Sejarah Maulid Nabi Di Kota Makkah dan Madinah

Sejarah Maulid Nabi Di Kota Makkah dan Madinah

๐Ÿ”ฐ SEJARAH MAULID NABI DI KOTA MAKKAH DAN MADINAH

Oleh: M. Rofiannur Al Hamaamuh, SN, DH.

Date: Serial Maulid Nabi Muhammad.

Note: Bantahan dalam gambar.

Sesi: Research ID Cyber aswaja.

Season: 05.

Kota Makkah dan Madinah sepi dari pembahasan maulid nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wasallam di era globalisasi ini. Padahal, kalau kita buka kembali sejarah dua kota Haramain itu tentunya kita akan menemukan fakta yang memutar balikkan fakta nyata atas propaganda wahhabi selama ini.

SEJARAH MAULID NABI DI KOTA MAKKAH DAN MADINAH.

Orang orang yang menyatakan bahwa di dua kota suci (Makkah dan Madinah) ini tidak pernah diadakan acara maulid nabi. Pasti, tanpa ragu lagi orang yang berkata begitu pasti tidak faham sejarah. Sebab, sejarah sudah membuktikan bahwa didua kota suci itu sebelum dikuasai oleh kelompok wahhabi mereka merayakan maulid nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wasallam.

1. IMAM IBNUL JAUZI AL HANBALI (W 597 H).

Salah satu tindakan yang dilakukan oleh penduduk Mekkah dan Madinah ketika telah masuk bulan Rabiul Awal adalah sebagaimana yang dituliskan oleh ulama madzhab Hanbali kali ini yaitu Al Imam Ibnul Jauzi Al Hanbali (W 597 H) beliau mengatakan:

ู„ุงุฒุงู„ ุฃู‡ู„ ุงู„ุญุฑู…ูŠู† ุงู„ุดุฑูŠููŠู† ูˆู…ุตุฑ ูˆุงู„ูŠู…ู† ูˆุงู„ุดุงู… ูˆุณุงุฆุฑ ุจู„ุงุฏ ุงู„ุนุฑุจ ู…ู† ุงู„ู…ุดุฑู‚ ูˆุงู„ู…ุบุฑุจ ูŠุญุชูู„ูˆู† ุจู…ุฌู„ุณ ู…ูˆู„ุฏ ุงู„ู†ุจูŠ ู€ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู€ ูˆูŠูุฑุญูˆู† ุจู‚ุฏูˆู… ู‡ู„ุงู„ ุฑุจูŠุน ุงู„ุฃูˆู„ ูˆูŠู„ุจุณูˆู† ุงู„ุซูŠุงุจ ุงู„ูุงุฎุฑุฉ ูˆูŠุชุฒูŠู†ูˆู† ุจุฃู†ูˆุงุน ุงู„ุฒูŠู†ุฉ ูˆูŠุชุทูŠุจูˆู† ูˆูŠูƒุชุญู„ูˆู† ูˆูŠุฃุชูˆู† ุจุงู„ุณุฑูˆุฑ ููŠ ู‡ุฐู‡ ุงู„ุฃูŠุงู… ูˆูŠุจุฐู„ูˆู† ุนู„ู‰ ุงู„ู†ุงุณ ุจู…ุง ูƒุงู† ุนู†ุฏู‡ู… ูˆูŠู‡ุชู…ูˆู† ุงู‡ุชู…ุงู…ุง ุจู„ูŠุบุง ุนู„ู‰ ุณู…ุงุน ู‚ุฑุงุกุฉ ู…ูˆู„ุฏ ุงู„ู†ุจูŠ ู€ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู€ ูˆูŠู†ุงู„ูˆู† ุจุฐู„ูƒ ุฃุฌุฑุง ุฌุฒูŠู„ุง ูˆููˆุฒุง ุนุธูŠู…ุง ูˆู…ู…ุง ุฌุฑุจ ุนู† ุฐู„ูƒ ุฃู†ู‡ ูˆُุฌِุฏَู†ูŠ ุฐู„ِูƒَ ุงู„ْุนَุงู…ِ ูƒَุซُุฑَุฉُ ุงู„ْุฎَูŠْุฑُ ูˆَุงู„ْุจَุฑَูƒَุฉِ ู…َุนَ ุงู„ุณَّู„َุงู…َุฉِ ูˆَุงู„ْุนَุงูِูŠุชِ ูˆَุณَุนَุฉِ ุงู„ุฑِّุฒْู‚ِ ูˆَุงุฒْุฏَุงุฏِ ุงู„ู…َุงู„ِ ูˆَุงู„ุฃَูˆْู„َุงุฏِ ูˆَุงู„ุฃَุญْูَุงุกِ ูˆَุฏَูˆَุงู…ِ ุฃَู„ุงู…ِّู† ูˆَุงู„ْุฃَู…َุงู†ِ ูِูŠ ุงู„ุจَู„ุงุฏِ ูˆَุงู„ْุฃَู…ْุตَุงุฑِ ูˆَ ุงู„ุณُّู„ُูˆู†ِ ูˆَุงู„ْู‚َุฑَุงุฑِ ูِูŠ ุงู„ْุจُูŠُูˆุชِ ูˆุงู„ุฏุงุฑ ุจุจَุฑَูƒَุฉِ ู…َูˆْู„ِุฏِ ุงู„ู†َّุจِูŠِّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…. ุงฺพ

Artinya: Tiada henti hentinya para penduduk Haramain (Makkah dan madinah) yang mulia, Mesir, Yaman, Syam dan sebagian negara negara arab dari timur dan barat mereka merayakan majlis maulid nabi Sallahu Alaihi Wasallam, mereka berbahagia dengan masuknya bulan Rabiul Awal, mereka mengenakan pakaian yang mewah, mereka berhias dengan berbagai macam keindahan, mereka berwangi-wangian, mereka bercelak,mereka menampakkan kegembiraan dihari ini (maulid), mereka rela mengorbankan apa apa yang mereka miliki kepada masyarakat lainnya, mereka bersemangat dengan ketika mendengarkan pembacaan maulid nabi Sallahu Alaihi Wasallam dan mereka mendapatkan pahala yang layak dan kesejahteraan yang besar.

