Pak Haji Masih Bingung - Niat

Pak Haji Masih Bingung - Niat

Pak Haji Masih Bingung ( 1 )

Oleh : Rahmat Taufik Tambusai 

Pak haji, jamaah masih banyak yang bingung berkaitan pelaksanaan ibadah haji nanti, diantaranya kapan berniat, dimana miqot berniatnya dan berapa lama memakai kain ihram yang dua helai bagi laki - laki ? 

Yang pertama, Jamaah bingung itu tanda sehat, kok sehat pak haji ? 

Sederhananya begini, Kalau orang yang ditimpa penyakit gila pernah tidak dia bingung, kan tidak, semua yang dia lakukan tanpa bingung, karena akalnya tidak sehat lagi, jadi kalau ada jamaah kita bingung berarti akalnya sehat yang selalu ingin tau dan ingin tau, adakah orang gila mencari tau tentang sesuatu ? kan tidak ada.

Oo gitu ya pak haji. Maka bersyukur kita masih bingung, artinya kita disuruh untuk tetap belajar dan belajar, dan orang bingung tanda pintar.

Yang kedua, kita berniat ihram haji pada tanggal 8 zulhijah, kenapa tanggal 8 zulhijah, karena kita berangkat ke arafah pada tanggal 8 zulhijah, kenapa kita berangkat tanggal 8 zulhijah, untuk mengurangi kemacetan, karena seluruh jamaah haji dunia pada tanggal 9 zulhijah akan ke arafah semua.

Yang ketiga, kita berniat ihram haji di hotel kita, karena kita sudah dihitung menetap di tanah suci mekah, bagi orang yang tinggal menetap di mekah, maka miqot nya di rumah masing - masing.

Yang keempat, lama memakai kain ihram dua helai bagi bapak - bapak cuma 3 hari terhitung dari tanggal 8 zulhijah sampai 10 zulhijah.

Pada tanggal 10 zulhijah setelah kita melontar jumrah aqobah lalu dilanjutkan potong rambut, maka setelah potong rambut, kita sudah tahallul awal, artinya seluruh larangan ihram sudah tidak berlaku lagi bagi kita, kita sudah boleh berpakaian berjahit, dan yang tidak boleh hanya berhubungan suami istri. 

Pak haji, kami kira lama memakai kain ihram, sehingga kami bawa sampai 3 pasang, bagaimana itu ? 

Tidak masalah pak, mana tau kena najis bisa diganti, tetapi biasanya insyaallah tidak kena najis karena kita sangat berhati - hati setiap langkah dan perbuatan yang kita lakukan selama ihram haji.

Yang masalah, koper bapak haji penuh dengan kain ihram, tidak ada tempat untuk oleh - oleh hehehe

Kota Mekah, Selasa 20 Juni 2023

Yuk umroh abis musim haji yang minat hubungi kami AZKIA GROUP 

#BanggaMenjadiPelayanTamuAllah

#PetugasHajiIndonesia2023

#HajiRamahLansia 

Sumber FB Ustadz : Abee Syareefa

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Pak Haji Masih Bingung - Niat - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®