๐๐จ๐๐จ๐ ๐ข๐ฅ๐๐ก๐ ๐๐๐๐๐ฅ ๐ ๐๐ฆ๐จ๐ ๐ ๐๐ฆ๐๐๐
๐๐ง๐ธ๐ข๐ฏ ๐ฌ๐ช๐บ๐ข๐ช, ๐ข๐ฑ๐ข ๐ฉ๐ถ๐ฌ๐ถ๐ฎ ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฌ๐ข๐ง๐ช๐ณ ๐ฎ๐ข๐ด๐ถ๐ฌ ๐ฎ๐ข๐ด๐ซ๐ช๐ฅ ?
๐๐ฎ๐๐ฎ๐ฏ๐ฎ๐ป
Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq
Para ulama berbeda pendapat tentang hukum orang kafir masuk ke dalam masjid, sebagian membolehkan secara mutlak, sebagian lagi membolehkan dengan catatan, sedangkan sebagiannya lagi dengan tegas melarang orang kafir masuk masjid manapun.[1]
๐ญ. ๐ ๐ฒ๐น๐ฎ๐ฟ๐ฎ๐ป๐ด ๐๐ฒ๐ฐ๐ฎ๐ฟ๐ฎ ๐บ๐๐๐น๐ฎ๐ธ
Sebagian ulama yakni dari kalangan mazhab Malikiyyah dan sebagian Hanabilah berpendapat bahwa mutlak diharamkan bagi orang-orang kafir masuk ke dalam rumahnya Allah ta’ala, baik itu masjid-masjid yang ada di luar tanah haram lebih-lebih masjidil Haram dan Nabawi.[2]
Ash Shawi menyatakan :
ูู ูุน ุฏุฎูู ุงููุงูุฑ ุงูู ุณุฌุฏ ุฃูุถุง ูุฅู ุฃุฐู ูู ู ุณูู ุฅูุง ูุถุฑูุฑุฉ ุนู ู
“๐๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฌ๐ข๐ง๐ช๐ณ ๐ฅ๐ช๐ญ๐ข๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ข๐ด๐ถ๐ฌ ๐ฎ๐ข๐ด๐ซ๐ช๐ฅ ๐ด๐ฆ๐ฌ๐ข๐ญ๐ช๐ฑ๐ถ๐ฏ ๐ฅ๐ช๐ช๐ป๐ช๐ฏ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฐ๐ญ๐ฆ๐ฉ ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐๐ด๐ญ๐ข๐ฎ, ๐ฌ๐ฆ๐ค๐ถ๐ข๐ญ๐ช ๐ฌ๐ข๐ณ๐ฆ๐ฏ๐ข ๐ข๐ฅ๐ข ๐ข๐ฌ๐ต๐ช๐ท๐ช๐ต๐ข๐ด ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ด๐ช๐ง๐ข๐ต ๐ฅ๐ข๐ณ๐ถ๐ณ๐ข๐ต..”[3]
Disebutkan pula dalam Mawahib al Jalil :
ุงูู ุฐูุจ ุนูุฏูุง ู ูุน ุงููุงูุฑ ู ู ุฏุฎูู ุงูู ุณุฌุฏ ู ุทููุง… ููุฏ ุซุจุช ุนู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุฅูู ูุง ุฃุญู ุงูู ุณุฌุฏ ูุญุงุฆุถ ููุง ุฌูุจ ููุฃู ูู ูุน ุงููุงูุฑ ู ู ุฏุฎููู ุฃููู
