Mengenal Kiblat Doa Dan Kiblat Shalat

Mengenal Kiblat Doa Dan Kiblat Shalat

Mengarah Ke Arah Tertentu Bukan Berarti Meyakini Allah Ada Di Sana;

Mengenal Kiblat Doa Dan Kiblat Shalat

Seorang muslim yang steril dari doktrin aneh-aneh akan beribadah seperti keterangan Imam al-Halimi (403 H) berikut:

«وعادة المسلمين إذا دعوا أن يرفعوا رؤوسهم وأيديهم إلى السماء من غير أن يعتقدوا أنه شاغل لها أو لشىء منها، أو محصور بها،  كما أن عادتهم إذا صلوا أن يستقبلوا الكعبة من غير أن يعتقدوا أنه فيها أو في جهتها، كما يكون ‌الجسم من مكان أو جهة».اهـ

"Tradisi kaum muslimin ketika berdoa adalah mengangkat kepala dan tangan mereka  ke arah langit tanpa meyakini bahwa Allah bertempat di langit, di sebagian daerah langit atau dibatasi oleh langit. Seperti halnya tradisi mereka ketika shalat menghadap Ka'bah tanpa meyakini bahwa Allah ada di dalam Ka'bah atau di arahnya, seperti halnya jisim yang selalu ada di tempat atau arah tertentu". (Abu Abdillah al-Halimi, al-Minhaj fi Syu'ab Al-Iman, III, 312)

Kenapa demikian, karena muslim yang masih bebas dari doktrin mempunyai kecerdasan untuk memahami bahwa kiblat adalah simbol semata. Langit adalah simbol keagungan dan ketinggian, juga tempat turunnya malaikat pembawa wahyu namun bukan berarti tempat tinggal Allah. Imam Ghazali (504 H) berkata:

فأما رفع الأيدي عند السؤال إلى جهة السماء فهو لأنها قبلة الدعاء وفيه أيضا إشارة إلى ما هو وصف للمدعو من الجلال والكبرياء تنبيها بقصد جهة العلو على صفة المجد والعلاء فإنه تعالى فوق كل موجود بالقهر والاستيلاء

“Adapun perihal menengadahkan tangan kea rah langit saat berdoa, itu dikarenakan arah langit merupakan hanya qiblat doa. Hal ini juga mengisyaratkan sifat kebesaran dan keagungan Allah sebagai zat yang dimintakan pertolongan, mengarah ke atas mengingatkan kita pada kemuliaan dan ketinggian-Nya. Allah dengan kuasa dan kewenangan-Nya di atas segala yang ada,” ( Al-Ghazali, Ihya ulumiddin, I, 113).

Kata kuncinya sederhana, yakni kiblat ada dua: Ada kiblat shalat dan ada kiblat doa. Imam Nawawi menukil keterangan para ulama sebelumnya yang berkata:

وَقَالُوا لِأَنَّ السَّمَاءَ قِبْلَةَ الدُّعَاءِ كَمَا أَنَّ الْكَعْبَةَ قِبْلَةَ الصَّلَاةِ

"Mereka berkata bahwasanya langit adalah kiblat doa sebagaimana Ka'bah adalah kiblat shalat" (An-Nawawi, Syarah Muslim, XII, 84)

Bila ada seorang muslim yang meyakini simbol tersebut sebagai tempat tinggal Allah, maka ia sudah terdoktrin ajaran sesat sehingga kecerdasannya berkurang dan berkhayal yang aneh-aneh. Doktrin sesat semacam ini dapat ditemui di banyak kitab karya Syaikh Ibnu Taymiyah. 

Sumber FB Ustadz : Abdul Wahab Ahmad

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Mengenal Kiblat Doa Dan Kiblat Shalat - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®