Aqidah Imam Syafi'i Adalah Tafwid

Aqidah Imam Syafii Adalah Tafwid

AQIDAH IMAM SYAFII ADALAH TAFWID

๐Ÿ‘‰ Dalam beraqidah Imam Syafi'i tidak tasybih dan tajsim (tidak menyerupakan Allah dengan makhlukNya dan tidak menganggapNya memiliki organ) sebagaimana pemahaman tekstual mujassimah 

๐Ÿ‘‰Akidah Imam Syafi’i adalah akidah tanzih: menyucikan Allah SWT dari segala keserupaan dengan makhlukNya. Akidah ini adalah akidah salaf yang diteruskan dan dirumuskan oleh Imam Asy’ari dan Imam Maturidi dalam kitab kitab beliau serta diikuti oleh mayoritas umat Islam sejak dahulu hingga sekarang.

✅Imam Syafi’i berkata :

ุขู…َู†ุช ุจِุงَู„ู„َّู‡ِ ูˆุจِู…ุง ุฌุงุกَ ุนَู†ْ ุงู„ู„َّู‡ِ ุนَู„ู‰ ู…ُุฑุงุฏِ ุงู„ู„َّู‡ِ ูˆุขู…َู†ุช ุจِุฑَุณُูˆู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ูˆู…ุง ุฌุงุกَ ุนَู†ْ ุฑَุณُูˆู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุนَู„ู‰ ู…ُุฑุงุฏِ ุฑَุณُูˆู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ

“Saya beriman kepada Allah dan apa yang datang dari Allah sesuai maksud yang dikehendaki oleh Allah. Saya beriman pada Rasulullah dan apa yang datang dari Rasulullah sesuai maksud yang dikehendaki oleh Rasulullah” (Ibnu Qudamah, Lum’at al-I’tiqad, 7)

๐Ÿ‘‰Kalau perkataan Imam Syafi’i tersebut diurai, maka seakan ia berkata bahwa makna yang saya imani adalah apa yang dimaksud oleh Allah dan Rasul yang itu tidak disampaikan kepada kita, bukan sesuai apa yang dimaksud oleh orang-orang yg berpaham mujassimah  yang memaksakan makna zahir, seperti Muqatil yang memaksakan makna anggota tubuh bagi Allah atau pemaknaan siapa pun yang lain.

✅Imam Al-Hashani dalam kitabnya, Daf’u-Syubahi Man Syabbaha wa Tamarrada (31), menyebutkan:

ูˆุณุฆู„ ุงู„ุงู…ุงู… ุงู„ุดุงูุนูŠ ู‚ุฏุณ ุงู„ู„ู‡ ุฑูˆุญู‡ ุนู† ุงู„ุงุณุชูˆุงุก ูู‚ุงู„ :ุขู…ู†ุช ุจู„ุง ุชุดุจูŠู‡ ูˆุตุฏู‚ุช ุจู„ุง ุชู…ุซูŠู„ ูˆุงุชู‡ู…ุช ู†ูุณูŠ ููŠ ุงู„ุฅุฏุฑุงูƒ ูˆุฃู…ุณูƒุช ุนู† ุงู„ุฎูˆุถ ููŠู‡ ูƒู„ ุงู„ุฅู…ุณุงูƒ ุงู‡ู€ ูˆู‚ุงู„ ุฃูŠุถุง :ุขู…ู†ุช ุจู…ุง ุฌุงุก ุนู† ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ู…ุฑุงุฏ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจู…ุง ุฌุงุก ุนู† ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ู…ุฑุงุฏ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡.

“Imam Syafi’ฤซ ditanyakan tentang istiwa’, beliau menjawab: Aku beriman tanpa menyerupakan, aku membenarkan tanpa representasi, aku tekankan pada diriku bahwa tidak akan mampu mengerti, dan aku tahan diriku semaksimal mungkin untuk mendalaminya. Beliau juga berkata: Aku beriman sesuai dengan apa yang datang dari Allah sebagaimana kehendakNya dan dengan apa yang datang dari Rasulullah sebagaimana kehendaknya.”

