Hormat Bendera dan Thoghut

Hormat Bendera dan Thoghut - Kajian Islam Tarakan

Hormat Bendera dan Thoghut

Ustadz, apakah hormat bendera termasuk musyrik?

Kalau zaman dulu sih saya jawab iya. Hormat itu hanya kepada Allah, ngapain hormat kepada kain? 

Hormat bendera itu menggugurkan syahadat, karena tidak boleh hormat kecuali hanya kepada Allah. 

Kira-kira zaman masih SMP di awal tahun 80-an dulu saya seperti itulah, hasil indoktrinasi di berbagai kajian yang saya ikuti. 

Kalau dipikir-pikir, anak SMP ngajinya sudah ngafir-ngafirin orang, wah horor juga ya. Nggak kebayang kalau zaman sekarang. 

Sekarang kalau pada ribut-ribut urusan hormat bendera, saya sih cuma senyum-senyum saja. Kayak fenomena de ja vu. Eh, gue zaman dulu ngalamin juga yang kayak gitu. 

oOo

Zaman segitu, kenceng banget saya kena doktirn anti hormat bendera. Dan itu hasil dari aktif di berbagai kajian.

Hasilnya, ikut upacara bendera di zaman SMP dan SMA bisa dihitung dengan jari. 

Di SMP kebetulan memang jarang+jarang mengadkaan upacara bendera. Atau mungkin ngadain, saya lupa. Tapi yang jelas saya nggak pernah ikut. 

Di SMA kelas satu masuk sore, jadi upacara benderanya tiap hari Sabtu sore. Nah, saya ngumpet di Mushollah sampai upacara selesai.  Anak Rohis kan punya kunci sekretariat, jadi ngumpet disitu pasti aman. 

Begitu kelas dua dan tiga, masuk pagi, upacara bendera tiap hari Senin pagi. Nah, saya datangnya sengaja telat, jadi langsung masuk kelas tanpa ikut upacara. 

Rasanya bangga bisa bolos tidak ikut upacara bendera. Seperti punya kebanggaan tersendiri. 

Di zaman segitu kalau ada teman yang jadi pasukan pengibar bendera di sekolah, ya habis lah saya kata-katain thogut lah, musyrik lah, pokoknya tidak islami. 

Tapi yang lebih parah lagi, pas sudah lulus dan ada temu alumni ROHIS, ternyata ada seorang teman yang datang pakai baju angkatan laut. Masuk ABRI ternyata dia. 

Habis lah kita kecengin rame-rame. Gimana kabar? Enak ya jadi thoghut? Greer kita semua ketawa. 

Teman saya itu dulunya mantan aktifis rohis. Dikecengin gitu asyiknya dis tidak marah, cuma mesam-mesem aja. 

Soalnya, dia dulu waktu masih jadi anak Rohis juga paling doyan ngata-ngatain orang thoghut. Sekarang, ketulak dia. Malah dia yang jadi thoghut. 

Cuma dia bilang gini : nanti ada waktunya kalian pun bakalan jadi thoghut juga. Waduh ngancem nih.

oOo

Namun semua itu hanya tinggal kenangan zaman rekiplik. 

Lulus kuliah, pas kumpul reunian, semakin banyak teman-teman mantan aktifis yang jadi 'thoghut' betulan. 

Tidak terhitung lagi yang pada yang jadi pejabat, baik di DPRD, DPR Pusat, walikota, bupati, bahkan gubernur, menteri dan seterusnya. 

Wah beneran pada kena kutuk rupanya. 

Entah bagaimana, masuk era reformasi, rezim ORBA tumbang, tiba-tiba istilah thoghut pun lenyap dengan sendirinya. Bahkan materi kajian yang dikit-dikit hantam thoghut juga menghilang. 

Materinya berubah jadi pentingnya dakwah lewat jalur politik. 

oOo

Di hari ini rasa-rasanya Saya tidak lagi menyaksikan anak-anak Rohis yang kabur tidak mau ikutan upacara bendera. Dan istilah thoghut pun tidak lagi mereka kenal. 

Tapi ndak tahu juga ya. Apa mungkin ada juga, tapi tidak kelihatan. Wallahu a'lam bishshawab.

Sumber FB Ustadz : Ahmad Sarwat

Kajian· 17 Agusts 2021· 

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Hormat Bendera dan Thoghut - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®