“๐๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐ฎ๐ข๐ฅ๐ป๐ฉ๐ข๐ฃ ๐ฌ๐ข๐ฎ๐ช (๐๐ข๐ญ๐ช๐ฌ๐ช) ๐ฅ๐ช๐ญ๐ข๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฌ๐ข๐ง๐ช๐ณ ๐ฎ๐ข๐ด๐ถ๐ฌ ๐ฌ๐ฆ ๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐ฎ๐ข๐ด๐ซ๐ช๐ฅ ๐ด๐ฆ๐ค๐ข๐ณ๐ข ๐ฎ๐ถ๐ต๐ญ๐ข๐ฌ… ๐ต๐ฆ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ฌ๐ถ๐ข๐ต ๐ข๐ฅ๐ข๐ฏ๐บ๐ข ๐ฅ๐ข๐ญ๐ช๐ญ ๐ฅ๐ข๐ณ๐ช ๐๐ข๐ฃ๐ช ๏ทบ ‘ ๐๐ฌ๐ถ ๐ต๐ช๐ฅ๐ข๐ฌ ๐ฉ๐ข๐ญ๐ข๐ญ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฎ๐ข๐ด๐ซ๐ช๐ฅ ๐ถ๐ฏ๐ต๐ถ๐ฌ ๐ธ๐ข๐ฏ๐ช๐ต๐ข ๐ฉ๐ข๐ช๐ฅ๐ฉ ๐ฅ๐ข๐ฏ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ด๐ฆ๐ฅ๐ข๐ฏ๐จ ๐ซ๐ถ๐ฏ๐ถ๐ฃ’, ๐ฅ๐ข๐ฏ ๐ต๐ฆ๐ฏ๐ต๐ถ ๐ญ๐ข๐ณ๐ข๐ฏ๐จ๐ข๐ฏ ๐ฌ๐ฆ๐ฑ๐ข๐ฅ๐ข ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฌ๐ข๐ง๐ช๐ณ ๐ถ๐ฏ๐ต๐ถ๐ฌ ๐ฎ๐ข๐ด๐ถ๐ฌ ๐ฎ๐ข๐ด๐ซ๐ช๐ฅ ๐ญ๐ฆ๐ฃ๐ช๐ฉ ๐ฌ๐ถ๐ข๐ต.”[4]
Diantara dalil yang digunakan oleh pendapat ini adalah firman Allah ta’ala :
َูุง ุฃََُّููุง ุงَّูุฐَِูู ุขู َُููุง ุฅَِّูู َุง ุงْูู ُุดْุฑَُِููู َูุฌَุณٌ ََููุง َْููุฑَุจُูุง ุงْูู َุณْุฌِุฏَ ุงْูุญَุฑَุงู َ ุจَุนْุฏَ ุนَุงู ِِูู ْ َูุฐَุง
“๐๐ข๐ฉ๐ข๐ช ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ-๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ช๐ฎ๐ข๐ฏ! ๐๐ฆ๐ด๐ถ๐ฏ๐จ๐จ๐ถ๐ฉ๐ฏ๐บ๐ข ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ-๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ถ๐ด๐บ๐ณ๐ช๐ฌ ๐ช๐ต๐ถ ๐ฏ๐ข๐ซ๐ช๐ด, ๐ฐ๐ญ๐ฆ๐ฉ ๐ฌ๐ข๐ณ๐ฆ๐ฏ๐ข ๐ช๐ต๐ถ ๐ซ๐ข๐ฏ๐จ๐ข๐ฏ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ฎ๐ฆ๐ณ๐ฆ๐ฌ๐ข ๐ช๐ต๐ถ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ฉ๐ข๐ฎ๐ฑ๐ช๐ณ๐ช ๐๐ข๐ด๐ซ๐ช๐ฅ๐ช๐ญ ๐๐ข๐ณ๐ข๐ฎ ๐ด๐ฆ๐ด๐ถ๐ฅ๐ข๐ฉ ๐ต๐ข๐ฉ๐ถ๐ฏ ๐ช๐ฏ๐ช.” (QS. at-Taubah: 28)
Dalil lainnya adalah sebuah atsar dari sebagian sahabat sebagaimana yang disebutkan oleh ibnu Qudamah, di mana Abu Musa al Asy’ari pernah menemui khalifah Umar radhiyallahu ‘anhuma dengan membawa sebuah surat.