๐Ÿ‘‰Riwayat di atas amat masyhur di kalangan ulama dari pelbagai mazhab dan dikutip dalam karya-karya mereka, seperti oleh Imam Abi Zakariya Al-Salmasi (W. 550 H), Imam Ibnu Al-Jauzi (W. 597 H), Imam Izzuddin Al-Maqdisi (W. 678 H), Ibnu Qudamah (W. 620 H), Ibnu Taimiyah (W. 728 H), Imam Taqiyuddin Al-Hashani (W. 829 H), Imam Zarruq Al-Fasi (W. 899 H), Imam Syihabuddin Al-Ramli (W. 957 H), dan lain sebagainya.

✅ Imam Al-Subki dalam kitabnya, Thabaqฤt Al-Syฤfi’iyah Al-Kubrฤ (5/22), menuturkan:

ูˆุณุฆู„ ุงู„ุดุงูุนูŠ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ุนู† ุตูุงุช ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ู‚ุงู„: ุญุฑุงู… ุนู„ู‰ ุงู„ุนู‚ูˆู„ ุฃู† ุชู…ุซู„ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ูˆุนู„ู‰ ุงู„ุฃูˆู‡ุงู… ุฃู† ุชุญุฏ ูˆุนู„ู‰ ุงู„ุธู†ูˆู† ุฃู† ุชู‚ุทุน ูˆุนู„ู‰ ุงู„ู†ููˆุณ ุฃู† ุชููƒุฑ ูˆุนู„ู‰ ุงู„ุถู…ุงุฆุฑ ุฃู† ุชุนู…ู‚ ูˆุนู„ู‰ ุงู„ุฎูˆุงุทุฑ ุฃู† ุชุญูŠุท ุฅู„ุง ู…ุง ูˆุตู ุจู‡ ู†ูุณู‡ ุนู„ู‰ ู„ุณุงู† ู†ุจูŠู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…

“Imam Syafi’ฤซ ditanya perihal sifat-sifat Allah SWT, beliau berkata: Haram terhadap akal merepresentasikan Allah SWT, terhadap ilusi membatasi, terhadap perasangka memastikan, terhadap jiwa memikirkan, terhadap hati menyelami, dan terhadap perasaan menjangkau terkecuali dengan sesuatu yang diriNya sifati sendiri melalui lisan nabiNya, Muhammad SAW.”

๐Ÿ‘‰Riwayat ini diriwayatkan dari Imam Al-Rabi’ bin Sulaiman dari Imam Syafi’i. Riwayat ini disebutkan oleh Imam Ibnu Taimiyah dalam kitab Majmu’ Al-Fatawa dan kitab Naqdh Al-Manthiq. Ibnu Qudamah Al-Maqdisi juga menyebutkan sanad diriwayat ini dalam kitabnya, Dzam Al-Ta’wil.

✅Imam Ahmad Al-Rifai’ฤซ mengatakan:

ูˆู‚ุฏ ุฌู…ุน ุฅู…ุงู…ู†ุง ุงู„ุดุงูุนูŠ ุฌู…ูŠุน ู…ุง ู‚ูŠู„ ููŠ ุงู„ุชูˆุญูŠุฏ ุจู‚ูˆู„ู‡: ู…ู† ุงู†ุชู‡ุถ ู„ู…ุนุฑูุฉ ู…ุฏุจุฑู‡ ูุงู†ุชู‡ู‰ ุฅู„ู‰ ู…ูˆุฌูˆุฏ ูŠู†ุชู‡ูŠ ุฅู„ูŠู‡ ููƒุฑู‡ ูู‡ูˆ ู…ุดุจู‡ ูˆุฅู† ุงุทู…ุฃู† ุฅู„ู‰ ุงู„ุนุฏู… ุงู„ุตุฑู ูู‡ูˆ ู…ุนุทู„ ูˆุฅู† ุงุทู…ุฃู† ู„ู…ูˆุฌูˆุฏ ูˆุงุนุชุฑู ุจุงู„ุนุฌุฒ ุนู† ุฅุฏุฑุงูƒู‡ ูู‡ูˆ ู…ูˆุญุฏ

“Imam Syafi’ฤซ telah menghimpun semua hal tentang tauhid dalam ucapannya: Barangsiapa yang berusaha mengetahui penguasanya lalu meraih sesuatu yang menjadi tujuan pemikirannya, maka dia termasuk orang yang menyerupakan (musyabbih), dan jika dia merasa puas dengan ketiadaan murni, maka dia adalah mu’aththil, dan jika dia merasa puas dengan sesuatu yang ada dan mengakui ketidakmampuan memahaminya, maka dia termasuk orang yang bertauhid (muwahhid).” (Al-Bur ฤn Al-Mu’ayyad, 101).

