Pentingnya Gaji Guru Menurut Pandangan Islam

Pentingnya Gaji Guru Menurut Pandangan Islam

Pentingnya Gaji Guru Menurut Pandangan Islam

Dalam pandangan Islam, guru termasuk dari orang-orang yang memiliki dampak maslahat yang dapat dirasakan oleh masyarakat umum. Oleh karena itu, mereka berhak untuk diprioritaskan dan mendapatkan tunjangan dari pemerintah, dengan harapan agar dapat lebih fokus untuk mendidik dan mencerdaskan anak bangsa, tidak lagi perlu mencari pekerjaan sampingan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Hak untuk mendapatkan tunjangan ini tidak didasari karena mereka tidak mampu dan kekurangan, melainkan karena besarnya pengaruh dan manfaat mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan anak bangsa dari kebodohan, sehingga hak tunjangan tersebut tetap dapat diberikan meskipun mereka sudah kaya dan berkecukupan. Imam Al-Ghazali menjelaskan:

Pemerintah memang harus memperhatikan keberlangsungan pendidikan termasuk dalam hal kesejahteraan guru dan peserta didiknya. Bahkan keberlangsungan pendidikan dinilai lebih penting dari militer, karena tanpa adanya pendidikan, anak akan tumbuh tanpa ilmu, dan bisa jadi mereka memiliki pemahaman yang sesat dan radikal, sehingga akan membahayakan keamanan dan dapat menggerogoti negara dari dalam.

Keputusan untuk menaikkan tunjangan gaji guru dan anggaran lainnya, tentu juga harus mempertimbangkan kebutuhan negara secara menyeluruh, seperti keamanan, kemiskinan, kesehatan dan kebutuhan-kebutuhan pokok lainnya, sehingga keputusan ini memang benar-benar memprioritaskan maslahat yang paling urgen.

Demikian pandangan Islam terkait kenaikan gaji guru. Guru adalah pahlawan bangsa. Peradaban dan masa depan negara tergantung pada keberhasilan mereka dalam mendidik murid-muridnya. Pengetahuan dan etika menjadi kunci utama keberhasilan negara di masa mendatang. Karenanya guru sangat patut untuk diperhatikan kesejahteraannya agar dapat maksimal dalam menjalankan tugasnya.

#nahdlatululama #nuonline #nuonline_id #guru #gaji #islam #infografis #infografisnuonline

Sumber FB : NU Online

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Pentingnya Gaji Guru Menurut Pandangan Islam - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®