Sunnah Fi'liyah Nabi SAW

Sunnah Fi'liyah Nabi

Sunnah Fi'liyah Nabi ﷺ

Kita sudah tahu bahwa sunnah Nabi ﷺ itu dibagi kepada tiga bagian (qauliyah, fi'liyah dan taqririyah) ucapan, perbuatan dan ketetapan Nabi. Kalau kita sederhanakan lagi bahasanya teori, praktek, tiada komentar (suatu perbuatan yang dilakukan oleh sahabat semasa Nabi ﷺ hidup. Dengan kata lain, beliau mengetahuinya namun hanya diam saja, tidak melarang dan juga tidak menyuruh) beliau merestui perbuatan itu.

Kita ambil contoh sunnah fi'liyah Nabi ﷺ tentang bagaimana Nabi sebelum tidur atau apa yang dilakukan Nabi ketika beliau hendak tidur? Dalam hadist di bawah ini kita coba terjemahkan:

Dari Aisyah Rah. Ia berkata: Nabi ﷺ ketika beliau hendak menuju tempat tidurnya beliau menghimpun dua telapak tangannya kemudian meniup-niup keduanya dan membacakan padanya surat al-Ikhlas, al-Falaq dan An-Nas kemudian mengusapkannya keseluruh tubuhnya diawali dari kepala, wajah hingga keseluruh tubuh beliau sebanyak 3 kali praktek ini selalu beliau lakukan setiap malam (HR. Bukhari)

Ini merupakan satu contoh perbuatan Nabi dalam rangka memohon perlindungan kepada Allah dengan membacakan ayat/surat dalam kitabullah (al-Qur'an) tentu hal dilakukan Nabi ﷺ juga untuk dicontoh dan ditiru oleh kita sebagai ummatnya. Jika kita bahasakan hari ini sama seperti ruqiyah pribadi sebelum tidur mohon perlindunganNya.

Monggo dipraktekkan, tentu pesan tersiratnya di sini Nabi ﷺ setiap malam sebelum tidur beliau sudah dalam kondisi berwuduk meskipun dalam hadits ini tidak disebutkan tentang wuduknya. Karena yang dibaca beliau adalah kalamullah tentu dalam kondisi suci. Begitulah beliau memberikan contoh kepada kita, ini adalah sunnah fi'liyah Nabi.

Khasiatnya bagi saya pribadi: saya tidak mengalami mimpi buruk, selalu bangun pagi, enak terasa di badan serta bersemangat untuk melakukan aktivitas di pagi hari. 

Sumber FB Ustadz : Pardi Syahri

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Sunnah Fi'liyah Nabi SAW - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®