🟥 IMAM SYAFI’I MEMBENCI ILMU KALAM. APA MAKSUDNYA?
Sebenarnya, Ilmu Kalam yang muncul di jaman Imam Syafi’i adalah ilmu Kalam yang sesat sehingga beliau mencaci ilmu Kalam yang sesat itu.
قال الشافعى رضى الله عنه: لأن يلقى الله العبد بكل ذنب ما خلا الشرك خير له من أن يلقاه بشئ من الكلام
Imam Syafi’iy RA berkata: “Seorang hamba mati bertemu Allah dengan semua dosa selain syirik itu lebih baik baginya daripada bertemu Allah dengan sesuatu dari ilmu Kalam.”
Mari kita baca bagaimana penjelasan ulama terkait perkataan Imam Syafi’iy tersebut?
🟥 Kitab 1 : Ithafu A’lamin Nas juz 3 halaman 415
إتحاف أعلام الناس بجمال أخبار حاضرة مكناس 3/ 415
قال الشافعى رضى الله عنه: لأن يلقى الله العبد بكل ذنب ما خلا الشرك خير له من أن يلقاه بشئ من الكلام
Imam Syafi’iy RA berkata: “Seorang hamba mati bertemu Allah dengan semua dosa selain syirik itu lebih baik baginya daripada bertemu Allah dengan sesuatu dari ilmu Kalam.”
👉 (Baca lanjutannya! Penulis melanjutkan)
فلزم السكوت عن الخوض في علم الكلام إلى أن نبغ الإمام الأشعرى فاشتغل يرد على المعتزلة أقوالهم الفاسدة ويجيب عن آرائهم الواهية، فأتبعه المالكية على ذلك وسموه ناصر السنة، وهو ومن تبعه على صواب، موافقين في اعتقادهم للسنة والكتاب
“Maka wajib diam dari mendalam-dalami ilmu Kalam sampai munculnya Imam Asy’ari yang menyibukkan diri untuk melawan muktazilah dalam pendapat-pendapat mereka yang rusak. Dia (Imam Asy’ari) menjawab pendapat-pendapat muktazilah yang rapuh. Ulama Malikiyyah mengikuti Imam Asy’ary atas hal itu dan menamainya Nashirus Sunnah (Penolong Sunnah). Dia (Imam Asy’ari) dan orang yang mengikutinya berada di atas kebenaran. Mereka sesuai dalam akidah mereka terhadap As Sunnah dan Al Kitab.”
🟥 Kitab 2 : An Najmul Wahhaj juz 9 halaman 291
النجم الوهاج في شرح المنهاج 9/ 291
قال الشافعي: لأن يلقى اللهَ العبدُ بكل ذنب ما خلا الشرك خير له من أن يلقاه بشيء من الكلام
Imam Syafi’iy RA berkata: “Seorang hamba mati bertemu Allah dengan semua dosa selain syirik itu lebih baik baginya daripada bertemu Allah dengan sesuatu dari ilmu Kalam.”
👉 (Baca lanjutannya! Penulis melanjutkan)
وأن غيرهم قال: إنه واجب، إما عينًا أو كفاية، وهو أفضل الأعمال، قال الغزالي: والحق: أنه لا يطلق القول بذمه ولا بحمده؛ ففيه منفعة ومضرة، باعتبار منفعته وقت الانتفاع .. حلال أو مندوب أو واجب، وباعتبار مضرته وقت الإضرار .. حرام.
“Dan sungguh ulama selain mereka berkata: “Sesungguhnya (ilmu Kalam) adalah wajib. Adakalanya wajib ‘aini atau wajib kifayah. Dan ia (ilmu Kalam) adalah sebaik-baik amal.” Imam Al Ghazali berkata: “Yang benar adalah bahwa tidak boleh secara mutlak mencaci ilmu kalam dan tidak pula memujinya sebab didalamnya terdapat manfaat dan bahaya. Maka ketika bermanfaat saat butuh manfaat maka hukumnya adalah halal, sunnah bahkan wajib. Dan ketika berbahaya saat menimbulkan bahaya maka hukumnya adalah haram”
وينبغي أن يكون العالم كالطبيب الحاذق في استعمال الدواء الخطر، لا يضعه إلا في موضعه على قدر الحاجة، فيتعلمه ليدفع به مبتدعًا لا يندفع بغيره، فيستعمله عند الحاجة ويسلك به طريق الحجج الواردة في القرآن
“Maka semestinya adanya orang alim itu seperti dokter ahli dalam menggunakan obat serius (gawat dan serius), maka dia tidak meletakkan obat itu kecuali di tempatnya sesuai ukuran keperluan. Maka seseorang mempelajari ilmu Kalam untuk melawan ahli bid’ah yang tidak bisa dilawan kecuali dengan ilmu Kalam. Maka dia menggunakan ilmu Kalam ketika diperlukan dan menerapkan ilmu Kalam pada metode hujjah-hujjah yang terdapat didalam Al Qur’an”
🟥 Kitab 3 : Al ‘Aqdut Talid halaman 72
العقد التليد في اختصار الدر النضيد = المعيد في أدب المفيد والمستفيد ص72
قال: لأن يلقى اللهَ العبدُ بكل ذنب ما خلا الشرك خير له من أن يلقاه بشيء من الكلام
Imam Syafi’iy RA berkata: “Seorang hamba mati bertemu Allah dengan semua dosa selain syirik itu lebih baik baginya daripada bertemu Allah dengan sesuatu dari ilmu Kalam.”
👉 (Baca lanjutannya! Penulis melanjutkan)
وقد صنف الإمام الغزالي في آخر أمره كتابه الذي سماه: إلجام العوام عن علم الكلام، وذكر أن الناس كلهم عوام في هذا الفن من الفقهاء وغيرهم إلا النادر
“Sungguh Imam Al Ghazali di dakhir urusannya menulis kitabnya yang dia berinama “Iljamul ‘Awam ‘an Ilmil Kalam (Menghalangi orang awam dari ilmu Kalam). Dan beliau menyebut bahwa semua manusia baik dari kalangan fuqaha’ dan selain mereka adalah awam didalam cabang ilmu ini, kecuali sangat sedikit sekali (yang tidak awam / mengerti).”
📌 KESIMPULANNYA:
1. Ilmu Kalam yang dibenci oleh Imam Syafi’i adalah ilmu kalam ahli bid’ah yang berisi syubhat-syubhat sesat dan menyesatkan, seperti muktazilah, qadariyah, jabariyyah, mujassimah, musyabbihah dan semacamnya.
2. Ilmu kalam yang lurus (Asy’ari) maka ia boleh bahkan bisa wajib dipelajari sebab bisa dijadikan alat untuk membongkar syubhat-syubhat sesat dan menyesatkan, seperti Wahabi dan semacamnya.
3. Wahabi yang katanya anti ilmu Kalam sebenarnya tanpa sadar juga seringkali menggunakan ilmu kalam. Dan terbuktik mereka seringkali menggunakan ilmu Kalam yang sesat dan menyesatkan. Insyaallah saya akan bahas hal ini di lain waktu.
Wallahu a’lam...
Sumber FB Ustadz : Syaiful Anwar