Panduan Tarawih Di Rumah

Panduan Tarawih Di Rumah - Kajian Islam Tarakan
PANDUAN TERAWIH DI RUMAH

TERAWIH DI RUMAH

Tahun ini akan menjadi Ramadhan yang unik bagi umat Islam dunia, pasalnya sebagian besar umat Islam akan melaksanakan shalat Terawih di rumah masing-masing.

Berikut hal-hal yang perlu diketahui tentang shalat Terawih sebagai panduan bagi kita yang hendak melaksanakannya bersama keluarga.

1️⃣. Terawih hukumnya sunnah muakkadah. Boleh dikerjakan sendirian, tapi afdhalnya berjama'ah menurut mayoritas ulama.

2️⃣. Bilangan raka'at Tarawih menurut mayoritas ulama adalah 20 raka'at, sedangkan yang lain berpendapat 8 raka'at. Ada pula yang berpendapat 36 raka'at.

3️⃣. Waktu Tarawih terbentang dari ba'da Isya hingga masuknya waktu Fajar.

4️⃣. Shalat Terawih menurut mayoritas ulama afdhalnya dikerjakan 2 raka'at sekali salam, apabila dikerjakan 3 atau 4 raka'at dengan sekali salam makruh, sebagian membolehkan, sedangkan syafi'iyyah berpendapat tidak sah.

5️⃣. Shalat Witir setelah terawih boleh dikerjakan tiga raka'at dengan sekali salam, namun afdhalnya dengan dua salam.

6️⃣. Boleh dengan membaca dari mushaf menurut mayoritas ulama. Namun yang afdhal adalah dengan membaca al Qur'an yang dari hafalan.

7️⃣. Sunnah menurut Hanafiyah dan Hanabilah mengkhatamkan Qur'an selama bulan Ramadhan dalam shalat Terawih.

8️⃣. Raka'at ke raka'at dari shalat Terawih terutama disetiap empat raka'at dibolehkan dijeda dengan aktivitas apapun yang sifatnya mubah seperti makan, minum duduk santai dan lain sebagainya.

Wallahu a'lam ©️AST
_____
📚 Disarikan dari kitab al Mausu'ah jilid 27 dari halaman 135 sd 149.

Sumber FB : Ahmad Syahrin Thoriq
22 April 2020 (1 jam ·)
©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Panduan Tarawih Di Rumah - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®