Imam Al Bukhari dan Imam Muslim adalah Murid Ibnu Khuzaimah?

Imam Al Bukhari dan Imam Muslim adalah Murid Ibnu Khuzaimah?

IMAM AL BUKHARI DAN IMAM MUSLIM ADALAH MURID IBNU KHUZAIMAH?

Salah satu kebodohan yang sangat amat nyata dari orang bodoh salafi Wahhabi yang telah berhasil membodohi ummat adalah yang mengatakan bahwa: Imam Bukhari dan Imam Muslim merupakan hasil anak didik Ibnu Khuzaimah. Jika itu memang benar, maka silahkan bawakan kitabnya ke sini. Karena, sampai hari kiamat pun anda tidak akan pernah menemukan nya. Sebab, fakta nya adalah Ibnu Khuzaimah lah murid dari mereka berdua yaitu Imam Al Bukhari dan Imam Muslim.

1. Al Imam Al Bukhari.

Imam Al Bukhari lahir pada tahun 194 Hijriah dan wafat pada tahun 256 Hijriah.

Murid Al Imam Al Bukhari, diantaranya adalah: Muslim bin Hajjaj bin Muslim (Imam Muslim) Wafat 261 H, Abu Zur'ah Arrazi Wafat 264 H, Abu Hatim Arrazi Wafat 277 H, Imam At-Tirmidzi Wafat 279 H, Ibnu Musa Addhahak Wafat 279 H, Abdullah bin Muhammad bin Ubaid bin Sufyan Wafat 281 H, Imam Al Qabbaanii Wafat 289 H, Muhammad bin Nashr Wafat 294, Imam Al Qasim bin Zakaria bin Yahya Wafat 305 H dan Imam Ibnu Khuzaimah Wafat 311 H.

Al Imam Syamsuddin Muhammad bin Yusuf Al Kirmani (W 786 H) mengatakan:

تلاميذه: ١٠ - محمد بن إسحاق بن خزيمة صاحب الصحيح، أبو بكر ت ٣١١ هـ.

Artinya: Murid muridnya (Imam Al Bukhari) adalah : 10 : Al Imam Muhammad bin Ishaq bin Khuzaimah, pemilik kitab Assahih (Sahih Libni Khuzaimah), kunyah nya: Abu Bakar, Wafat 311 Hijriyah.

[Syarhul Kirmani Alaa Sahihil Bukhari: 1/137]

Masih dalam kitab yang sama. Sang murid Al Imam Ibnu Khuzaimah memuji kehebatan sang guru yaitu Al Imam Al Bukhari:

۲۲- قال محمد بن إسحاق بن خزيمة: ما رأيت تحت أديم السماء أعلم بحديث رسول الله ولا أحفظ له من البخاري.

Artinya: 22 - Al Imam Muhammad bin Ishaq bin Khuzaimah mengatakan: Aku belum pernah melihat orang yang paling tahu tentang ilmu hadits Rasulullah di bawah permukaan bumi dan yang sangat hafal (hadist Rasulullah) ketimbang Imam Al Bukhari.

[Syarhul Kirmani Alaa Sahihil Bukhari: 1/139]

Dari sini sudah terbongkar kebodohan mereka, bahwa imam Al Bukhari adalah guru Al Imam Ibnu Khuzaimah. Bukan, Al Imam Ibnu Khuzaimah adalah guru dari Imam Al Bukhari. Sungguh terlalu kebodohan mereka.

2. Al Imam Muslim Sahibus Sahih Muslim

Imam Muslim lahir pada tahun 204 Hijriyah. Tapi, pendapat yang paling unggul adalah beliau lahir tahun 206 Hijriah. Kemudian beliau wafat tahun 261 Hijriah. Beliau juga merupakan murid dari Al Imam Al Bukhari.