๐Ÿ‘‰Riwayat ini juga banyak dikutip oleh ulama dalam kitab-kitab mereka, tetapi tidak ada penjelasan tentang transmiternya. Selain itu, kebanyakan redaksinya menggunakan kata “hukiya” atau “hakลซ” yang berarti diceritakan atau mencaritakan.

✅Imam Al-Murtadha Al-Zabidi menyebutkan:

ู‚ุงู„ ุงู„ุดุงูุนูŠ ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡: ุฃู†ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ูƒุงู† ูˆู„ุง ู…ูƒุงู† ูุฎู„ู‚ ุงู„ู…ูƒุงู† ูˆู‡ูˆ ุนู„ู‰ ุตูุฉ ุงู„ุฃุฒู„ูŠุฉ ูƒู…ุง ูƒุงู† ู‚ุจู„ ุฎู„ู‚ู‡ ุงู„ู…ูƒุงู† ู„ุง ูŠุฌูˆุฒ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุชุบูŠูŠุฑ ููŠ ุฐุงุชู‡ ูˆู„ุง ุงู„ุชุจุฏูŠู„ ููŠ ุตูุงุชู‡

“Imam Syafi’ฤซ berkata: Allah SWT ada dan tiapa tempat bagiNya kemudian Ia menciptakan tempat dan Dia tetap atas sifat azalinya sebagaimana sebelum Ia menciptakan tempat. Tidak dibenarkan bagiNya mengubah dzatNya dan mengganti sifat-sifatNya.” (Ittihฤf, 2/36).

๐Ÿ‘‰ Perkataan imam Syafi'i yg dikutip oleh imam az-zabidi diatas sejalan dengan ulama-ulama syafi’iyah yg lain, dimana mengemukan pendapat senada dengan riwayat yang disampaikan Al-Zabidi di atas.

✅ Imam Al-Baihaqi dalam kitabnya, Al-Asmฤ’ wa Al-Shifฤt (2001: 506), menyebutkan:

ุงุณْุชَุฏَู„َّ ุจَุนْุถُ ุฃَุตْุญุงุจِู†ุง ููŠ ู†َูْูŠِ ุงู„ู…ูƒุงู†ِ ุนَู†ِ ุงู„ู„ู‡ ุจِู‚َูˆْู„ِ ุงู„ู†َّุจูŠِّ ุตู„ّู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„َّู…: ุฃู†ุชَ ุงู„ุธَّุงู‡ِุฑُ ูَู„َูŠْุณَ ูَูˆْู‚َูƒَ ุดَูŠْุกٌ، ูˆุฃَู†ْุชَ ุงู„ุจุงุทِู†ُ ูَู„َูŠْุณَ ุฏูˆู†َูƒَ ุดَูŠْุกٌ، ูˆ ุฅุฐุง ู„َู… ูŠَูƒُู†ْ ูَูˆْู‚َู‡ُ ุดَูŠْุกٌ ูˆู„ุง ุฏูˆู†َู‡ُ ุดَูŠْุกٌ ู„َู… ูŠَูƒُู†ْ ููŠ ู…ูƒุงู†

“Sebagian dari ulama kami menafikan tempat bagi Allah SWT berdalil dengan sabda Nabi SAW: ‘Engkau yang tampak, tiada apa pun di atasMu dan Engkau yang abstrak, tiada suatu apa pun di bawahmu’. Jika di atas dan di bawah Allah SWT tiada apa pun berarti Ia tidak berada pada tempat apa pun.”

Wallahu alam

Sumber FB : Aqidah Salaf

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Aqidah Imam Syafi'i Adalah Tafwid - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®