๐ฌ๐๐ก๐ ๐๐๐ฆ๐๐ฃ๐๐๐๐ง๐ ๐๐๐๐ข๐๐๐๐๐ก๐ก๐ฌ๐ ๐จ๐ก๐ง๐จ๐ ๐๐๐๐๐ฅ๐๐ ๐๐๐ฃ๐๐๐ ๐ ๐๐ฌ๐๐ง
Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq
Tentang memindahkan pahala kepada orang lain baik mereka yang masih hidup ataupun yang telah wafat, hukumnya ada yang boleh, ada yang tidak boleh dan ada yang diperbeda pendapatkan kebolehannya.
Dalam al Mausuโah disebutkan :
ููู ุซูุงุจ ุงููุฑุจุฉ ููุบูุฑ... ุชููุณู ุงููุฑุจุงุช ุฅูู ุซูุงุซุฉ ุฃูุณุงู : ูุณู ุญุฌุฑ ุงููู ุชุนุงูู ุนูู ุนุจุงุฏู ูู ุซูุงุจูุ ููู ูุฌุนู ููู ูููู ูุบูุฑูู ุ ูุงูุฅูู ุงู ูุงูุชูุญูุฏุ ููู ุฃุฑุงุฏ ุฃุญุฏ ุฃู ููุจ ูุฑูุจู ุงููุงูุฑ ุฅูู ุงูู ููุฏุฎู ุงูุฌูุฉ ุฏููู ูู ููู ูู ุฐูู... ููุณู ุงุชูู ุงููููุงุก ุนูู ุฃู ุงููู ุชุนุงูู ุฃุฐู ูู ููู ุซูุงุจูุ ููู ุงููุฑุจุงุช ุงูู ุงููุฉ... ููุณู ุงุฎุชูู ููู
โMemindahkan pahala ibadah kepada orang lain... Terbagi menjadi tiga bagian : Bagian pertama adalah pahala yang Allah taโala hanya berikan kepada pelakunya saja, maka ini tidak bisa dipindah/dikirimkan seperti keimanan dan tauhid.
Sehingga kalau ada seorang muslim ingin menghibahkan kepada orang kafir sebagian keimanannya, yang seperti itu tidak akan ada gunanya.
Bagian kedua adalah yang disepakati oleh para ahli fiqih bahwa Allah taโala mengizinkan seseorang untuk memindahkan atau mengirimkan sebagian pahala ibadahnya, dalam kategori ini contohnya ibadah harta.
Dan bagian ketiga adalah yang diperbeda pendapatkan boleh tidaknya dikirim pahalanya...โยน
Dan kaitannya mengirimkan pahala kepada orang yang telah meninggal dunia yang lazim dilakukan dan terus menuai pro kontra hingga hari ini, di tulisan sebelumnya telah kami jelaskan.
Dari tiga hal amal shalih yang pahalanya dikirimkan untuk mayit, ada dua yang disepakati hukum kebolehannya dan satu hal lainnya diperbeda pendapatkan. Dua hal yang ulama telah ijmaโ tentang kebolehannya adalah : Mengirim Doa Dan Pahala sedekah bagi Orang Yang Telah Meninggal Dunia.
Di tulisan bagian kedua ini, kita akan membahas secara khusus dua hal tersebut.
Berdoa dan bersedekah yang diniatkan kebaikan pahalanya untuk mayit, telah menjadi ijmaโ seluruh imam kaum muslimin dari zaman ke zaman. Dan kehujjahan Ijmaโ telah diakui oleh seluruh ulama dari berbagai madzhab, tidak ada yang mengingkari ijmaโ kecuali kelompok yang menyimpang dari kebenaran.
