Jaga Keseimbangan, Jangan Kebablasan

Jaga Keseimbangan, Jangan Kebablasan

Jaga Keseimbangan, Jangan Kebablasan

- Hadis 

Kita ikut ulama yang membolehkan dalam mengamalkan hadis daif. Tidak sampai ekstrim melarang apapun hadis daif, atau kebablasan sehingga hadis palsu pun diterima.

Cara mendeteksi hadis, sebelum membaca hadisnya, cek dulu nama Sahabat Nabi yang meriwayatkan, juga nama perawi akhir, seperti HR Bukhari, Muslim, Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, Baihaqi, Daraquthni, Dailami, Ibnu Asakir, dan sebagainya.

Khususnya menjelang awal Rajab ini akan banyak hadis tidak jelas akan berseliweran baik keutamaan Rajab, keutamaan Puasa Rajab dan sebagainya.

- Musik

Ulama kita membolehkan musik dengan ketentuan tidak ada yang diharamkan di dalamnya, seperti mabuk, mengumbar syahwat dan lainnya. Ada yang secara tegas mengharamkan musik dan bablas bermusik apapun bentuknya 

- Kebangsaan

Status negara tidak mengharuskan nama Islam atau menggunakan sistem syariat Islam. Ada sebagian yang mewajibkan hal tersebut dan ada yang sangat anti dengan apapun yang berbau Islam.

- Tradisi

Kita menerima tradisi yang baik dan tidak bertentangan dengan hukum Agama. Ada yang sangat anti pada tradisi sehingga apapun dihukumi tasyabbuh. Ada pula yang tidak menghiraukan rambu-rambunya.

- Berat Badan

Kecuali berat badan istri. Sebab makin tinggi berat badan istri, berarti makin sukses keberhasilan suami membahagiakan istrinya... 

Sumber FB Ustadz : Ma'ruf Khozin

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Jaga Keseimbangan, Jangan Kebablasan - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®