Asy'ari dan Atsari

Asy'ari dan Atsari

Asy'ari & Atsari

Ahli Sunnah dalam Aqidah didefinisikan sebagai kelompok yg mengikuti aqidah yg dibawa al-Imam abul hasan al-Asya'ari & al-Imam Abu Manshur al-Maturidi atau yg sesuai dengan mereka dalam ushul aqoid yg mana juga akan digolongkan menjadi Ahli Sunnah juga.

Akhir-akhir ini saya sering mendengar kelompok yg bernama Atsari yg setelah saya amati sebenarnya mereka ini mirip dengan Mujassimah yg mengistbatkan Sifat-sifat khobariyah seperti tangan, muka, mata serta bagian-bagian tubuh bagi Allah (Ta'allah amma yaquluun) secara Haqiqat bukan secara sifat makna yg mana itu adalah Qoul Dhoif dalam mazhab Asy'ari.

Adapun tafwidh dalam Makna dalam sifat-sifat tersebut maka mesti sesuai dengan metode Ahli sunnah didalamnya dengan menafikan makna zohir jarihah kemudian menyerahkan haqiqat maknanya kepada Allah Ta'ala bukan Istbat makna kemudian tafwidh Kaifiyyah yg mana itu adalah Tafwidh Hasyawi Taimi.

Jikapun sudah melakukan Tafwidh secara Sunni maka kelompok tersebut tidak keluar dari Ahli Sunnah karena tafwidh adalah metode menuju Tanziihullah yg ada pada ahli Sunnah selain takwil bukan mazhab independent yg berbeda dari ahli Sunnah karena itu tidak ada makna dikatakan bahwa orang ini Atsari karena Tafwidh karena menurut saya kalimat Atsari ini dibuat untuk mengakomodasi mazhab tajsim kepada untuk menjadi bagian kepada Ahli Sunnah.

Beberapa tahun yg lalu ada fenomena yg mirip dengan aqidah Atsari ini yaitu mengatakan bahwa aqidah Tajsim ini adalah aqidah Ahli Hadist untuk menipu orang-orang awam bahwa mereka hanya mengikuti hadist pada sifat-sifat khobariyah akan tetapi Ahli ilmu tidak akan tertipu dengan perbedaan jenama/merek pada sebuah aqidah akan tetapi tolak ukurnya adalah makna & qowaid dalam aqidah tersebut.

Jika anda perhatikan orang atau akun yg mengatas namakan diri mereka atsari akan mempromosikan agamawan-agamawan dari golongan Mujassimah di Nusantara secara umum & sering mengkritik Ahli Sunnah Asya'iroh Maturidiyah.

Wallahu A'lam 

Sumber FB Ustadz : Habib Ali Baqir al-Saqqab

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Asy'ari dan Atsari - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®