Dan sebagian dari perkara yang mujarab dari hal tersebut adalah bahwasanya yang aku (Ibnul Jauzi) temukan pada tahun tersebut adalah banyak nya kebaikan dan barokah disamping itu adalah keselamatan, kesehatan, luasnya rezeki, bertambahnya harta, anak,cucu, ketentraman dan keamanan di semua negara, daerah, pelosok dan wilayah di rumah rumah dan tempat tinggal sebab barokah nya maulid Nabi Sallahu Alaihi Wasallam.

[Miilad Annabawi Libnil Jauzi Al Hanbali: 70/71]

2. Al Imam Ibnu Jubair Al Andalusi (W 614 H) mengatakan:

ูŠูุชุญ ู‡ุฐุง ุงู„ู…ูˆุถุน ุงู„ู…ุจุงุฑูƒ ููŠุฏุฎู„ู‡ ุงู„ู†ุงุณ ูƒุงูุฉ ู…ุชุจุฑูƒูŠู† ุจู‡ ููŠ ุดู‡ุฑ ุฑุจูŠุน ุงู„ุฃูˆู„ ูˆูŠูˆู… ุงู„ุงุซู†ูŠู† ู…ู†ู‡ ، ู„ุฃู†ู‡ ูƒุงู† ุดู‡ุฑ ู…ูˆู„ุฏ ุงู„ู†ุจูŠ ، ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ، ูˆููŠ ุงู„ูŠูˆู… ุงู„ู…ุฐูƒูˆุฑ ูˆู„ุฏ، ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ، ูˆุชูุชุญ ุง ุงู„ู…ูˆุงุถุน ุงู„ู…ู‚ุฏุณุฉ ุงู„ู…ุฐูƒูˆุฑุฉ ูƒู„ู‡ุง . ูˆู‡ูˆ ูŠูˆู… ู…ุดู‡ูˆุฏ ุจู…ูƒุฉ ุฏุงุฆู…ุงً .

Artinya: Tempat yang berkah ini (tempat kelahiran Nabi) akan dibuka lalu  orang orang memasukinya sambil bertabarruk dengannya di bulan Rabiul Awal dan hari Senin di bulan tersebut. Di bulan dan hari inilah kelahiran Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam. Semua tempat-tempat yang mulia tersebut akan dibuka dan ia adalah suatu hari yang sentiasa diagungkan di Makkah".

[Rihlah Ibnu Jubair: 82]

3. Al Imam Abul Abbas Al 'Azafi (W 633 H).

Muhammad Al Manuuni mengutipkan perkataan Al Imam Abul Abbas Al 'Azafi (W 633 H) yang mengatakan:

ุฅู† ูŠูˆู… ุงู„ู…ูˆู„ุฏ ุงู„ู†ุจูˆูŠ ูƒุงู† ูŠุชุฎุฐ ุนุทู„ุฉ ุนุงู…ุฉ ุจู…ูƒุฉ ุงู„ู…ูƒุฑู…ุฉ، ูˆุชูุชุญ ููŠู‡ ุงู„ูƒุนุจุฉ ุงู„ู…ุดุฑูุฉ ู„ูŠุคู…ู‡ุง ุงู„ุฒูˆุงุฑ

Artinya: Hari kelahiran Nabi diperingati sebagai hari libur umum di Makkah, dan Ka'bah yang suci dibuka untuk para pengunjung.

[Waraqat 'An Hadarah Al Miriniyyin: 518]

4. Al Imam Ibnu Battutah (W 779 H) seorang sejarawan sekaligus seorang pengembara beliau menuliskan:

ู‚ุงุถูŠ ู…ูƒุฉ ุงู„ุนุงู„ู… ุงู„ุตุงู„ุญ ุงู„ุนุงุจุฏ ู†ุฌู… ุงู„ุฏูŠู† ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุงู„ุฅู…ุงู… ุงู„ุนุงู„ู… ู…ุญูŠูŠ ุงู„ุฏูŠู† ุงู„ุทุจุฑูŠ. ูˆู‡ูˆ ูุงุถู„، ูƒุซูŠุฑ ุงู„ุตุฏู‚ุงุช ูˆุงู„ู…ูˆุงุณุงุฉ ู„ู„ู…ุฌุงูˆุฑูŠู†، ุญุณู† ุงู„ุฃุฎู„ุงู‚، ูƒุซูŠุฑ ุงู„ุทูˆุงู ูˆุงู„ู…ุดุงู‡ุฏุฉ ู„ู„ูƒุนุจุฉ ุงู„ุดุฑูŠูุฉ. ูŠุทุนู… ุงู„ุทุนุงู… ุงู„ูƒุซูŠุฑ ููŠ ุงู„ู…ูˆุงุณู… ุงู„ู…ุนุธู…ุฉ، ูˆุฎุตูˆุตุงً ููŠ ู…ูˆู„ุฏ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡، ูุฅู†ู‡ ูŠุทุนู… ููŠู‡ ุดุฑูุงุก ู…ูƒุฉ ูˆูƒุจุฑุงุกู‡ุง ูˆูู‚ุฑุงุกู‡ุง ูˆุฎุฏุงู… ุงู„ุญุฑู… ุงู„ุดุฑูŠู ูˆุฌู…ูŠุน ุงู„ู…ุฌุงูˆุฑูŠู†. ูˆูƒุงู† ุณู„ุทุงู† ู…ุตุฑ ุงู„ู…ู„ูƒ ุงู„ู†ุงุตุฑ ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ูŠุนุธู…ู‡ ูƒุซูŠุฑุงً . ูˆุฌู…ูŠุน ุตุฏู‚ุงุชู‡ ูˆุตุฏู‚ุงุช ุฃู…ุฑุงุฆู‡ ุชุฌุฑูŠ ุนู„ู‰ ูŠุฏูŠู‡ . ูˆูˆู„ุฏู‡ ุดู‡ุงุจ ุงู„ุฏูŠู† ูุงุถู„، ูˆู‡ูˆ ุงู„ุขู† ู‚ุงุถูŠ ู…ูƒุฉ ุดุฑูู‡ุง ุงู„ู„ู‡.

