Siapa Sebenarnya Ahli Bid'ah?

Siapa Sebenarnya Ahli Bidah?

𝗦𝗜𝗔𝗣𝗔 𝗬𝗔𝗡𝗚 𝗦𝗘𝗕𝗘𝗡𝗔𝗥𝗡𝗬𝗔 𝗬𝗔𝗡𝗚 𝗔𝗛𝗟𝗜 𝗕𝗜𝗗'𝗔𝗛 ?

Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq

Sebagian ulama menyampaikan nasehatnya :

السنة تجمع والبدعة تفرق

"Sunnah itu menyatukan, bid'ah itu memecah belah." 

Nasehat bijak ini tak selayaknya dijadikan sebagai peluru satu pihak untuk menembak pihak yang lain diantara sesama muslim. Yang tepat ini bisa menjadi cermin bagi kita semua untuk saling intropeksi diri.

Jika mengaku telah di atas sunnah namun menjadi pihak yang paling mudah terpecah dan juga gemar memecah belah, bukankah kita patut mencurigai sunnah siapa yang sebenarnya kita ikuti ?

Komunitas yang secara jumlah masih tak seberapa, terkadang semakin dikerdilkan dengan sikap mudah mentahdzir dan mengkotak-kotakan diri sebagai yang paling layak disebut sebagai pihak yang kokoh di atas sunnah.

Sebaliknya yang kita tuding sebagai ahli bid'ah justru nampak menjadi pihak yang paling mampu untuk bersatu, lebih bisa berlapang dada dalam perbedaan, dan bahkan bersinergi dengan saudara lainnya meski berbeda organisasi dan afiliasi.

Lalu kita terus saja menampilkan cara beragama yang garang dan jauh dari kata hikmah. Jangankan sampai kepada yang berbeda madzhab, dengan yang kita sebut satu manhaj saja, sikap permusuhan begitu kuat terasa.

 Maka jika demikian, tidakkah justru kita yang seharusnya khawatir,  jangan-jangan kitalah yang sebenarnya menjadi biangnya bid'ah di tubuh umat ini.

Lupakah kita akan sebuah nasehat dari al imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah yang begitu indah :

إخراج الناس من السنة شديد

“Mengeluarkan seseorang dari sunnah itu perkara berat.”

Jika mengeluarkan orang perorang dari jama'ah Ahlusunnah wal Jama'ah saja dianggap berat, lalu bagaimana mungkin kita akan begitu ringan menuduh satu kelompok, madzhab dan organisasi umat lainnya sebagai ahli bid'ah ?

Sadarlah. 

Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Siapa Sebenarnya Ahli Bid'ah? - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®