ูู ููุงุชุจู ูุฌูุก، ูููุฑุฃ ูุชุงุจู. ูุงู: ุฅูู ูุง ูุฏุฎู ุงูู ุณุฌุฏ. ูุงู: ููู ؟ ูุงู: ุฅูู ูุตุฑุงูู
๐๐ข๐บ๐บ๐ช๐ฅ๐ช๐ฏ๐ข ๐๐ฎ๐ข๐ณ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ฌ๐ข๐ต๐ข ๐ฌ๐ฆ๐ฑ๐ข๐ฅ๐ข ๐๐ฃ๐ถ ๐๐ถ๐ด๐ข, “๐๐ข๐ฏ๐จ๐จ๐ช๐ญ ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ถ๐ญ๐ช๐ด๐ฏ๐บ๐ข, ๐ถ๐ฏ๐ต๐ถ๐ฌ ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ฃ๐ข๐ค๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ๐ฏ๐บ๐ข.” ๐๐ฃ๐ถ ๐๐ถ๐ด๐ข ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ซ๐ข๐ธ๐ข๐ฃ, “๐๐ช๐ข ๐ต๐ช๐ฅ๐ข๐ฌ ๐ฃ๐ฐ๐ญ๐ฆ๐ฉ ๐ฎ๐ข๐ด๐ถ๐ฌ ๐ฎ๐ข๐ด๐ซ๐ช๐ฅ.” ๐๐ฎ๐ข๐ณ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ต๐ข๐ฏ๐บ๐ข, “๐๐ฆ๐ฏ๐จ๐ข๐ฑ๐ข?” ๐๐ฃ๐ถ ๐๐ถ๐ด๐ข ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ซ๐ข๐ธ๐ข๐ฃ, “๐ฅ๐ช๐ข ๐๐ข๐ด๐ณ๐ข๐ฏ๐ช”.[5]
Demikian juga sayyidina Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu diriwayatkan ketika beliau sedang berkhutbah di atas mimbar tiba-tiba melihatnya orang majusi masuk masjid. Kemudian beliau turun, dan memukulnya serta menyuruhnya keluar.[6]
Dalil berikutnya adalah perilaku penduduk Madinah sebagaimana yang disebutkan oleh al Qurthubi. Juga di masa kekhalifahan Umar bin ‘Abdul ‘Aziz beliau menulis surat untuk para pejabat di daerah : “๐๐ช ๐ณ๐ถ๐ฎ๐ข๐ฉ-๐ณ๐ถ๐ฎ๐ข๐ฉ (๐๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ) ๐ช๐ต๐ถ, ๐๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ช๐ป๐ช๐ฏ๐ฌ๐ข๐ฏ๐ฏ๐บ๐ข ๐ถ๐ฏ๐ต๐ถ๐ฌ ๐ฅ๐ช๐ข๐จ๐ถ๐ฏ๐จ๐ฌ๐ข๐ฏ, ๐ฅ๐ข๐ฏ ๐ฅ๐ช๐ด๐ฆ๐ฃ๐ถ๐ต ๐ฏ๐ข๐ฎ๐ข-๐๐บ๐ข.” (QS. an Nur : 36)
Maka masuknya orang kafir ke dalam masjid bertentangan dengan upaya mengagungkan rumah Allah. Dalam shahih Muslim dan lain-lain juga dinyatakan, “๐๐ข๐ฉ๐ธ๐ข ๐ฎ๐ข๐ด๐ซ๐ช๐ฅ-๐ฎ๐ข๐ด๐ซ๐ช๐ฅ ๐ช๐ฏ๐ช ๐ต๐ช๐ฅ๐ข๐ฌ ๐ฃ๐ฐ๐ญ๐ฆ๐ฉ ๐ข๐ฅ๐ข ๐ด๐ฆ๐ฅ๐ช๐ฌ๐ช๐ต ๐ฑ๐ถ๐ฏ ๐ฌ๐ฆ๐ฏ๐ค๐ช๐ฏ๐จ ๐ฅ๐ข๐ฏ ๐ฌ๐ฐ๐ต๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ..” Padahal orang kafir tidak terhindar dari semuanya itu.
