Para Pelita Dunia dan Akhirat

PARA PELITA DUNIA DAN AKHIRAT

PARA PELITA DUNIA DAN AKHIRAT

Saat mengaji kitab Al-Jami' Al-Shaghir ada yang menarik yaitu hadits berikut ini

اتَّبِعُوا العُلَماءَ فإنَّهُم سُرُجُ الدُّنيا ومصَابِيحُ الآخِرَةِ

"Ikutilah Ulama' karena mereka adalah lampu dan pelita di dunia dan akhirat"

Yang dimaksud ulama' yang perlu diikuti adalah ulama' yang mengamalkan ilmunya. Merekalah yang perlu kita ikuti baik ucapan maupun perilakunya.

Sebagaimana lampu bisa menyinari kegelapan malam, maka begitu pula ulama' bisa menyinari kegelapan kebodohan dengan ilmu mereka.

Sebagaimana rumah yang terang dengan sinar lampu menjadikan pencuri takut masuk rumah, maka begitu pula ulama' keberadaannya di masyarakat mampu mengusir kebodohan dan kesesatan menuju kebenaran.

Sebagaimana pelita mampu menyinari dalam dan luar rumah, maka begitu pula ulama' ilmunya mampu menyinari dalam hati dan merembet ke anggota luar seperti telinga, mata, lisan dan lainnya sehingga mampu menjalankan ketaatan dengan benar.

Sebagaimana rumah yang di dalamnya ada pelita mampu menjadikan penghuninya betah dan nyaman di rumah dan ketika pelita tersebut mati menjadikan penghuninya gelisah, maka begitu pula ulama' keberadaannya di masyarakat menjadikan mereka tenang dan senang karena selalu terbimbing dan wafatnya ulama' menjadikan mereka sedih dan susah.

Alhamdulillah saat ini masih banyak sekali para ulama' shalih yang masih hidup di antara kita. Bahkan banyak di antara mereka juga masih bersedia berbagi ilmu dan hikmah di berbagai macam dunia maya selain juga memberikan manfaat di dunia nyata.

Jangan sia-siakan mereka apalagi sampai menghancurkan marwah dan martabatnya. Jangan sampai kita malah menyesal di saat terlambat ketika mereka meninggalkan kita. Tinggalkan mereka yang sibuk menyampaikan kebencian dan perpecahan. 

Sumber FB Ustadz : Abdul Wahid Alfaizin

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Para Pelita Dunia dan Akhirat - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®