Salat Jenazah Di Kuburan Termasuk Salat Ghaib?
Ngaji Subuh online Masjid Manarul Ilmi ITS tadi pagi sampai pada no hadis 460 tentang Nabi menyalatkan jenazah wanita yang menjadi tukang sapu masjid (hadis bisa dibaca di gambad slide).
Kepastian seksi kebersihan Masjid Nabi adalah wanita disampaikan oleh Al-Hafidz Ibnu Hajar:
ﻭﺭﻭاﻩ اﻟﺒﻴﻬﻘﻲ ﺑﺈﺳﻨﺎﺩ ﺣﺴﻦ ﻣﻦ ﺣﺪﻳﺚ ﺑﻦ ﺑﺮﻳﺪﺓ ﻋﻦ ﺃﺑﻴﻪ ﻓﺴﻤﺎﻫﺎ ﺃﻡ ﻣﺤﺠﻦ
Al-Baihaqi meriwayatkan dengan sanad yang Hasan dari Ibnu Buraidah dari ayahnya bahwa wanita tersebut bernama Ummu Mihjan (Fath Al-Bari)
Ada jemaah Zoom yang bertanya apakah Nabi salat jenazah di makam itu sebagai salat ghaib? Bukan salat ghaib. Jadi niatnya tetap ushalli 'ala hadza al mayyit. Sebab yang dimaksud salat ghaib adalah orang meninggal di kota lain. Dan ulama Syafi'iyah menjadikan dalil salat jenazah ghaib saat wafatnya Raja Najjasyi di Afrika Utara (hadisnya ada di slide).
Sebagai penutup pembahasan saya sampaikan riwayat hadis keutamaan membersihkan sampah dan kotoran dari Masjid:
ﻋﺮﺿﺖ ﻋﻠﻲ ﺃﺟﻮﺭ ﺃﻣﺘﻲ ﺣﺘﻰ اﻟﻘﺬاﺓ ﻳﺨﺮﺟﻬﺎ اﻟﺮﺟﻞ ﻣﻦ اﻟﻤﺴﺠﺪ (ﺩ ﺗ) ﻋﻦ ﺃﻧﺲ.
"Pahala umatku dilaporkan kepadaku hingga kotoran yang dikeluarkan oleh seseorang dari masjid" (HR Abu Dawud dan Tirmidzi dari Anas)
Sumber FB : Ma'ruf Khozin
Kajian · 27 Januari 2021 pada 21.58 ·