Baginda Nabi ๏ทบ juga bersabda, “๐๐ข๐ด๐ซ๐ช๐ฅ ๐ต๐ช๐ฅ๐ข๐ฌ ๐ฅ๐ช๐ฉ๐ข๐ญ๐ข๐ญ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ถ๐ฏ๐ต๐ถ๐ฌ ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฉ๐ข๐ช๐ฅ ๐ฅ๐ข๐ฏ ๐ซ๐ถ๐ฏ๐ถ๐ฃ.” Orang kafir itu masuk dalam kategori junub, padahal Allah berfirman, “๐๐ฆ๐ด๐ถ๐ฏ๐จ๐จ๐ถ๐ฉ๐ฏ๐บ๐ข ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ-๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ถ๐ด๐บ๐ณ๐ช๐ฌ ๐ช๐ต๐ถ ๐ฏ๐ข๐ซ๐ช๐ด.”
Allah ta’ala menyebut mereka najis, apakah dzatnya yang najis ataukah dijauhkan dari jalan hukum Allah ? Mana saja dari keduanya, hukum menjauhkan mereka dari masjid tetap wajib, karena illat-nya adalah najis, dan faktanya ada pada diri mereka, sementara kesucian itu ada di masjid.[7]
๐ฎ. ๐ ๐ฒ๐บ๐ฏ๐ผ๐น๐ฒ๐ต๐ธ๐ฎ๐ป ๐๐ฒ๐ฐ๐ฎ๐ฟ๐ฎ ๐บ๐๐๐น๐ฎ๐ธ
Kalangan Mazhab al Hanafiyyah membolehkan secara mutlak orang kafir masuk masjid manapun. Baik itu masjid di luar tanah haram ataukah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.[8]
Dalil pendapat ini didasarkan kepada adanya riwayat yang menyebutkan bahwa Rasulullah ๏ทบ sendiri menerima para utusan dari Bani Tsaqif di dalam masjid. Padahal para utusan jelas-jelas orang kafir dan bukan muslim.
Dalil lainnya adalah hadits yang berbunyi :
ุฅَُِّูู َْููุณَ ุนََูู ุงูุฃْุฑْุถِ ู ِْู ุฃَْูุฌَุงุณِ ุงَّููุงุณِ ุดَْูุกٌ ุฅَِّูู َุง ุฃَْูุฌَุงุณُ ุงَّููุงุณِ ุนََูู ุฃَُْููุณِِูู ْ
“๐๐ช๐ฅ๐ข๐ฌ ๐ข๐ฅ๐ข ๐ฅ๐ช ๐ข๐ต๐ข๐ด ๐ฃ๐ถ๐ฎ๐ช ๐ช๐ฏ๐ช ๐ฃ๐ฆ๐ฌ๐ข๐ด ๐ฏ๐ข๐ซ๐ช๐ด ๐ฎ๐ข๐ฏ๐ถ๐ด๐ช๐ข, ๐ด๐ฆ๐ด๐ถ๐ฏ๐จ๐จ๐ถ๐ฉ๐ฏ๐บ๐ข ๐ฏ๐ข๐ซ๐ช๐ด ๐ฎ๐ข๐ฏ๐ถ๐ด๐ช๐ข ๐ช๐ต๐ถ ๐ข๐ฅ๐ข๐ฏ๐บ๐ข ๐ฅ๐ช ๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐ฅ๐ช๐ณ๐ช ๐ฎ๐ฆ๐ณ๐ฆ๐ฌ๐ข ๐ด๐ฆ๐ฏ๐ฅ๐ช๐ณ๐ช." (HR. Bukhari dalam Syarah Ma’ani Al-Atsar)
