darinya, dia (Thawus) berkata: "Saya nututi 50 orang sahabat Rasulullah SAW." Selain Abu Nu'aim ada yang meriwayatkan darinya, dia (Thawus) berkata: "Aku nututi 70 guru dari sahabat Rasulullah SAW"
✅ 2. Apa yang dikatakan oleh Thawus? Dianjurkan melakukan sedekah makanan selama 7 hari kematian.
«حلية الأولياء وطبقات الأصفياء» (4/ 11):
عَنْ سُفْيَانَ، قَالَ: قَالَ طَاوُسٌ: «إِنَّ الْمَوْتَى يُفْتَنُونَ فِي قُبُورِهِمْ سَبْعًا، فَكَانُوا يَسْتَحِبُّونَ أَنْ يُطْعَمَ عَنْهُمْ تِلْكَ الْأَيَّامِ»
“Dari Sufyan RA dia berkata, Thawus RA berkata: "Sesungguhnya orang-orang mati diuji didalam kubur mereka SELAMA TUJUH HARI. Maka mereka suka untuk DISEDEKAHI MAKANAN untuk mereka pada hari-hari itu”
✅ 3. Biasanya setelah Wahabi berhadapan dengan fakta di atas masih ngeyel untuk ngotot menolak.
Wahabi menolak dengan gaya begini "Sufyan dan Thawus tidak pernah bertemu" Sudah biasa! Bukan Wahabi kalau gak ngeyel. Bebal...!!!
Jawab saja begini:
«مرقاة الصعود إلى سنن أبي داود» (1/ 94):
«وأمّا على طريقة مسلم والجمهور في الاكتفاء بالمعاصرة فإنّه يكون متّصلًا لا منقطعًا، ولهذا صحّحه الحاكم وغيره، وسكت عليه أبو داود فهو عنده صحيح أو حسن»
“Adapun metode Imam Muslim dan jumhur ulama adalah mencukupkan mu'asharah (hidup sejaman). Maka hal itu dianggap muttashil (sambung), tidak munqathi’ (putus). Oleh sebab itu Imam Hakim dan selainnya menilai sahih. Adapun Imam Abu Daud berdiam diri, maka menurutnya bisa sahih atau hasan”
✅ 4. Apakah Thawus dan Sufyan Tsauri mu'asharah (hidup sejaman)? 100% YA! Sufyan Tsauri lahir tahun 97 H, sedangkan Thawus wafat tahun 106 H. Ini dalam ilmu musthalah hadits masih disebut mu'asharah (hidup sejaman).
A. Kelahiran Sufyan Tsauri
«تاريخ مولد العلماء ووفياتهم» (1/ 232):
«ولد سُفْيَان الثَّوْريّ سنة سبع وَتِسْعين»
“Sufyan Tsauri dilahirkan tahun 97 hijriyah”
«الطبقات الكبرى ط العلمية» (6/ 350):
«ولد سفيان سنة سبع وتسعين في خلافة سليمان بن عبد الملك»
“Sufyan dilahirkan tahun 97 di masa khilafah Sulaiman bin Abdul Malik”
B. Wafatnya Thawus
«الطبقات الكبرى ط دار صادر» (5/ 479):
«وَمَاتَ طَاوُسٌ سَنَةَ سِتٍّ وَمِائَةٍ»
“Thawus wafat tahun 106 hijriyah”
«تاريخ ابن معين - رواية الدوري» (3/ 83):
«سَمِعت يحيى يَقُول مَاتَ طَاوس سنة سِتّ وَمِائَة»
“Aku mendengar Yahya berkata “Thawus wafat tahun 106 hijriyah”
✅ 5. Jadi, hadits Thawus berisi anjuran sedekah 7 hari kematian adalah SAHIH jika berpegang pada syarat Imam Muslim, karena antara Thawus dan Sufyna Tsauri adalah mu'asharah (hidup sejaman).
«أضواء البيان في إيضاح القرآن بالقرآن» (1/ 295 ط الفكر):
فَمُسْلِمُ بْنُ الْحَجَّاجِ لَا يَشْتَرِطُ فِي «صَحِيحِهِ» إِلَّا الْمُعَاصَرَةَ فَلَا يَشْتَرِطُ اللُّقِىَّ
“Imam Muslim bin Al Hajjaj tidak mensyaratkan didalam kitab Sahihnya selain mu’asharah (hidup satu jaman), maka tidak disyaratkan adanya pertemuan”
Wallahu a'lam...
Sumber FB Ustadz : Syaiful Anwar