Qunut Witir Di Akhir Ramadhan

Qunut Witir Di Akhir Ramadhan

๐—ค๐—จ๐—ก๐—จ๐—ง ๐—ช๐—œ๐—ง๐—œ๐—ฅ ๐——๐—œ ๐—”๐—ž๐—›๐—œ๐—ฅ ๐—ฅ๐—”๐— ๐—”๐——๐—›๐—”๐—ก

Afwan kiyai, di sebagian masjid ketika 15 Ramadhan hingga akhir, dalam shalat witir dibaca do’a qunut. Apakah ini ada dalilnya ?

Jawaban

Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq 

Mayoritas ulama berpendapat disunnahkan untuk membaca qunut di dalam shalat Witir berdasarkan dalil-dalil yang jelas tentangnya. Hanya kemudian madzhab yang empat berbeda pendapat dalam rinciannya, ada yang mensunnahkan dari awal Ramadhan, bahkan juga dalam witir di luar Ramadhan. 

Sedangkan kalangan Syafi’iyyah berpendapat kesunnahan membaca qunut ini adalah di separuh terakhir dari malam Ramadhan. (Silahkan Simak di tulisan kami sebelumnya : Qunut dalam shalat Witir)

๐—ค๐˜‚๐—ป๐˜‚๐˜ ๐˜€๐—ฒ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฟ๐˜‚๐—ต ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐—ธ๐—ต๐—ถ๐—ฟ ๐—ฅ๐—ฎ๐—บ๐—ฎ๐—ฑ๐—ต๐—ฎ๐—ป

Al imam Baihaqi rahimahullah berkata :

ู‚ุงู„ ุงู„ุดุงูุนูŠ: ‌ูˆูŠู‚ู†ุชูˆู† ‌ููŠ ‌ุงู„ูˆุชุฑ ‌ููŠ ‌ุงู„ู†ุตู ‌ุงู„ุขุฎุฑ ู…ู† ุฑู…ุถุงู†، ูˆูƒุฐู„ูƒ ูƒุงู† ูŠูุนู„ ุงุจู† ุนู…ุฑ، ูˆู…ุนุงุฐ ุงู„ู‚ุงุฑูŠ

 “Berkata Asy Syafi’i : ‘Dan berqunut di dalam shalat Witir pada pertengahan akhir bulan Ramadhan, sebagaimana yang dilakukan oleh Ibnu ‘Umar dan Mu’adz al-Qari.”[1]

Al imam Nawawi rahimahullah berkata :

ูˆูŠุณุชุญุจ ุงู„ู‚ู†ูˆุช ุนู†ุฏู†ุง ููŠ ุงู„ู†ุตู ุงู„ุฃุฎูŠุฑ ู…ู† ุดู‡ุฑ ุฑู…ุถุงู† ููŠ ุงู„ุฑูƒุนุฉ ุงู„ุฃุฎูŠุฑุฉ ู…ู† ุงู„ูˆุชุฑ، ูˆู„ู†ุง ูˆุฌู‡: ุฃู† ูŠู‚ู†ุช ููŠู‡ุง ููŠ ุฌู…ูŠุน ุดู‡ุฑ ุฑู…ุถุงู†، ูˆูˆุฌู‡ ุซุงู„ุซ: ููŠ ุฌู…ูŠุน ุงู„ุณู†ุฉ، ูˆู‡ูˆ ู…ุฐู‡ุจُ ุฃุจูŠ ุญู†ูŠูุฉ، ูˆุงู„ู…ุนุฑูˆู ู…ู† ู…ุฐู‡ุจู†ุง ู‡ูˆ ุงู„ุฃูˆّู„

  “Disunnahkan untuk berqunut di akhir witir pada separuh akhir Ramadhan dalam pandangan madzhab kami. Ada juga sebagian kalangan dari kami (Syafi’iyyah) yang berpendapat kesunnahan Qunut adalah di sepanjang Ramadhan. 

Kemudian ada pula yang berpendapat bahwa kesunnahannya di seluruh shalat sunnah. Ini adalah pendapat madzhab Abu Hanifah. Namun, yang dikenal dalam madzhab kami adalah model yang pertama, yaitu Qunut pada separuh akhir Ramadhan.”[2]

Selain dari Syafi’iyyah, sebagian ulama-ulama dari kalangan madzhab Malikiyyah dan sebuah riwayat dari imam Ahmad juga berpendapat disunnahkannya berqunut di separuh terakhir dari bulan Ramdahan.[3]

Berkata al imam Ibnu Qudamah al Hanbali rahimahullah :