Adapun mengenai ayat :
ุฅَِّูู َุง ุงْูู ُุดْุฑَُِููู َูุฌَุณٌ
“๐๐ฆ๐ด๐ถ๐ฏ๐จ๐จ๐ถ๐ฉ๐ฏ๐บ๐ข ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ-๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ถ๐ด๐บ๐ณ๐ช๐ฌ ๐ช๐ต๐ถ ๐ฏ๐ข๐ซ๐ช๐ด.” (QS. At Taubah : 28)
Kalangan ini menyatakan bahwa maksudnya adalah najis secara keyakinan. Berkata al imam Kasani al Hanafi :
ูุนูุฏูุง ูู ู ุญู ูู ุนูู ูุฌุงุณุฉ ุฎุจุซ ุงูุงุนุชูุงุฏ
“๐๐ข๐ฏ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ถ๐ณ๐ถ๐ต ๐ฎ๐ข๐ฅ๐ป๐ฉ๐ข๐ฃ ๐ฌ๐ข๐ฎ๐ช, ๐ช๐ฏ๐ช ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ข๐ฏ๐ฅ๐ถ๐ฏ๐จ ๐ฑ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ฆ๐ณ๐ต๐ช๐ข๐ฏ ๐๐ข๐ซ๐ช๐ด ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ถ๐ฑ๐ข ๐ฌ๐ฐ๐ต๐ฐ๐ณ๐ฏ๐บ๐ข ๐ข๐ฒ๐ช๐ฅ๐ข๐ฉ.”[9]
Demikian juga dikatakan “๐๐ช๐ฌ๐ข ๐ฎ๐ฆ๐ณ๐ฆ๐ฌ๐ข ๐ฎ๐ข๐ด๐ถ๐ฌ ๐ฅ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ข๐ฏ ๐ณ๐ข๐ด๐ข ๐ด๐ฐ๐ฎ๐ฃ๐ฐ๐ฏ๐จ, ๐ถ๐ฏ๐ต๐ถ๐ฌ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ถ๐ข๐ด๐ข๐ช ๐ข๐ต๐ข๐ถ ๐ต๐ฆ๐ญ๐ข๐ฏ๐ซ๐ข๐ฏ๐จ (๐ต๐ช๐ฅ๐ข๐ฌ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ถ๐ต๐ถ๐ฑ ๐ข๐ถ๐ณ๐ข๐ต), ๐ด๐ฆ๐ฃ๐ข๐จ๐ข๐ช๐ฎ๐ข๐ฏ๐ข ๐ต๐ณ๐ข๐ฅ๐ช๐ด๐ช ๐ฎ๐ฆ๐ณ๐ฆ๐ฌ๐ข ๐ฑ๐ข๐ฅ๐ข ๐ป๐ข๐ฎ๐ข๐ฏ ๐๐ข๐ฉ๐ช๐ญ๐ช๐บ๐ข๐ฉ. ๐๐ช๐ฌ๐ข ๐ต๐ช๐ฅ๐ข๐ฌ, ๐ฎ๐ข๐ฌ๐ข ๐ต๐ช๐ฅ๐ข๐ฌ ๐ข๐ฅ๐ข ๐ญ๐ข๐ณ๐ข๐ฏ๐จ๐ข๐ฏ.”[10]
๐ฏ. ๐ ๐ฒ๐บ๐ฏ๐ผ๐น๐ฒ๐ต๐ธ๐ฎ๐ป ๐ฑ๐ฒ๐ป๐ด๐ฎ๐ป ๐ฐ๐ฎ๐๐ฎ๐๐ฎ๐ป/๐ฝ๐ฒ๐ป๐ด๐ฒ๐ฐ๐๐ฎ๐น๐ถ๐ฎ๐ป
Kalangan Mazhab Syafi’iyyah dan sebagian Hanabilah berpendapat bahwa bahwa orang kafir diharamkan secara mutlak untuk masuk Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, namun dibolehkan di masjid selain keduanya bila diizinkan oleh kaum muslimin setempat.
Imam asy-Syafi’i rahimahullah berkata :
ููุง ุจุฃุณ ุฃู ูุจูุช ุงูู ุดุฑู ูู ูู ู ุณุฌุฏ ุฅูุง ุงูู ุณุฌุฏ ุงูุญุฑุงู ูุฅู ุงููู ุนุฒ ูุฌู ูููู ุฅูู ุง ุงูู ุดุฑููู ูุฌุณ ููุง ููุฑุจูุง ุงูู ุณุฌุฏ ุงูุญุฑุงู ุจุนุฏ ุนุงู ูู ูุฐุง
“๐๐ช๐ฅ๐ข๐ฌ ๐ข๐ฑ๐ข-๐ข๐ฑ๐ข ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ถ๐ด๐บ๐ณ๐ช๐ฌ ๐ฎ๐ข๐ด๐ถ๐ฌ ๐ด๐ฆ๐ญ๐ถ๐ณ๐ถ๐ฉ ๐ฎ๐ข๐ด๐ซ๐ช๐ฅ ๐ฌ๐ฆ๐ค๐ถ๐ข๐ญ๐ช ๐๐ข๐ด๐ซ๐ช๐ฅ๐ช๐ญ ๐ฉ๐ข๐ณ๐ข๐ฎ, ๐ด๐ฆ๐ฃ๐ข๐ฃ ๐๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ง๐ช๐ณ๐ฎ๐ข๐ฏ : “๐๐ข๐ช ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ-๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ช๐ฎ๐ข๐ฏ, ๐ด๐ฆ๐ด๐ถ๐ฏ๐จ๐จ๐ถ๐ฉ๐ฏ๐บ๐ข ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ-๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ถ๐ด๐บ๐ณ๐ช๐ฌ ๐ช๐ต๐ถ ๐ฏ๐ข๐ซ๐ช๐ด, ๐ฎ๐ข๐ฌ๐ข ๐ซ๐ข๐ฏ๐จ๐ข๐ฏ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ฎ๐ฆ๐ณ๐ฆ๐ฌ๐ข ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ฅ๐ฆ๐ฌ๐ข๐ต๐ช ๐๐ข๐ด๐ซ๐ช๐ฅ๐ช๐ญ ๐๐ข๐ณ๐ข๐ฎ ๐ด๐ฆ๐ด๐ถ๐ฅ๐ข๐ฉ ๐ต๐ข๐ฉ๐ถ๐ฏ ๐ช๐ฏ๐ช" (QS. at-Taubah : 28).”[11]
Berkata imam Nawawi rahimahullah :
ุฃู ุง ุงููุงูุฑ ููุง ูู ูู ู ู ุฏุฎูู ุญุฑู ู ูุฉ ุจุญุงู، ุณูุงุก ู ุณุงุฌุฏู ูุบูุฑูุง. ููู ุฏุฎูู ู ุณุงุฌุฏ ุบูุฑ ุงูุญุฑู ุจุฅุฐู ู ุณูู . ูููุณ ูู ุฏุฎูููุง ุจุบูุฑ ุฅุฐู ุนูู ุงูุตุญูุญ
“๐๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฌ๐ข๐ง๐ช๐ณ ๐ต๐ช๐ฅ๐ข๐ฌ ๐ฅ๐ช๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ฃ๐ฐ๐ญ๐ฆ๐ฉ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ข๐ด๐ถ๐ฌ๐ช ๐๐ข๐ด๐ซ๐ช๐ฅ๐ช๐ญ ๐๐ข๐ณ๐ข๐ฎ ๐๐ข๐ฌ๐ฌ๐ข๐ฉ ๐ฅ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ข๐ฏ ๐ฌ๐ฆ๐ข๐ฅ๐ข๐ข๐ฏ ๐ข๐ฑ๐ข๐ฑ๐ถ๐ฏ, ๐ด๐ข๐ฎ๐ข ๐ด๐ข๐ซ๐ข ๐ฑ๐ข๐ฅ๐ข ๐ฎ๐ข๐ด๐ซ๐ช๐ฅ๐ฏ๐บ๐ข ๐ข๐ต๐ข๐ถ ๐ญ๐ข๐ช๐ฏ๐ฏ๐บ๐ข. ๐๐ข๐ฎ๐ถ๐ฏ, ๐ฃ๐ฐ๐ญ๐ฆ๐ฉ ๐ฃ๐ข๐จ๐ช ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฌ๐ข๐ง๐ช๐ณ ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ข๐ด๐ถ๐ฌ๐ช ๐ฎ๐ข๐ด๐ซ๐ช๐ฅ-๐ฎ๐ข๐ด๐ซ๐ช๐ฅ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ญ๐ข๐ช๐ฏ๐ฏ๐บ๐ข ๐ฅ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ข๐ฏ ๐ช๐ป๐ช๐ฏ ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐๐ด๐ญ๐ข๐ฎ, ๐ฃ๐ถ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฎ๐ข๐ด๐ถ๐ฌ ๐ต๐ข๐ฏ๐ฑ๐ข ๐ช๐ป๐ช๐ฏ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ถ๐ณ๐ถ๐ต ๐ฑ๐ฆ๐ฏ๐ฅ๐ข๐ฑ๐ข๐ต ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฌ๐ถ๐ข๐ต.”[12]
Berkata Abu Bakar bin Zaid al Hanbali :
ุฌูุงุฒ ุฏุฎูู ุงููุงูุฑ ู ุณุงุฌุฏ ุงูุญِِّู ุจุฅุฐู ู ุณูู ูู ุตูุญุฉ
“๐๐ฐ๐ญ๐ฆ๐ฉ๐ฏ๐บ๐ข ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฌ๐ข๐ง๐ช๐ณ ๐ฎ๐ข๐ด๐ถ๐ฌ ๐ฎ๐ข๐ด๐ซ๐ช๐ฅ ๐ด๐ฆ๐ญ๐ข๐ช๐ฏ ๐๐ข๐ด๐ซ๐ช๐ฅ๐ช๐ญ ๐๐ข๐ณ๐ข๐ฎ ๐ฅ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ข๐ฏ ๐ช๐ป๐ช๐ฏ ๐ฌ๐ข๐ถ๐ฎ ๐ฎ๐ถ๐ด๐ญ๐ช๐ฎ๐ช๐ฏ ๐ซ๐ช๐ฌ๐ข ๐ข๐ฅ๐ข ๐ฎ๐ข๐ด๐ญ๐ข๐ฉ๐ข๐ต.”[13]
Kelompok pendapat ketiga ini mengkompromikan antara dalil-dalil yang digunakan oleh kalangan yang melarang dan yang membolehkan orang kafir masuk ke dalam masjid.
๐Wallahu a’lam..
•┈┈•••○○❁༺ฮฑัั༻❁○○•••┈┈•
[1] Al Mausu’ah al Fiqhiyyah al Kuwaitiyyah (20/245), al Fiqh al Islaami wa Adillatuhu (1/482).
[2] Al Ikhtiyar (4/166), Ibn Abidin (1/115), al Jawahirul Iklil (1/23).
[3] Hasyiyah as Shawi ‘ala as Syarh ash Shaghir (1/160).
[4] Mawahib al Jalil (1/87)
[5] Al Mughni (13/202)
[6] Mathalib Uli an Nuha (2/617).
[7] Tafsir al Qurthubi (8/103).
[8] Ar Raudhatut Thalibin (1/296).
[9] Badai’ ash Shana’I (1/64)
[10] Radd al Mukhtar ‘ala Durr al Mukhtar (6/691).
[11] Al Umm (1/71).
[12] Raudlatuth Thalibin (1/296).
[13] Tuhfatur Raki’ wa sajid bi Ahkamil masajid hal. 343
Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq