Tadzkiratussami’ Kitab Wahabi?

Tadzkiratussami’ Kitab Wahabi? - Kajian Islam Tarakan
TADZKIRATUSSAMI' KITAB WAHABI ?

Tadzkiratussami' adalah kitab adab yang dikarang oleh ulama besar ahlussunnah wal Jama'ah, al Imam Badruddin bin Ibrahim bin Sa'dillah bin Jama'ah.

Dalam fiqih beliau bermadzab Syafi'i, sedangkan secara aqiqah, madzab beliau adalah Asy'ariyah tulen. Imam adz Dzahabi mengatakan : "Beliau adalah tokoh terkemuka dalam madzhab Asy'ariyah."

Bahkan beliau punya karya-karya besar yang menjelaskan madzhab Asy'ariyah secara mendetail, diantaranya : "Idhahul Dalil fi qathi Hujaj ahli Tha'thil."

Di Indonesia kitab Tadzkiratussami' memang belum populer di kaji di pesantren-pesantren apalagi majelis ta'lim. Rata-rata santri di sini lebih akrab dengan kitab Ta'lim muta'alim karya imam Zarnuzi.

Sebenarnya, cukup mengundang tanda tanya, kenapa karya imam Zarnuzi tersebut yang secara madzab fiqih mengikuti Hanafi bisa lebih populer dari Tadzkiratussami' yang merupakan ulama besar madzhab Syafi'i dan Asy'ari.

Secara biografi dan karya, syaikh Zarnuzi juga agak sulit dilacak dengan baik. Berbeda dengan Ibnu Jama'ah yang merupakan imam besar, yang beliau bahkan satu dari sedikit ulama yang mendapatkan gelar Syaikhul Islam.

Sebaliknya saya amati, kitab Tadzkritussami' justru banyak dikaji di indonesia oleh teman-teman salafi. Pantesan ketika saya mengajar kitab ini langsung ditembak : itu kitab Wahabi ya ?

Dikit-dikit koq Wahabi. Yuk besok bada Shubuh kenalan sedikit dengan shohibul kitab. Mengenal lebih dekat Imam besar dalam ahlussunnah, Syaikhul Islam Ibnu Jama'ah dan karyanya Tadzkiratussami'. Semoga Allah mudahkan.

live : fb Ahmad Syahrin Thoriq dan Subulana Bontang Kaltim.

Sumber FB : Ahmad Syahrin Thoriq
28 April pukul 21.14 ·
©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Tadzkiratussami’ Kitab Wahabi? - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®