Pertemuan Pemberi Sedekah dan Penerima Sedekah di Akhirat

Pertemuan Pemberi Sedekah dan Penerima Sedekah di Akhirat

Pertemuan Pemberi Sedekah Dan Penerima Sedekah di Akhirat

Pesantren kami, Alhamdulillah, ada saja yang digerakkan oleh Allah untuk bersedekah, baik keperluan bangunan, sembako untuk santri, hingga yang tak kalah pentingnya adalah sedekah untuk penunjang SDM para santri. Alhamdulillah, kemarin telah kami terima 3 set komputer yang akan digunakan para santri untuk ujian online maupun pelatihan lainnya.

Kepada para santri, saya kenalkan para donatur agar selalu mendoakan. Sebab jalan sedekah disebut dalam banyak hadis menjadi jalan keselamatan di akhirat, seperti hadis ada 2 orang yang satu memiliki air dan satunya kehausan. Pemilik air mengalah untuk bersedekah air kepada orang tersebut. Namun tiba-tiba di padang Mahsyar mereka dipertemukan. Pemberi sedekah yang menyapa lebih dulu:

ﻳﺎ ﻓﻼﻥ، ﺃﻣﺎ ﺗﻌﺮﻓﻨﻲ؟ " ﻗﺎﻝ: " ﻓﻴﻘﻮﻝ: ﻣﻦ ﺃﻧﺖ؟ ﻗﺎﻝ: ﺃﻧﺎ ﻓﻼﻥ اﻟﺬﻱ ﺁﺛﺮﺗﻚ ﻋﻠﻰ ﻧﻔﺴﻲ ﻳﻮﻡ اﻟﻤﻔﺎﺯﺓ ". ﻗﺎﻝ: " ﻓﻴﻘﻮﻝ: ﺑﻠﻰ. ﺃﻋﺮﻓﻚ ". ﻗﺎﻝ: " ﻓﻴﻘﻮﻝ ﻟﻠﻤﻼﺋﻜﺔ: ﻗﻔﻮا، ﻭﻳﺠﻲء ﺣﺘﻰ ﻳﻘﻒ ﻭﻳﺪﻋﻮ ﺭﺑﻪ ﻓﻴﻘﻮﻝ: ﻳﺎ ﺭﺏ، ﻗﺪ ﺗﻌﺮﻑ ﻳﺪﻩ ﻋﻨﺪﻱ، ﻭﻛﻴﻒ ﺁﺛﺮﻧﻲ ﻋﻠﻰ ﻧﻔﺴﻪ، ﻳﺎ ﺭﺏ، ﻫﺒﻪ ﻟﻲ ". ﻗﺎﻝ: " ﻓﻴﻘﻮﻝ: ﻫﻮ ﻟﻚ، ﻭﻳﺄﺧﺬ ﺑﻴﺪﻩ ﻓﻴﺪﺧﻠﻪ اﻟﺠﻨﺔ "»

"Wahai Fulan, apakah kau mengenalku? Fulan: "Siapa anda?" Ia menjawab: "Aku yang dulu memberi minum di hari kesulitan". Fulan: "Ya, aku kenal anda". Ia berkata pada malaikat: "Hentikan dulu". Ia datang berdiri dan berdoa kepada Allah: "Wahai Tuhanku. Engkau maha tahu bahwa dia punya andil dalam diriku dan telah menolongku. Terimalah wahai Tuhanku!" Allah menjawab: "Itu untukmu." Ia memegang tangannya lalu Allah masukkan ke surga" (HR Abu Ya'la dari Anas bin Malik)

Hadis ini dijadikan dalil oleh Al-Hafidz Al-Haitsami bahwa sesama Muslim yang saleh bisa saling memberi syafaat di hari kiamat. 

Tidak henti-hentinya saya haturkan Jazakumullah Khoiron Katsiron kepada para donatur. 

Sumber FB Ustadz : Ma'ruf Khozin

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Pertemuan Pemberi Sedekah dan Penerima Sedekah di Akhirat - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®