Selamat Rabu Wekasan!

Selamat Rabu Wekasan!

Selamat Rabu Wekasan! 

Kepala saya terasa berat, leher sangat penat, pinggang pegal, apakah ini sebab menanggung ratusan ribu bala' yang katanya turun pagi ini? 

Hmmm... Sepertinya karena kemarin sejak pagi hingga jam 2 malam mengerjakan sesuatu. 😊 

Nabi kita tak suka tathayyur (mengikuti pertanda sial) dan tasya'um (meyakini sesuatu sebagai pembawa sial). Beliau sukanya tafa'ul (kata-kata positif yang diharapkan terjadi) 

أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: «لاَ طِيَرَةَ، وَخَيْرُهَا الفَأْلُ» قَالُوا: وَمَا الفَأْلُ؟ قَالَ: «الكَلِمَةُ الصَّالِحَةُ يَسْمَعُهَا أَحَدُكُمْ. رَواه البخاري 

Sesungguhnya Abu Hurairah berkata: "Saya mendengar Rasulullah shallallahu alaihi sallam bersabda:" Tidak ada pertanda sial dan yang paling baik justru Fa'l". Mereka berkata: "Apakah Fa'l itu?". Rasul bersabda: "Kalimat yang baik yang kalian dengar". (HR. Bukhari) 

Daripada meyakini hari ini  sebagai hari sial, kenapa kita tak meyakininya sebagai hari penuh berkah saja? Bukankah Allah berfirman dalam sebuah hadis qudsi:

 أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِي بِي (متفق عليه) 

"Aku sesuai persangkaan hambaku tentang diriku". 

Dalam hadis lain disebutkan bahwa hari Rabu adalah hari di mana Allah menciptakan Nur (cahaya) di alam semesta. Mungkin maksudnya pada hari Rabu ini bintang-bintang diciptakan sehingga menyinari jagad. Di hadis lainnya, seperti diriwayatkan Imam Bukhari dalam Adab al-Mufrad, justru hari Rabu adalah hari di mana doa Nabi dikabulkan setelah sebelumnya berdoa mulai senin di masjid al-Fath. Akhirnya, Sahabat Jabir bin Abdullah kalau punya perkara penting dia berdoa di hari Rabu di antara dua shalat (dhuhur dan ashar), yang dia tahu itu sebagai waktu mustajabah.

Daripada grup-grup kita dipenuhi kabar suram tentang bala' yang sebenarnya tak berdasar kecuali dari ilham beberapa tokoh, ayo bersama kita sebarkan Fa'l sebagai motivasi dan harapan. Insya Allah maqbul dan yang pasti Nabi Muhammad akan ridha. 

Loh itu tokoh sufi, ulama saleh yang mengatakan bahwa di hari Rabu Wekasan itu turun bala'! Oke, tapi bila sandarannya sama-sama ilham ulama, maka saya memilih ilham yang seperti ini:

وبلغني عن بعض الصالحين ممن لقيناه أنه قال: شكت الأربعاء إلى اللَّه سبحانه تشاؤم الناس بها فمنحها أنه ما ابتدئ بشيء فيها إلا تم. (المقاصد الحسنة في بيان كثير من الأحاديث المشتهرة على الألسنة للسخاوي) 

"Saya dengar dari sebagian ulama saleh yang kami temui, ia berkata: Hari rabu mengadu kepada Allah tentang anggapan sial orang-orang terhadapnya, maka Allah menganugerahkan bahwa apapun yang dimulai di hari Rabu, maka pasti akan sempurna". (Maqashid al-Hasanah, karya Imam Sakhawi). 

Selamat Rabu Berkah untuk semua! Jadilah bagian dari perubahan dengan menyebarkan pesan positif ini. 

Abdul Wahab Ahmad

Aswaja Center Jember.

Sumber FB  Ustadz : Abdul Wahab Ahmad

15 November 2017  · 

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Selamat Rabu Wekasan! - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®