Artinya: Qadhi' Makkah yang alim, soleh lagi ahli ibadah yakni Najmuddin Muhammad bin Al Imam Al Alim Muhyiddin Ath-Thabari. Dia orang yang utama, banyak bersedekah dan berempati kepada orang para tentangga, bagus akhlaknya, sering berthawaf dan giat memperhatikan kondisi Ka'bah yang mulia. Dia juga banyak membagikan makanan di momentum yang agung, khususnya di Maulid Rasulullah. Sesungguhnya dia akan menyuguhkan makanan kepada para Syarif Makkah, kepada para tokoh dan orang-orang miskin beserta mereka yang bekerja di Masjidil Haram dan semua orang para tetangga. Dan sultan Mesir yakni raja Annasir Semoga Allah merahmatinya serta mengagungkannya Dnegan keagungan yang berlimpah. Dia bersedekah ke semua orang orang yang lewat di depannya termasuk anaknya Syihabudin Al Fadhil yang ia sekarang menjadi Qadhi Makkah semoga Allah memuliakan nya.

[Rihlah Ibnu Batutah: 169]

Al Imam Ibnu Battutah (W 779 H) juga mengatakan di halaman sebelumnya:

ูˆูŠูุชุญ ุงู„ุจุงุจ ุงู„ูƒุฑูŠู… ููŠ ูƒู„ ูŠูˆู… ุฌู…ุนุฉ ุจุนุฏ ุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆูŠูุชุญ ููŠ ูŠูˆู… ู…ูˆู„ุฏ ุงู„ู†ุจูŠ

Artinya: Pintu yang mulia ini (pintu Ka'bah) akan selalu dibukan pada hari Jum'at setelah sholat dan akan dibuka juga pada hari maulid nabi.

[Rihlah Ibnu Batutah: 156]

5. Al Imam Al Hafidz Ibnul Jazari (W 833 H) mengatakan:

ูˆูƒุงู† ู…ูˆู„ุฏู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุขู„ู‡ ูˆุณู„ู… ุจุงู„ุดِّุนْุจ، ูˆู‡ูˆ ู…ูƒุงู† ู…ุนุฑูˆู ู…ุชูˆุงุชุฑ ุนู†ุฏ ุฃู‡ู„ ู…ูƒุฉ، ูŠุฎุฑุฌ ุฃู‡ู„ ู…ูƒุฉ ูƒู„ ุนุงู… ูŠูˆู…َ ุงู„ู…ูˆู„ุฏ، ูˆูŠุญุชูู„ูˆู† ุจุฐู„ูƒ ุฃุนุธู… ู…ู† ุงุญุชูุงู„ู‡ู… ุจูŠูˆู… ุงู„ุนูŠุฏ، ูˆุฐู„ูƒ ุฅู„ู‰ ูŠูˆู…ู†ุง ู‡ุฐุง. ูˆู‚ุฏ ุฒُุฑุชُู‡ ูˆุชุจุฑูƒุชُ ุจู‡ ุนุงู… ุญุฌุชูŠ ุณู†ุฉ ุงุซู†ูŠู† ูˆุชุณุนูŠู† ูˆุณุจุนู…ุฆุฉ، ูˆุฑุฃูŠุช ู…ู† ุจุฑูƒุชู‡ ุนุธูŠู…ุง، ุซู… ูƒุฑَّุฑุชُ ุฒูŠุงุฑุชู‡ ููŠ ู…ุฌุงูˆุฑุชูŠ ุณู†ุฉ ุซู„ุงุซ ูˆุนุดุฑูŠู† ูˆุซู…ุงู†ู…ุฆุฉ، ูˆูƒุงู† ู‚ุฏ ุชู‡ุฏู… ูุฑู…ุชู‡، ูˆู‚ُุฑู‰ ุนู„ู‰ ูƒุชุงุจูŠ: ุงู„ุชุนุฑูŠู ุจุงู„ู…ูˆู„ุฏ ุงู„ุดุฑูŠู ุนู„ูŠ ูˆุณู…ุนู‡ ุฎู„ู‚ ู„ุง ูŠُุญุตูˆู†، ูˆูƒุงู† ูŠูˆู…ุง ู…ุดู‡ูˆุฏًุง

Artinya: Tempat Kelahirannya Nabi Sallahu Alaihi Wasallam Keberkahannya - Dan adalah tempat kelahiran Nabi di Syi'ib dan itulah tempat yang terkenal lagi pula Mutawatir bagi penduduk Makkah, yang mana penduduk makkah keluar mengunjunginya disetiap tahun di hari perayaan hari kelahiran nabi dan mereka merayakan hari tersebut lebih besar daripada mereka merayakan hari Raya dan begitulah hingga hari ini. Dan aku pernah mengunjunginya serta mengambil keberkahan dengan tempat kelahiran Nabi pada tahun aku berhaji yaitu tahun  792 Hijriyah dan aku melihat keberkahannya yang sangat besar. Kemudian aku ulangi mengunjunginya saat aku bermukim disana pada tahun  823 Hijriyah dan adalah tempat maulid Rasul dimasa itu runtuh dan aku memperbaikinya. Dan dibacakan didepanku kitabku ( ุงู„ุชَّุนْุฑِูŠู ุจุงู„ู…ูˆู„ุฏ ุงู„ุดَّุฑِูŠู ) dan didengarkan oleh manusia yang tidak terhingga jumlahnya, dan hari itu adalah hari yang sangat mengesankan.

