Siapakah Imam Baihaqi dan Imam Asy'ary?

Siapakah Imam Baihaqi dan Imam Asy'ary?

🌺 Siapakah Imam Baihaqi dan Imam Asy’ary?

Ditulis oleh Saiful Anwar 

Setuju atau tidak, banyak data yang menunjukkan bahwa Imam Baihaqi dan Imam Asy'ary adalah penerus aqidah Imam Ahmad dan penerus aqidah ulama hadits.

Artinya, barangsiapa saat ini yang mau mengikuti aqidah Imam Ahmad dan aqidah ulama hadits, maka semestinyalah mereka membuka kitab-kitab Imam Asy'ari dan Imam Baihaqi lalu membacanya, mempelajarinya dan mengkajinya.

Seorang ulama berkata:

فَإِنَّ عَقِيدَةَ أَحْمَد الَّتِي كَتَبَهَا أَبُو الْفَضْلِ هِيَ الَّتِي اعْتَمَدَهَا البيهقي

“Sesungguhnya aqidah Imam Ahmad yang ditulis oleh Abul Fadl adalah aqidah yang dipegang teguh oleh Imam Baihaqi”

Dan berkata:

فَإِنَّ الْأَشْعَرِيَّ مَا كَانَ يَنْتَسِبُ إلَّا إلَى مَذْهَبِ أَهْلِ الْحَدِيثِ وَإِمَامُهُمْ عَنْهُ أَحْمَد بْنُ حَنْبَلٍ

“Sesungguhnya Imam Asy’ari tidaklah bersambung kecuali pada madzhab ahli hadits dan imam mereka darinya adalah Imam Ahmad ibn Hanbal”

Siapa ulama' yang berkata demikian? Sengaja saya kutip 2 perkataan itu dari kitab Majmu'ul Fataawa, juz 6 halaman 53. Dan, dua perkataan itu adalah perkataan Ibnu Taimiyah sendiri, bukan pernyataan orang lain.

Bahkan, Ibnu Taimiyah berkata didalam kitab dan halaman yang sama:

وَ " الْأَشْعَرِيَّةُ " فِيمَا يُثْبِتُونَهُ مِنْ السُّنَّةِ فَرْعٌ عَلَى الْحَنْبَلِيَّةِ كَمَا أَنَّ مُتَكَلِّمَةَ الْحَنْبَلِيَّةِ - فِيمَا يَحْتَجُّونَ بِهِ مِنْ الْقِيَاسِ الْعَقْلِيِّ - فَرْعٌ عَلَيْهِمْ

“Adapun ulama’ Asy’ariyyah didalam apa yang mereka tetapkan dari sunnah adalah cabang dari ulama Hanbali sebagaimana sesungguhnya ahli ilmu Kalam dari ulama Hanbali didalam apa yang mereka berhujjah dengannya dari qiyas aqli adalah cabang dari ulama’ Asy’ariyyah”

Wallahu a'lam. 

Sumber FB Ustadz : Saiful Anwar

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Siapakah Imam Baihaqi dan Imam Asy'ary? - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®