Al Imam Al Hafizh Al Khathib Al Baghdadi rahimahullah berkata :
โุฅุฌู ุงุน โุฃูู โุงูุงุฌุชูุงุฏ โูู โูู โุนุตุฑ โุญุฌุฉ โู ู โุญุฌุฌ โุงูุดุฑุน โูุฏููู โู ู โุฃุฏูุฉ โุงูุฃุญูุงู ุ โู ูุทูุน โุนูู โู ุบูุจู
โIjmaโ (kesepakatan) dari ahli ijtihad dalam setiap masa adalah satu di antara hujjah-hujjah syariat dan satu di antara dalil-dalil hukum yang dipastikan kebenarannya".ยฒ
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata :
ุงูุฅุฌู ุงุน โููู โู ุชูู โุนููู โุจูู โุนุงู ุฉ โุงูู ุณูู ูู โู ู โุงููููุงุก ูุงูุตูููุฉ ูุฃูู ุงูุญุฏูุซ ูุงูููุงู ูุบูุฑูู ูู ุงูุฌู ูุฉ ูุฃููุฑู ุจุนุถ ุฃูู ุงูุจุฏุน ู ู ุงูู ุนุชุฒูุฉ ูุงูุดูุนุฉ
โIjmaโ telah menjadi kesepakatan kaum muslimin, baik dari kalangan ahli fiqih, sufi, ahli hadits, dan ahli kalam, serta selain mereka secara global. Dan yang mengingkarinya hanyalah dari sebagian ahli bidโah seperti muโtazilah dan syiโah.โยณ
Imam As Sarkhasi berkata : โOrang-orang yang mengingkari keberadaan ijma sebagai hujjah, maka mereka telah membatalkan dasar-dasar agama, padalah lingkup dasar-dasar agama dan referensi umat Islam adalah ijmaโnya mereka, maka para pengingkar ijmaโ merupakan orang-orang yang merobohkan dasar-dasar agama.โโด
Diantara dalil kehujjahan Ijmaโ adalah hadits berikut ini :
ุฅููู ุงููู ููุง ููุฌูู ูุนู ุฃู ููุชูู ุนูููู ุถููุงููุฉ ููููุฏู ุงูููู ู ุน ุงูุฌู ุงุนูุฉ
โSesungguhnya Allah tidak akan mengumpulkan umatku dalam kesesatan, dan tangan Allah bersama jamaah.โ (HR. Tirmidzi )
๐๐ผ๐ฎ ๐ฑ๐ฎ๐ป ๐๐ฒ๐ฑ๐ฒ๐ธ๐ฎ๐ต ๐๐ป๐๐๐ธ ๐บ๐ฎ๐๐ถ๐ ๐ฑ๐ถ๐๐ฒ๐ฝ๐ฎ๐ธ๐ฎ๐๐ถ ๐ธ๐ฒ๐ฏ๐ผ๐น๐ฒ๐ต๐ฎ๐ป๐ป๐๐ฎ
Adapun pernyataan ijmaโ dari para ulama tentang disyariatkannya doโa dan sedekah untuk orang yang telah meninggal dunia sangatlah banyak, mencakup dari semua pendapat ulama madzhab yang empat. Berikut ini kami cantumkan sebagiannya saja :
Al imam Muslim rahimahullah :
ูุฅู โุงูุตุฏูุฉ โุชุตู โุฅูู โุงูู ูุช ูููุชูุน ุจูุงุ ุจูุง ุฎูุงู ุจูู ุงูู ุณูู ูู
โSesungguhnya sedekah akan sampai pahalanya kepada orang yang telah meninggal dan bermanfaat untuknya, tidak ada perbedaan dalam masalah ini di tengah-tengah kaum muslimin.โโต
Beliau juga berkata :
ูุฃู ุง ุงูุฏุนุงุก โููู ูุชุ ูุงูุตุฏูุฉ ุนููุ ููููุนุงูู ุจูุง ุฎูุงู.ูุณูุงุก ูู โุงูุฏุนุงุก โูุงูุตุฏูุฉุ ุงููุงุฑุซ ูุงูุฃุฌูุจู
โAdapun doโa dan sedekah untuk mayit, maka keduanya bermanfaat. Tidak ada perbedaan pendapat dalam hal ini, baik yang mendoakan atau mensedekahkan ahli warisnya ataupun orang lain.โโถ
Al Imam Ibnu Katsir Asy Syafiโi rahimahullah berkata :
โูุฃู ุง โุงูุฏุนุงุก โูุงูุตุฏูุฉ โูุฐุงู โู ุฌู ุน โุนูู โูุตูููู ุงุ โูู ูุตูุต โู ู โุงูุดุงุฑุน โุนูููู ุง
โAdapun berdoa dan bersedekah, maka keduanya telah disepakati akan sampai kepadanya (mayit), dan keduanya memiliki dasar dalam nash syariat.โโท
Imam an Nawawi Asy Syafiโi rahimahullah berkata :
โุฃู โุงูุตุฏูุฉ โุนู โุงูู ูุช โุชููุน โุงูู ูุช โููุตูู ุซูุงุจูุง ููู ูุฐูู ุจุฅุฌู ุงุน ุงูุนูู ุงุก ููุฐุง ุฃุฌู ุนูุง ุนูู ูุตูู ุงูุฏุนุงุก
โAdapun sedekah untuk mayit, maka itu akan sampai pahalanya, demikianlah menurut ijmaโ ulama sebagaimana para ulama juga ijmaโ akan sampainya doa atas mayit.โโธ
Ibnu Taimiyah al Hanbali rahimahullah :
โูุงูุฃุฆู ุฉ โุงุชูููุง โุนูู โุฃู โุงูุตุฏูุฉ โุชุตู โุฅูู โุงูู ูุช โููุฐูู โุงูุนุจุงุฏุงุช โุงูู ุงููุฉ: โูุงูุนุชู
โPara imam telah bersepakat bahwasanya sedekah akan sampai kepada mayit, demikian juga ibadah harta lainnya, seperti membebaskan budak.โโน
Imam Ibnu Qudamah al Hanbali rahimahullah berkata :
ุฃู ุง ุงูุฏุนุงุก ูุงูุงุณุชุบูุงุฑ โูุงูุตุฏูุฉ ูุฃุฏุงุก ุงููุงุฌุจุงุช ููุง ุฃุนูู ููู ุฎูุงูุง
โAdapun doโa, istighfar, sedekah, dan penunaian kewajiban (seperti nadzar dll.) maka aku tidak mengetahui adanya perbedaan pendapat tentang kebolehannya.โยนโฐ
Asy Syaikh Wahbah Zuhaili rahimahullah :
ุงุชูู ุงูุนูู ุงุก ุนูู ูุตูู ุซูุงุจ โุงูุฏุนุงุก โูุงูุตุฏูุฉ ูุงููุฏู ููู ูุช
โTelah bersepakat para ulama atas sampainya pahala doโa, sedekah dan sembelihan untuk orang yang telah meninggal dunia.โยนยน
Dan masih banyak lagi pernyataan para ulama lainnya yang menjelaskan permasalahan ini, namun kami merasa bahwa fatwa-fatwa di atas sudah sangat mencukupi, dan sebagai tambahan berikut kami sertakan fatwa dua ulama Saudi :
1. Mantan Mufti Saudi Arabia Syaikh Abdul Aziz Baz berfatwa :
ุฃู ุง ุงูุฏุนุงุก ููุฃู ูุงุช ูุงูุตุฏูุฉ ุนููู ููุฐุง ูููุนูู ุ ุงูุตุฏูุฉ ุชููุน ุงูู ูุชุ ูุงูุฏุนุงุก ูููุน ุงูู ูุช
โAda pun doโa dan bersedekah untuk orang yang telah meninggal dari mereka (orang Islam) maka semua ini bermanfaat, sedekah bermanfaat bagi mayit, demikian juga doa akan bermanfaat bagi mayit.โยนยฒ
2. Syaikh Muhammad bin Shalih โUtsaimin mengatakan :
ุงูุตุฏูุฉ ุนู ุงูู ูุช ุชููุน ุณูุงุก ุจู ุงู ุฃู ุทุนุงู ููุฏ ุซุจุช ูู ุตุญูุญ ุงูุจุฎุงุฑู
โAdapun sedekah baik dengan harta maupun makanan adalah bermanfaat bagi mayit, sebagaimana ini telah ditetapkan oleh Rasulullah dalam hadits riwayat al Bukhari...โยนยณ
๐๐ฎ๐น๐ถ๐น-๐ฑ๐ฎ๐น๐ถ๐น๐ป๐๐ฎ :
Berkata al imam Nawawi rahimahullah :
ุนู ุจุนุถ ุฃุตุญุงุจ ุงูููุงู ู ู ุฃู ุงูู ูุช ูุง ููุญูู ุจุนุฏ ู ูุชู ุซูุงุจ ููู ู ุฐูุจ ุจุงุทู ูุทุนุง ูุฎุทุฃ ุจูู ู ุฎุงูู ููุตูุต ุงููุชุงุจ ูุงูุณูุฉ ูุฅุฌู ุงุน ุงูุฃู ุฉ ููุง ุงูุชูุงุช ุฅููู ููุง ุชุนุฑูุฌ ุนููู
โTelah disebutkan adanya riwayat dari sebagian ahli kalambahwasanya orang yang telah meninggal dunia tidak akan bisa mendapatkan pahala lagi. Ini adalah pendapat kelompok batil, tanpa dalil dan salah.
Pernyataan mereka ini menentang nas-nas dalam al Qurโan dan juga dalam hadits serta kesepakatan umat. Maka jangan pernah melirik sedikitpun ke pendapat mereka.โยนโด
Dan berkata Abul Izz al Hanafi rahimahullah :
โูุฐูุจ โุจุนุถ โุฃูู โุงูุจุฏุน โู ู โุฃูู โุงูููุงู โุฅูู โุนุฏู โูุตูู โุดูุก โุงูุจุชุฉุ โูุง โุงูุฏุนุงุก โููุง โุบูุฑู. โูููููู โู ุฑุฏูุฏ โุจุงููุชุงุจ โูุงูุณูุฉ
"Dan telah diketahui adanya pendapat dari kalangan ahli bidโah yakni para mutakallimin, yang menyatakan tiada yang sampai sama sekali (amalan untuk mayit), baik itu doa ataupun amalan selainnya. Perkataan mereka ini tertolak oleh dalil-dalil kitabullah dan sunnah Rasulullah.โยนโต
Dalil-dalil yang dimaksudkan adalah :
๐. ๐๐จโ๐
Al Qurโan surah al Hasyr ayat 10 :
ุฑูุจููููุง ุงุบูููุฑู ููููุง ููููุฅูุฎูููุงููููุง ุงูููุฐูููู ุณูุจููููููุง ุจูุงููุฅููู ูุงูู
โYa Tuhan kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami.โ
ุฅุฐุง ุตูููููุชู ุนูู ุงูู ูุช ูุฃุฎูุตูุง ูู ุงูุฏุนุงุก
โJika kalian menshalatkan mayit, maka ikhlaskanlah dalam mendoakannya.โ (HR. Abu Daud)
ูุงู ุงููุจููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุฅุฐุง ููุฑุบ ู ู ุฏูู ุงูู ูููุชุ ููู ุนููู ููุงู: ุงุณุชุบูุฑูุง ูุฃุฎููู ุ ูุงุณุฃููุง ูู ุงูุชุซุจูุชูุ ูุฅูู ุงูุขู ููุณุฃู
โAdalah Nabi ๏ทบ jika selesai dari menguburkan jenazah beliau berdiri lalu bersabda : Mohonkanlah ampun untuk saudara kalian ini. Mintakan agar ia diberi kekokohan, karena ia akan ditanya.โ (HR. Abu Daud)
๐. ๐ฆ๐ฒ๐ฑ๐ฒ๐ธ๐ฎ๐ต
Hadits Bukhari dan Muslim dari โAisyah radhiallahu โAnha, ia berkata :
ุฃู ุฑุฌููุง ุฃุชู ุงููุจููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ููุงู: ูุง ุฑุณูู ุงูููุ ุฅู ุฃู ู ุงูุชูููุชูุชู ููุณููุง ููู ุชููุตูุ ูุฃุธููุง ูู ุชููููู ุช ุชุตุฏูููุชูุ ุฃูููุง ุฃุฌุฑู ุฅู ุชุตุฏููููุชู ุนููุงุ ูุงู: ูุนู
โBahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi ๏ทบ : โSesungguhnya ibuku wafat secara mendadak, aku kira dia punya wasiat untuk sedekah, lalu apakah ada pahala baginya jika aku bersedekah untuknya ? Beliau ๏ทบ menjawab : โYa.โ
ุฃูููู ุงููููุจูููู -ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู - ุณูู ูุนู ุฑูุฌููุงู ููููููู ููุจูููููู ุนููู ุดูุจูุฑูู ูุฉู. ููุงูู ู ููู ุดูุจูุฑูู ูุฉู . ููุงูู ุฃูุฎู ููู ุฃููู ููุฑููุจู ููู. ููุงูู ุญูุฌูุฌูุชู ุนููู ููููุณููู . ููุงูู ูุงู. ููุงูู ุญูุฌูู ุนููู ููููุณููู ุซูู ูู ุญูุฌูู ุนููู ุดูุจูุฑูู ูุฉู
โBahwa Nabi ๏ทบ pernah mendengar seorang laki-laki berkata: Labbaik an Syubrumah (Ya Allah, saya perkenankan perintahMu untuk si Syubrumah). Beliau ๏ทบ lalu bertanya : Siapa Syubrumah itu ?
Dia menjawab : 'Saudara saya atau teman dekat saya.' Nabi bertanya: 'Apakah engkau sudah berhaji untuk dirimu ?' Dia menjawab: 'Belum.'
Beliau ๏ทบ bersabda : 'Berhajilah untuk dirimu kemudian berhajilah untuk Syubrumah.โ (HR. Abu Daud)
Wallahu a'lam
____________
[1] Al Mausuโah Fiqhiyyah al Kuwaitiyyah (33/99)
[2] Al Faqih wal Mutafaqih (1/397)
[3] Majmuโ Fatawa (3/6)
[4] Ushul Az Zarkhasi (1/296)
[5] Shahih Muslim (1/16)
[6] Raudhatut Thalibin (6/202)
[7] Tafsir Ibnu Katsir (7/465)
[8] Syarah Shahih Muslim (7/90)
[9] Majmuโ Fatawa (24/309)
[10] Al Mughni (2/567)
[11] Fqih al Islami wa Adillatuhu (3/2095)
[12] Fatawa Nur โAla ad Darb (13/378)
[13] Fatawa Nur โAla ad Darb (9/2)
[14] Syarah Nawawi ala Muslim (1/90)
[15] Syarah โAqidah Thahawiyah (2/664)
Baca juga kajian Ustadz AST berikut :
- Hadits vs Ulama Dalam Masalah Kirim Pahala Kepada Mayit
- Yang Disepakati Kebolehannya Untuk Dikirim Kepada Mayit
- Dalil yang Sepintas Melarang Amal Untuk Mayit
- Bacaan Qur'an Untuk Mayit Apakah Bisa Sampai?
- Tahlilan Apakah Bid'ah?
Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq