Zakat Fitrah

Zakat Fitrah

Zakat Fitrah

Oleh Ustadz : Rahmat Taufik Tambusai

Zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan kepada seluruh umat islam baik laki laki maupun perempuan mulai dari anak - anak sampai orang dewasa dibayar pada bulan ramadhan berupa makanan pokok sebanyak satu sho'.

Dari definisi di atas dapat kita pahami bahwa:

1. Zakat fitrah diwajibkan kepada seluruh umat islam, kecuali yang tidak punya makanan pokok pada malam hari raya dan pada tanggal 1 syawal.

2. Zakat Fitrah terikat dengan bulan ramadhan, setiap muslim yang berjumpa dengan ramadhan maka wajib membayar zakat fitrah. Artinya yang meninggal dunia satu hari sebelum bulan ramadhan maka tidak wajib bayar zakat fitrah.

3. Zakat fitrah berupa makanan pokok, yang disesuaikan dengan makanan pokok daerah masing - masing.

4. Zakat fitrah harus dibayarkan sebelum sholat idul fitri dilaksanakan, dan boleh dibayar mulai dari awal bulan ramadhan.

5. Zakat fitrah wajib dibagikan sebelum sholat idul fitri dilaksanakan. Karena tujuan utama zakat fitrah adalah mengayakan orang miskin pada hari raya.

6. Zakat fitrah bersifat konsumtif, langsung dimanfaatkan oleh fakir miskin, untuk memenuhi kebutuhannya.

7. Takaran zakat fitrah satu sho', jika mengikuti takaran mazhab syafii satu sho' setara dengan 2.5 kg, kalau mengikuti mazhab hanafi setara dengan 3.5 kg.

Definisi di atas bukan sekedar buatan para ulama tetapi hasil dari penelitian dan  kajian mendalam dari hadits - hadits nabi, sehingga lahir definisi yang jami' mani', yang mana orang awam tidak perlu lagi susah payah untuk memahami hadits, cukup baca definisi yang disusun oleh ulama, maka akan mendapatkan  pemahaman yang baik.

Diantara hadits yang dijadikan pijakan dalam membuat definisi zakat oleh para ulama mazhab :

 فَرَضَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ عَلَى الْعَبْدِ وَالْحُرِّ وَالذَّكَرِ وَاْلأُنْثَى وَالصَّغِيرِ وَالْكَبِيرِ مِنَ الْمُسْلِمِينَ وَأَمَرَ بِهَا أَنْ تُؤَدَّى قَبْلَ خُرُوجِ النَّاسِ إِلَى الصَّلاَةِ [رواه البخاري]

Diriwayatkan dari Ibnu Umar ia berkata: Rasulullah saw telah mewajibkan zakat fitrah sebanyak satu sha’ kurma atau gandum atas budak, orang merdeka, laki-laki, wanita, baik kecil maupun besar, dari golongan Islam dan beliau menyuruh membagikannya sebelum orang pergi shalat Id. (HR al Bukhari)

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَرَضَ زَكَاةَ الْفِطْرِ مِنْ رَمَضَانَ عَلَى كُلِّ نَفْسٍ مِنَ الْمُسْلِمِينَ حُرٍّ أَوْ عَبْدٍ أَوْ رَجُلٍ أَوِ امْرَأَةٍ صَغِيرٍ أَوْ كَبِيرٍ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ

Diriwayatkan dari Abdullah Ibnu Umar ra bahwa Rasulullah saw telah mewajibkan zakat fitri pada bulan Ramadhan atas setiap jiwa orang Muslim, baik merdeka ataupun budak, laki-laki ataupun wanita, kecil ataupun besar, sebanyak satu sha’ kurma atau gandum (HR Muslim)

عَنْ أَبِيْ خُدْرِي يَقُوْلُ كُنَّانُخْرِجُ زَكَاةَ الْفِطْرِصَاعًامِنْ َطعَامٍ أَوْ صَاعًامِنْ تَمْرٍأَوْ  صَاعًامِنْ أَقْطٍ أَوْ صَاعًامِنْ زَبَيْبٍ

Diriwayatkan dari Abu Sa’id al-Khudri ra ia berkata: Adalah kami mengeluarkan zakat fitri satu sha’ dari makanan pokok atau satu sha’ dari gandum atau satu sha’ dari kurma atau satu sha’ dari keu atau satu sha’ dari kismis (HR Bukhari dan Muslim)

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ فَرَضَ رَسُوْلُ للهِ زَكَاةَ الْفِطْرِطُهْرَةً لِلْصَائِمِ مِنَ لَّلغْوِ وَالرَّفَثِ وَ طُعْمَةً لِلْمِسْكِيْنِ مَنْ أَدَّاهَا قَبْلَ الصَّلاَةِ فَهِيَ زَكَاةٌ مَقْبُوْلَةٌ مَنْ أَدَّاهَا بَعْدَالصَّلَاةِ فَهِيَ الصَّدَقَةٌ مِنَ الصَّدَقَاتِ

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra ia berkata: Rasulullah saw telah mewajibkan zakat fitri untuk mensucikan diri orang yang berpuasa dari perkataan yang sia-saia dan kotor serta untuk memberi makan kepada orang-orang miskin. 

Barang siapa yang menunaikannya sebelum shalat Id, maka ia adalah zakat yang diterima, dan barang siapa yang menunaikannya sesudah shalat Id, maka itu hanyalah sekedar sedekah (HR Abu Dawud, Ibnu Majah, dan al-Hakim )

Dalu - dalu, Jumat 5 April 2024


Yuk umroh bersama Azkia Group #MelayaniTamuAllahKemuliaanBagiKami Sumber FB Ustadz Abee Syareefa

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Zakat Fitrah - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®