['Arfut Ta'riif Bil Maulid Assyarif: 23]

6. Al Imam Abil Baqa' Ibnu Dhiya' Al Makki Al Hanafi (W 854 H) mengatakan:

ูˆุฃู…ุง ุงู„ู…ูˆุงุถุน ุงู„ู…ุจุงุฑูƒุฉ ุจู…ูƒุฉ ุงู„ู…ุนุฑูˆูุฉ ุจุงู„ู…ูˆุงู„ูŠุฏ : ูุงุนู„ู… ุฃู† ู‡ุฐู‡ ุงู„ู…ูˆุงุถุน ู…ุณุงุฌุฏ ู„ูƒู†ู‡ุง ู…ุดู‡ูˆุฑุฉ ุนู†ุฏ ุงู„ู†ุงุณ ุจุงุณู… ุงู„ู…ูˆุงู„ูŠุฏ ูุฃูุฑุฏุช ุนู† ุงู„ู…ุณุงุฌุฏ ุจุงู„ุฐูƒุฑ ู„ู‡ุฐุง ุงู„ู…ุนู†ู‰ ، ูˆู…ู†ู‡ุง : ุงู„ู…ูˆุถุน ุงู„ุฐูŠ ูŠู‚ุงู„ ู„ู‡ : ู…ูˆู„ุฏ ุงู„ู†ุจูŠ ุงู„ู„ู‡ ูˆู‡ูˆ ุนู†ุฏ ุฃู‡ู„ ู…ูƒุฉ ู…ุดู‡ูˆุฑ ููŠ ุงู„ู…ูˆุถุน ุงู„ู…ุนุฑูˆู ุจุณูˆู‚ ุงู„ู„ูŠู„.

Artinya: Adapun tempat yang barokah di Makkah adalah yang di kenal dengan Al Mawalid: Ketahuilah, Sesungguhnya tempat masjid ini banyak akan tetapi yang sudah masyhur di kalangan masyarakat (Makkah) adalah nama Al Mawalid (Masjid Al Mawalid). Jadi, aku akan satukan penjelasan tentang masjid ini. Diantaranya adalah Ia merupakan tempat yang di sebut sebagai tempat lahirnya Nabi dan ia bagi penduduk Mekkah yang masyhur disebut sebagai Sauqul Lail.

[Tarikh Makkah Al Musyarrifah Wa Al Masjid Al Haram: 184

7. Al Imam Assakhawi Assyafii (W 902 H) mengatakan:

ู‚ุงู„ ุงู„ุณุฎุงูˆู‰ : ูˆุฃู…ุง ุฃู‡ู„ ู…ูƒุฉ ู…ุนุฏู† ุงู„ุฎูŠุฑ ูˆุงู„ุจุฑูƒุฉ ููŠุชูˆุฌู‡ูˆู† ุฅู„ู‰ ุงู„ู…ูƒุงู† ุงู„ู…ุชูˆุงุชุฑ ุจูŠู† ุงู„ู†ุงุณ ุฃู†ู‡ ู…ุญู„ ู…ูˆู„ุฏู‡ ูˆู‡ูˆ ููŠ ุณูˆู‚ ุงู„ู„ูŠู„ ، ุฑุฌุงุก ุจู„ูˆุบ ูƒู„ ู…ู†ู‡ู… ุจุฐู„ูƒ ุงู„ู…ู‚ุตุฏ ูˆูŠุฒูŠุฏ ุงู‡ุชู…ุงู…ู‡ู… ุจู‡ ุนู„ู‰ ูŠูˆู… ุงู„ุนูŠุฏ ุญุชู‰ ู‚ู„ ุฃู† ูŠุชุฎู„ู ุนู†ู‡ ุฃุญุฏ ู…ู† ุตุงู„ุญ ูˆุทุงู„ุญ ، ูˆู…ู‚ู„ ูˆุณุนูŠุฏ ุณูŠู…ุง ูˆ ุงู„ุดุฑูŠู ุตุงุญุจ ุงู„ุญุฌุงุฒ ، ุจุฏูˆู† ุชูˆุงุฑ ูˆุญุฌุงุฒ ู‚ู„ุช : ุงู„ุขู† ุณูŠู…ุงุก ุงู„ุดุฑูŠู ู„ุฅุชูŠุงู† ุฐู„ูƒ ุงู„ู…ูƒุงู† ูˆู„ุง ููŠ ุฐู„ูƒ ุงู„ุฒู…ุงู† ، ู‚ุงู„ : ูˆุฌูˆุฏ ู‚ุงุถูŠู‡ุง ูˆุนุงู„ู…ู‡ุง ุงู„ุจุฑู‡ุงู†ูŠ ุงู„ุดุงูุนูŠ - ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ - ุฅุทุนุงู… ุบุงู„ุจ ุงู„ูˆุงุฑุฏูŠู† ูˆูƒุซูŠุฑ ู…ู† ุงู„ู‚ุงุทู†ูŠู† ุงู„ู…ุดุงู‡ุฏูŠู† ูุงุฎุฑ ุงู„ุฃุทุนู…ุฉ ูˆุงู„ุญู„ูˆู‰ ، ูˆูŠู…ุฏ ู„ู„ุฌู…ู‡ูˆุฑ ููŠ ู…ู†ุฒู„ู‡ ุตุจูŠุญุชู‡ุง ุณู…ุงุทุง ุฌุงู…ุนุง ุฑุฌุงุก ู„ูƒุดู ุงู„ุจู„ูˆู‰ ، ูˆุชุจุนู‡ ูˆู„ุฏู‡ ุงู„ุฌู…ุงู„ูŠ ููŠ ุฐู„ูƒ ู„ู„ู‚ุงุทู† ูˆุงู„ุณุงู„ูƒ . ู‚ู„ุช : ุฃู…ุง ุงู„ุขู† ูู…ุง ุจู‚ู‰ ู…ู† ุชู„ูƒ ุงู„ุฃุทุนู…ุฉ ุฅู„ุง ุงู„ุฏุฎุงู† ، ูˆู„ุง ูŠุธู‡ุฑ ู…ู…ุง ุฐูƒุฑ ุฅู„ุง ุจุฑูŠุญ ุงู„ุฑูŠุญุงู† ูุงู„ุญุงู„