Murid yang belajar hadist kepada beliau juga tidak kalah banyak seperti murid muridnya Al Imam Al Bukhari. Diantara sebagaimana yang disebutkan oleh Al Imam Annawawi (W 676 H) mengatakan:

روى عنه أبو عيسى الترمذى ويحيى بن صاعد ومحمد بن مخلد و ابراهيم بن محمد بن صفيان الفقيه الزاهد وهو راوية صحيح سلم ومحمد بن إسحاق ابن خزيمة

Artinya: Imam Abu isa At-Tirmidzi telah meriwayatkan darinya, juga Yahya bin Sha'id, Muhammad bin Mukhallid, Ibrahim bin Muhammad bin Sofyan orang yang faqir lagi zuhud. Ia adalah periwayat sahih Muslim dan Muhammad bin Ishaq Ibnu Khuzaimah.

[Tahdzibul Asma' Wa Al Lughat: 2/90]

Al Imam Ibnu Hajar Al Asqalaani (W 852 H) mengatakan:

وأبو الفضل أحمد بن سلمة، وإبراهيم بن أبي طالب، وأبو عمرو الخفاف، وحسين بن محمد القباني، وأبو عمرو المستملي، وصالح بن محمد الحافظ، وعلي بن الحسن الهلالي، ومحمد بن عبد الوهاب القراء وهما من شيوخه وعلي بن الحسين بن الجنيد، وابن خُزيمة

Artinya: Abul Fadhl Ahmad bin Salamah, Ibrahim bin Abi Thalib, Abu Amr Al Khaffaf, Husein bin Muhammad Al Qabbaanii, Abu Amr Al Mustamli, Salih bin Muhammad Al Hafidz, Ali bin Al Husein Al Hilali, Muhammad, Muhammad bin Abdul Wahhab Al Farra', Ali bin Al Husein bin Al Junaid dan Ibnu Khuzaimah

[Tahdziibut Tahdziib: 4/67]

Dan dari sini juga kita telah tahu bahwa, murid dari imam Muslim dalam hadist adalah salah satunya merupakan Al Imam Ibnu Khuzaimah. Bukan malah dikatakan bahwa Ibnu Khuzaimah adalah guru dari imam Muslim. Ini konyol dan kocak. Jadi, Imam Muslim merupakan murid dari Imam Ibnu Khuzaimah adalah dongeng saja, cerita dusta, kebohongan dan kebodohan orang yang bodoh.

Juga dalam kitab Muqaddimah Sahih beliau sudah dijelaskan:

كما سمع من البخاري ومسلم بن الحجاج القشيري

Artinya: Sebagaimana Ibnu Khuzaimah telah mendengar (belajar ilmu hadist) dari Al Bukhari dan Muslim bin Hajjaj Al Qusyairi.

[Sahih Ibnu Khuzaimah: 1/9]

Lihat juga kitab Syakhsiyyatu Islamiyyah, halaman: 217. Dibawah ini sudah kami bawakan teksnya, tinggal terjemahkan sendiri.

تلاميذه وللإمام مسلم تلاميذ كثيرون سمعوا منه، كما في تهذيب التهذيب . منهم: أبو الفضل أحمد بن سلمة وإبراهيم بن أبي طالب وأبو عمرو الخفاف وحسين بن محمد القباني وأبـو عمرو المستملي وصالح بن محمد الحافظ وعلي بن الحسن الهلالي ومحمد بن عبد الوهاب الفراء - وهما من شيوخه - وعلي بن الحسين بن الجنيد وابن خزيمة وابن صاعد ومحمد بن عبد بن حميد وغيرهم.

-------

3. Al Imam Atthabrani. Nama Aslinya adalah Al Imam Al Hafidz Abil Qasim Sulaiman bin Ahmad Atthabrani Wafat pada tahun 360 hijriah. Beliau ulama yang memiliki umur panjang, karena beliau hidup lebih dari seratus tahun lamanya. Sebab, beliau lahir 260 Hijriah. Artinya, beliau tidak berguru Ilmi hadist Imam Al Bukhari dan Imam Muslim. Karena, kedua telah wafat sebelum Al imam Atthabrani lahir.

Imam Atthabrani pun tidak lepas dari Kebodohan salafi Wahhabi. Dikatakan dalam cerita dongeng mereka bahwa Imam Atthabrani adalah murid atau hasil didikan dari Al Imam Ibnu Khuzaimah. Tentu ini dusta. Karena, Imam Tabrani tidak pernah bertemu dengan Imam Ibnu Khuzaimah. Dan beliau tidak pernah memiliki murid yang bernama Ibnu Khuzaimah. Lantas bagaimana bisa beliau belajar ilmu hadist kepada orang orang yang tidak pernah ia temui untuk digurui?

Lihat Muqaddimah kitab hadist beliau, Al Ahaditsut Tiwal:

قال الذهبي : حدث عن ألف شيخ أو يزيدون . وقال ابن خلكان عدد شيوخه ألف شيخ . ومن هؤلاء الشيوخ :

أبو مسلم الكشي, إسحاق بن إبراهيم الدبري, بشر بن موسى الأسدي, بكر بن سهل الدمياطي, الحسين بن اسحاق التستري, زكريا بن يحيى الساجي, عبد الله أحمد بن حنبل الشيباني, عبد الله بن أحمد الجواليقي, عثمان بن عمر الضبي, علي بن عبد العزيز البغوي, الفضل بن الحباب أبو خليفة . محمد بن عبد الله الحضرمي, محمد بن عثمان بن أبي شيبة, محمد بن النضر الأزدي , مطلب بن شعيب الأزدي, معاذ بن المثنى بن معاذ العنبري .

موسى بن هارون البزاز, يحيى بن عثمان بن صالح القرشي, يوسف بن يزيد القراطيسي . يوسف بن يعقوب القاضي .

Artinya: Al Imam Addzahabi mengatakan: Imam Atthabrani telah menceritakan dari seribu guru atau lebih (guru ilmu hadist). Al Imam Ibnu Khalkan berkata: Hitungan gurunya Atthabrani adalah seribu guru.

Diantara dari gurunya adalah: Abu Muslim Al Kissyi, Ishaq bin Ibrahim Addabari, Bisyar bin Musa Al Asadi, Bakar bin Sahl Addimyati, Al Husein bin Ishaq Attustari, Zakaria bin Yahya Assaaji, Abdullah bin Ahmad bin Hanbal Assyaibani, Abdullah bin Ahmad Al Jawaliqi, Utsman bin Umar Addabbi, Ali bin Abdul Aziz Al Baghawi, Al Fadhlu bin Al Hubab Abu Khalifah, Muhammad bin Abdullah Al Hadhrami, Muhammad bin Utsman bin Abi Syaibah, Muhammad bin Annadhar Al Azdi, Muthalib bin Syu'aib Al Azdi, Ma'adz bin Al Mutsannaa bin Ma'adz Al 'Anbari, Musa bin Harun Al Bazzaz, Yahya bin Utsman bin Salih Al Qarsyi, Yusuf bin Yazid Al Qaratisi dan Yusuf bin Ya'qub Al Qadhi.

[Al Ahaditsut Tiwal: 5]

Kemana nama Ibnu Khuzaimah, kika memang beliau adalah guru dari Imam Atthabrani?. Karena, pada fakta adalah Al Imam Atthabrani tidak pernah berguru kepada Al imam Ibnu Khuzaimah.

Untuk Al Imam Ibnu Hibban dan Al Imam Ibnu 'Adii, benar. Beliau berdua adalah murid dari Imaamul Aimmah yakni Al Imam Ibnu Khuzaimah.

Jika memang ada bahwa Imam Al Bukhari dan Imam Muslim merupakan murid dari Ibnu Khuzaimah. Maka, bawakan kemari kitabnya. Kolom komentar tersedia setiap saat untuk yang bersedia menunjukkan nya.

© ID Cyber Aswaja

Oleh: M. Rofiannur Al Hamaamuh, SN, DH.

Sumber FB : ID Cyber Aswaja

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Imam Al Bukhari dan Imam Muslim adalah Murid Ibnu Khuzaimah? - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®