Artinya: Adapun penduduk Makkah, yang merupakan pusat kebaikan dan keberkahan, mereka pergi menuju ke tempat yang dikenal luas di kalangan masyarakat sebagai lokasi kelahiran Nabi ๏ทบ, yaitu di 'Sauq al Lail', berharap setiap dari mereka dapat mencapai tujuan tersebut. Perhatian mereka terhadapnya bahkan lebih besar daripada pada hari raya, sehingga jarang sekali ada yang ketinggalan, baik dari kalangan orang yang baik maupun yang buruk, yang miskin maupun yang kaya, terutama "Syarif Shahibul Hijaz" tanpa menyembunyikan diri dan membatasi." Terdapat hakim dan ulama-nya, Al-Burhani Al-Syafi'i, yang memberi makan sebagian besar pengunjung dan penduduk yang menyaksikan dengan hidangan dan makanan manisan yang istimewa. Ia menyediakan untuk masyarakat di rumahnya pada pagi harinya sebuah jamuan yang lengkap, berharap untuk mengatasi kesulitan, dan diikuti oleh putranya dalam hal ini untuk para penduduk dan pelancong.

[Al Maurid Arrawi Fii Al Maulid Annabi Lil Qari: 77]

8. Al Imam Jamaluddin Muhammad Ibnu Dzohirah Al Makhzumi (W 986 H) mengatakan:

ูˆุฌุฑุช ุงู„ุนุงุฏุฉ ุจู…ูƒุฉ ููŠ ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ุงุซู†ูŠู† ุนุดุฑ ู…ู† ุฑุจูŠุน ุงู„ุฃูˆู„ ููŠ ูƒู„ ุนุงู… ุงู† ู‚ุงุถูŠ ู…ูƒุฉ ุงู„ุดุงูุนูŠ ูŠุชู‡ูŠุฃ ู„ุฒูŠุงุฑุฉ ู‡ุฐุง ุงู„ู…ุญู„ ุงู„ุดุฑูŠู ุจุนุฏ ุตู„ุงุฉ ุงู„ู…ุบุฑุจ ููŠ ุฌู…ุน ุนุธูŠู… ู…ู†ู‡ู… ุงู„ุซู„ุงุซุฉ ุงู„ู‚ุถุงุฉ، ูˆุฃูƒุซุฑ ุงู„ุงุนูŠุงู† ู…ู† ุงู„ูู‚ู‡ุงุก ูˆุงู„ูุถู„ุงุก، ูˆุฐูˆูŠ ุงู„ุจูŠูˆุช ุจููˆุงู†ูŠุณ ูƒุซูŠุฑุฉ، ูˆุดู…ูˆุน ุนุธูŠู…ุฉ، ูˆุฒุญุงู… ุนุธูŠู… ูˆูŠุฏุนูŠ ููŠู‡ ู„ู„ุณู„ุทุงู† ูˆู„ุฃู…ูŠุฑ ู…ูƒุฉ ، ูˆู„ู„ู‚ุงุถูŠ ุงู„ุดุงูุนูŠ ุจุนุฏ ุชู‚ุฏู… ุฎุทุจุฉ ู…ู†ุงุณุจุฉ ู„ู„ู…ู‚ุงู… ، ุซู… ูŠุนูˆุฏ ู…ู†ู‡ ุงู„ู‰ ุงู„ู…ุณุฌุฏ ุงู„ุญุฑุงู… ู‚ุจูŠู„ ุงู„ุนุดุงุก ูˆูŠุฌู„ุณ ุฎู„ู ู…ู‚ุงู… ุงู„ุฎู„ูŠู„ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุณู„ุงู… ุจุงุฒุงุก ู‚ุจุฉ ุงู„ูุฑุงุดูŠู† ، ูˆูŠุฏุนูˆ ุงู„ุฏุงุนูŠ ู„ู…ู† ุฐูƒุฑ ุฃู†ู‡ุง ุจุญุถูˆุฑ ุงู„ู‚ุถุงุฉ ูˆุฃูƒุซุฑ ุงู„ูู‚ู‡ุงุก ، ุซู… ูŠุตู„ูˆู† ุงู„ุนุดุงุก ูˆูŠู†ุตุฑููˆู†

Artinya: Dan sudah menjadi kebiasaan di Makkah pada malam Senin 12 bulan Rabi'ul Awal setiap tahun bahwa Qadi Makkah dari mazhab Syafi'i bersiap untuk mengunjungi tempat mulia ini (tempat kelahiran Nabi) setelah shalat Maghrib, diiringi oleh banyak orang, termasuk tiga orang qadi lainnya, serta banyak tokoh dari kalangan ulama, orang-orang terhormat, dan pemuka masyarakat dengan membawa banyak Obor dan lilin besar, serta keramaian yang luar biasa, para sultan dan pejabat pemerintah Makkah juga di ajak dalam perayaan tersebut Dan Qadhi Syafi'i, setelah menyampaikan khotbah yang sesuai dengan tempat suci itu, kemudian ia akan kembali dari sana ke Masjidil Haram sebelum shalat isya dan duduk di belakang tempat suci Al-Khalil, saw, di depan kubah Masjid. dua tempat tidur, dan khatib mendoakan orang-orang yang menyebutkan bahwa di hadapan para qadhi dan sebagian besar para fuqaha. Lalu mereka melakukan sholat Isyak lalu pulang.

[Al Jami' Al Latif Fii Fadhli Makkah Wa Ahlihaa Wa Bana' Al Bait Assyarif: 201-202]

9. Al Imam Quthbuddin Annahrawali Al Hanafi (W 988 H) mengatakan:

ูŠุฒุงุฑ ู…ูˆู„ุฏ ุงู„ู†ุจูŠ ุงู„ู…ฺฉุงู†ูŠ ููŠ ุงู„ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ุซุงู†ูŠุฉ ุนุดุฑ ู…ู† ุดู‡ุฑ ุฑุจูŠุน ุงู„ุฃูˆู„ ููŠ ฺฉู„ ุนุงู…، ููŠุฌุชู…ุน ุงู„ูู‚ู‡ุงุก ูˆุงู„ุฃุนูŠุงู† ุนู„ู‰ ู†ุธุงู… ุงู„ู…ุณุฌุฏ ุงู„ุญุฑุงู… ูˆุงู„ู‚ุถุงุฉ ุงู„ุฃุฑุจุนุฉ ุจู…ฺฉุฉ ุงู„ู…ุดุฑูุฉ ุจุนุฏ ุตู„ุงุฉ ุงู„ู…ุบุฑุจ ุจุงู„ุดู…ูˆุน ุงู„ฺฉุซูŠุฑุฉ ูˆุงู„ู…ูุฑุบุงุช ูˆุงู„ููˆุงู†ูŠุณ ูˆุงู„ู…ุดุงุบู„ ูˆุฌู…ูŠุน ุงู„ู…ุดุงุฆุฎ ู…ุน ุทูˆุงุฆูู‡ู… ุจุงู„ุฃุนู„ุงู… ุงู„ฺฉุซูŠุฑุฉ، ูˆูŠุฎุฑุฌูˆู† ู…ู† ุงู„ู…ุณุฌุฏ ุฅู„ู‰ ุณูˆู‚ ุงู„ู„ูŠู„ ูˆูŠู…ุดูˆู† ููŠู‡ ุฅู„ู‰ ู…ุญู„ ุงู„ู…ูˆู„ุฏ ุงู„ุดุฑูŠู ุจุงุฒุฏุญุงู…، ูˆูŠุฎุทุจ ููŠู‡ ุดุฎุต ูˆูŠุฏุนูˆ ู„ู„ุณู„ุทู†ุฉ ุงู„ุดุฑูŠูุฉ، ุซู… ูŠุนูˆุฏูˆู† ุฅู„ู‰ ุงู„ู…ุณุฌุฏ ุงู„ุญุฑุงู… ูˆูŠุฌู„ุณูˆู† ุตููˆูุงً ููŠ ูˆุณุท ุงู„ู…ุณุฌุฏ ู…ู† ุฌู‡ุฉ ุงู„ุจุงุจ ุงู„ุดุฑูŠู ุฎู„ู ู…ู‚ุงู… ุงู„ุดุงูุนูŠุฉ، ูˆูŠู‚ู ุฑุฆูŠุณ ุฒู…ุฒู… ุจูŠู† ูŠุฏูŠ ู†ุงุธุฑ ุงู„ุญุฑู… ุงู„ุดุฑูŠู ูˆุงู„ู‚ุถุงุฉ ูˆูŠุฏุนูˆ ู„ู„ุณู„ุทุงู† ูˆูŠู„ุจุณู‡ ุงู„ู†ุงุธุฑ ุฎู„ุนุฉ ูˆูŠู„ุจุณ ุดูŠุฎ ุงู„ูุฑุงุดูŠู† ุฎู„ุนุฉ. 

ุซู… ูŠุคุฐّู† ู„ู„ุนุดุงุก ูˆูŠุตู„ูŠ ุงู„ู†ุงุณ ุนู„ู‰ ุนุงุฏุชู‡ู…، ุซู… ูŠู…ุดูŠ ุงู„ูู‚ู‡ุงุก ู…ุน ู†ุงุธุฑ ุงู„ุญุฑู… ุฅู„ู‰ ุงู„ุจุงุจ ุงู„ุฐูŠ ูŠุฎุฑุฌ ู…ู†ู‡ ู…ู† ุงู„ู…ุณุฌุฏ، ุซู… ูŠุชูุฑّู‚ูˆู†. 

ูˆู‡ุฐู‡ ู…ู† ุฃุนุธู… ู…ูˆุงฺฉุจ ู†ุงุธุฑ ุงู„ุญุฑู… ุงู„ุดุฑูŠู ุจู…ฺฉุฉ ุงู„ู…ุดุฑูุฉ ูˆูŠุฃุชูŠ ุงู„ู†ุงุณ ู…ู† ุงู„ุจุฏูˆ ูˆุงู„ุญุถุฑ ูˆุฃู‡ู„ ุฌุฏุฉ، ูˆุณฺฉุงู† ุงู„ุฃูˆุฏูŠุฉ ููŠ ุชู„ฺฉ ุงู„ู„ูŠู„ุฉ ูˆูŠูุฑุญูˆู† ุจู‡ุง.

Artinya: Tempat kelahiran Nabi dikunjungi pada malam kedua belas bulan Rabi'ul Awal setiap tahun. Para ulama dan pejabat berkumpul di Masjidil Haram dan empat qadli di Makkah yang mulia setelah salat Maghrib dengan banyak lilin, lampu-lampu, dan berbagai kegiatan, serta semua masyaikh bersama kelompok-kelompok mereka dengan banyak bendera. Mereka keluar dari masjid menuju sauq al-lail dan berjalan menuju tempat kelahiran Nabi ๏ทบ yang mulia dengan beramai-ramia, di mana seseorang berkhutbah dan mendoakan untuk kerajaan yang mulia. Kemudian, mereka kembali ke Masjidil Haram dan duduk berbaris di tengah masjid dari arah pintu mulia, di belakang maqam Syafi'iyyah. Kepala sumur Zamzam berdiri di hadapan pengelola masjid yang mulia dan para qadli, mendoakan untuk sultan, dan pengelola memberikan jubah kehormatan kepada sultan, sementara Syeikh para pelayan juga diberikan jubah kehormatan . Kemudian azan untuk salat Isya dikumandangkan dan orang-orang shalat seperti biasa, lalu para ulama berjalan bersama pengawas masjid menuju pintu keluar dari masjid, kemudian mereka berpisah. Ini adalah salah satu prosesi terbesar dari pengelola Masjid Suci di Makkah yang mulia. Orang-orang datang dari kalangan badui dan penduduk kota, serta warga Jeddah dan penduduk lembah pada malam itu dan mereka merayakannya dengan penuh suka cita.

[Al Ihtifal Bil Maulid Baina Ifradth Wa Taqridh: 351]

10. Al Imam Assyaikh Ayyub Shabri Baasyaa Atturki (W 1290 H) mengatakan:

ู…ูˆู„ุฏ ุงู„ู†ุจูŠ ูŠุญูŠู‰ ุฃู‡ุงู„ูŠ ุงู„ู…ุฏูŠู†ุฉ ู„ูŠุงู„ูŠ ุงู„ู…ูˆู„ุฏ ุงู„ุดุฑูŠู ููŠ ุฏุงุฎู„ ุงู„ู…ุณุฌุฏ ุงู„ุดุฑูŠู ูˆูŠุฌุชู…ุนูˆู† ููŠ ุญู„ู‚ุงุช ู‚ุฑุจ ุงู„ุตุจุงุญ ุฃู…ุงู… ุจุงุจ ุงู„ู†ุณุงุก، ูˆุจุนุฏ ุฃู† ูŠุญุถุฑูˆุง ูƒุฑุณูŠุง ุฅู„ู‰ ุงู„ุณุงุญุฉ ุงู„ุฑู…ู„ูŠุฉ ุงู„ุญุฑู… ุงู„ุณุนุงุฏุฉ، ูŠุณุชู…ุนูˆู† ุฅู„ู‰ ุงู„ู…ูˆู„ุฏ ุงู„ุดุฑูŠู ู…ู† ู‚ุจู„ ุฎู…ุณุฉ ุฃุดุฎุงุต ุฐูˆู‰ ุฃุตูˆุงุช ุฑุฎูŠู…ุฉ ูˆุงู„ุดูŠุฎ ุงู„ุฎุทูŠุจ ูˆูŠุดุฑุจูˆู† ุงู„ุดุฑุงุจ ุงู„ุฐูŠ ูŠูˆุฒุน ุนุงุฏุฉ ูˆูŠุนูˆุฏูˆู† ุฅู„ู‰ ู…ู†ุงุฒู„ู‡ู….

ูˆูŠุดุฑุน ููŠ ู‚ุฑุงุกุฉ ุงู„ู‚ุตูŠุฏุฉ ุงู„ู…ุฐูƒูˆุฑุฉ ู…ุน ุทู„ูˆุน ุดู…ุณ ุงู„ูŠูˆู… ุงู„ุซุงู†ูŠ ุนุดุฑ ู…ู† ูƒู„ ุณู†ุฉ ูˆุฅู† ูƒุงู† ู‚ุฑุงุก ุงู„ู…ูˆู„ุฏ ู…ู† ุฃุฆู…ุฉ ู…ุณุฌุฏ ุงู„ุณุนุงุฏุฉ ุฅู„ุง ุฃู† ู„ู‡ู… ูˆุธุงุฆู ุฃุฎุฑู‰، ูˆู‚ุงุฑุฆ ุงู„ู…ูˆู„ุฏ ุงู„ุฃูˆู„ ุฎุงุต ุจู‚ุฑุงุกุฉ ู…ู†ู‚ุจุฉ ู…ูˆู„ุฏ ุงู„ุณุนุงุฏุฉ ูˆุฅู†ู‡ ูŠุตุนุฏ ููˆู‚ ูƒุฑุณู‰ ู…ูˆุถูˆุน ููŠ ุณุงุญุฉ ุงู„ุญุฑู… ุงู„ุดุฑูŠู ุงู„ุฑู…ู„ูŠุฉ ูˆูŠู‚ุฑุฃ ุญุฏูŠุซุง ุซู… ูŠุฏุนูˆ ู„ุณู„ุทุงู† ุงู„ุฒู…ุงู† ูˆูŠู†ุฒู„، ุซู… ูŠุตุนุฏ ุงู„ุซุงู†ูŠ ูˆูŠู‚ุฑุฃ ูˆู„ุงุฏุฉ ุงู„ู†ุจูŠ ๏ทบ ุงู„ุจุงู‡ุฑุฉ، ูˆูŠู‚ุฑุฃ ุงู„ุซุงู„ุซ ุงู„ุฑุถุงุน ูˆุงู„ุฑุงุจุน ูŠู‚ุฑุฃ ุฌุฒุกุงً ุฎุงุตุงً ุจุงู„ู‡ุฌุฑุฉ ุงู„ุณู†ูŠุฉ، ูˆุงู„ุฎุงู…ุณ ูŠุฏุนูˆ، ูˆู‡ูƒุฐุง ูŠุคุฏู‰ ูƒู„ ูˆุงุญุฏ ู…ู†ู‡ู… ูˆุธูŠูุชู‡ .

Artinya: Maulid Nabi: Penduduk Madinah menghidupkan malam-malam Maulid al-Syarif di dalam Masjid (Nabawi) al-Syarif dan mereka berkumpul dalam beberapa halaqah menjelang waktu pagi di depan "Bรขbun Nisa'". Setelah mereka mempersiapkan kursi ke halaman pasir Masjid Nabawi, mereka akan mendengarkan pembacaan Maulid al-Syarif dari lima orang bersuara merdu dan Syaikh al-Khatib. Lalu mereka akan meminum minuman yang dibagikan seperti biasanya dan kembali pulang ke rumah masing-masing.

Pembacaan qashidah tersebut dilakukan di saat terbitnya mentari tanggal 12 (Rabiul Awwal) tiap tahun. Meskipun para pembaca maulid diantaranya Imam Masjid Nabawi, tetapi mereka mempunyai tugas yang lain. Pembaca maulid pertama khusus membaca bagian maulid. Dia akan naik di atas kursi yang disediakan di halaman masjid Nabawi yang berpasir itu, lalu membaca hadits, mendoakan kebaikan bagi Sultan zaman itu, kemudian ia turun. Kemudian, pembaca maulid kedua akan naik dan membacakan kelahiran Nabi ๏ทบ Kemudian pembaca maulid yang ketiga membacakan masa penyusuan Nabi. Pembaca maulid yang keempat khusus membaca bagian hijrah. Dan orang yang kelima akan berdoa. Demikianlah mereka melaksanakan tugasnya masing-masing.

[Maushu'ah Al Mir'atul Haramain Assyarifain: 3/59]

B. DITANGGAL BERAPA PENDUDUK MEKKAH DAN MADINAH MERAYAKAN MAULID?

Jawabannya adalah pada tanggal 12 Rabiul Awal. 

Al Imam Azzarkasyi Assyafii (W 794 H) mengatakan:

ูู‚ุงู„ ุงุจู† ุฅุณุญุงู‚ : ู„ุซู†ุชูŠ ุนุดุฑุฉ ุฎู„ุช ู…ู† ุฑุจูŠุน ุงู„ุฃูˆู„، ูˆุนู„ูŠู‡ ุนู…ู„ ุฃู‡ู„ ู…ูƒุฉ ููŠ ุฒูŠุงุฑุชู‡ู… ู…ูˆุถุน ู…ูˆู„ุฏู‡ ููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ูˆู‚ุช.

Artinya: Ibnu Ishaq mengatakan: Pada tanggal 12 Rabiul Awal dari bulan rabiul awal dan diatas tanggal itu penduduk Makkah melakukan ziarah ke tempat kelahirannya nabi di waktu ini.

[Hasyiah Al Burdah: 116]

Al Imam Qasthalani (W 923 H) mengatakan:

ูˆู‚ูŠู„ ู„ุงุซู†ุชูŠ ุนุดุฑุฉ ูˆุนู„ูŠู‡ ุนู…ู„ ุฃู‡ู„ ู…ูƒุฉ ููŠ ุฒูŠุงุฑุชู‡ู… ู…ูˆุถุน ู…ูˆู„ุฏู‡ ููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ูˆู‚ุช

Artinya: Dikatakan tanggal 12 dan diatas tanggal itu penduduk Makkah melakukan ziarah ke tempat kelahirannya nabi di waktu ini.

[Al Mawahib Alladdunniyah: 1/142]

Al Imam Husein Addiyar Bakri (W 966 H) mengatakan:

ูˆู‚ูŠู„ ู„ุงุซู†ุชูŠ ุนุดุฑุฉ ู„ูŠู„ุฉ، ูˆุนู„ูŠู‡ ุนู…ู„ ุฃู‡ู„ . ู…ูƒุฉ ููŠ ุฒูŠุงุฑุชู‡ู… ู…ูˆุถุน ู…ูˆู„ุฏู‡ ููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ูˆู‚ุช

Artinya: Dan dikatakan tanggal malam 12 diatas tanggal itu penduduk Makkah melakukan ziarah ke tempat kelahirannya nabi di waktu ini.

[Taarikh Al Khamis: 1/196]

Al Imam Al Halabi Assyafii (W 1044 H)

ู‚ุงู„ ูˆุญูƒู‰ ุงู„ุงุฌู…ุงุน ุนู„ูŠู‡ ูˆุนู„ูŠู‡ ุงู„ุนู…ู„ ุงู„ุขู† ุฃู‰ ููŠ ุงู„ุงู…ุตุงุฑ ุฎุตูˆุตุง ุฃู‡ู„ ู…ูƒุฉ ููŠ ุฒูŠุงุฑุชู‡ู… ู…ูˆุถุน ู…ูˆู„ุฏู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…

Artinya: Dihikayatkan sebuah Ijma' atasnya (tanggal 12) dan diatas tanggal tersebut kerap melakukan maulid sekarang maksudnya seluruh penjuru negara khususnya penduduk Makkah melakukan ziarah ke tempat kelahirannya nabi Sallahu Alaihi Wasallam.

[Assirah Al Halabiyyah: 1/78]

Al Imam Ja'far bin Ismail Al Barzanji (W 1317 H) mengatakan:

ู‚ุงู„ ุจุนุถู‡ู… : ูˆุญูƒูŠ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุฅุฌู…ุงุน، ูˆุนู„ูŠู‡ ุงู„ุนู…ู„ ุงู„ุขู† ููŠ ุงู„ุฃู…ุตุงุฑ ุฎุตูˆุตุง ุฃู‡ู„ ู…ูƒุฉ ููŠ ุฒูŠุงุฑุชู‡ู… ู…ูˆุถุน ู…ูˆู„ุฏู‡ ุงู„ุดุฑูŠู 

Artinya: Sebagian ulama mengatakan: Dihikayatkan sebuah Ijma' atasnya (tanggal 12) dan diatas tanggal tersebut kerap melakukan maulid sekarang maksudnya seluruh penjuru negara khususnya penduduk Makkah melakukan ziarah ke tempat kelahirannya nabi Sallahu Alaihi Wasallam.

[Syarah Al Maulid Annabawi: 218]

Kesimpulannya adalah:

1. Sebelum kelompok sesat Wahhabi menguasai Madinah dan Mekkah, para penduduk kedua kota tersebut melakukan maulid nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wasallam dengan berbagai macam cara yang baik.

2. Penduduk Makkah dan Madinah melakukan serta menetapkan perayaan maulid nabi Muhammad di tanggal 12 Rabiul Awal.

3. Sauqul Lail adalah sebuah tempat yakni sebuah masjid yang disebut sebagai masjid Mawalid. Penduduk Mekkah kerap mendatangi tempat tersebut tiap kali memasuki 12 Rabiul Awal.

Selesai

© ID Cyber aswaja.

Sumber FB : ID Cyber Aswaja

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Sejarah Maulid Nabi Di Kota Makkah dan Madinah - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®