ุงู„ู‚ู†ูˆุช ู…ุณู†ูˆู† ููŠ ุงู„ูˆุชุฑ ููŠ ุงู„ุฑูƒุนุฉ ุงู„ูˆุงุญุฏุฉ ููŠ ุฌู…ูŠุน ุงู„ุณู†ุฉ، ู‡ุฐุง ุงู„ู…ู†ุตูˆุต ุนู†ุฏ ุฃุตุญุงุจู†ุง، ูˆู‡ุฐุง ู‚ูˆู„ ุงุจู† ู…ุณุนูˆุฏ، ูˆุฅุจุฑุงู‡ูŠู…، ูˆุฅุณุญุงู‚، ูˆุฃุตุญุงุจ ุงู„ุฑุฃูŠ؛ ูˆุฑูˆูŠ ุฐู„ูƒ ุนู† ุงู„ุญุณู†، ูˆุนู† ุฃุญู…ุฏ ุฑูˆุงูŠุฉ ุฃุฎุฑู‰: ุฃู†ู‡ ู„ุง ูŠู‚ู†ุช ุฅู„ุงَّ ููŠ ุงู„ู†ุตู ุงู„ุฃุฎูŠุฑ ู…ู† ุฑู…ุถุงู†

“Qunut disunnahkan dalam shalat witir yang ganjil di sepanjang tahun, ini adalah pendapat resmi madzhab kami (hanbali).  Dan ini juga pendapat ibnu Mas’ud, Ibrahim an Nakha’i,  Ishaq, kalangan ahli ra’yi, dan juga diriwayatkan ini dari Hasan al Bashri. Diriwayatkan dalam sebuah riwayat lain dari imam Ahmad : Beliau tidak melakukan Qunut kecuali di separuh terakhir dari Ramadhan.”[4]

๐——๐—ฎ๐—น๐—ถ๐—น๐—ป๐˜†๐—ฎ

ุฃู† ุนู…ุฑ ุจู† ุงู„ุฎุทุงุจ ุฌู…ุน ุงู„ู†ุงุณ ุนู„ู‰ ุฃุจูŠ ุจู† ูƒุนุจ ููƒุงู† ูŠุตู„ูŠ ู„ู‡ู… ุนุดุฑูŠู† ู„ูŠู„ุฉ ูˆู„ุง ูŠู‚ู†ุช ุงู„ุง ููŠ ุงู„ู†ุตู ุงู„ุจุงู‚ู‰ ู…ู† ุฑู…ุถุงู†.

“Sesungguhnya Umar Ibn Khattab berinisiatif mengumpulkan masyarakat agar shalat tarawih bersama (dengan imam) Ubay Ibn Ka’ab, maka beliau shalat Tarawih bersama mereka selama 20 malam, dan beliau tidak berdoa qunut kecuali dalam separuh yang kedua (malam 16 Ramadhan hingga seterusnya).” (HR. Abu Dawud)

Berkata al imam Syaukani rahimahullah :

ูˆุฑูˆู‰ ุงู„ุนุฑุงู‚ูŠ ุนู† ู…ุนุงุฐ ุจู† ุงู„ุญุงุฑุซ ุงู„ุฃู†ุตุงุฑูŠ ุฃู†ู‡ ูƒุงู† ุฅุฐุง ุงู†ุชุตู ุฑู…ุถุงู† ู„ุนู† ุงู„ูƒูุฑุฉ. ู‚ุงู„: ูˆุนู† ุงู„ุญุณู†: ูƒุงู†ูˆุง ูŠู‚ู†ุชูˆู† ููŠ ุงู„ู†ุตู ุงู„ุฃุฎูŠุฑ ู…ู† ุฑู…ุถุงู†

“Dan telah meriwayatkan al Iraqi dari Mu’adz bin al Harits al Anshari radhiyallahu’anhu  bahwa beliau jika telah berada di separuh dari akhir Ramadhan (berqunut) melaknat orang-orang kafir. Al Hasan berkata : Mereka dahulu berqunut di separuh akhir dari Ramadhan.”[5]

Seorang ulama yang hidup di abad ketiga Hijriyah, Muhammad bin Ishaq al Makki mengatakan :

ูˆูƒุงู† ุฃู‡ู„ ู…ูƒุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ู‚ู†ูˆุช ‌ููŠ ‌ุงู„ูˆุชุฑ ‌ููŠ ‌ุงู„ู†ุตู ุงู„ุฃุฎูŠุฑ ู…ู† ุดู‡ุฑ ุฑู…ุถุงู†، ูˆูƒุงู†ูˆุง ูŠู‚ู†ุชูˆู† ููŠ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุตุจุญ ุฃูŠุถุง ู…ู† ุงู„ุณู†ุฉ ุฅู„ู‰ ุงู„ุณู†ุฉ، ูˆุฅู†ู…ุง ุชุฑูƒ ุฐู„ูƒ ุจู…ูƒุฉ ู…ู† ู‚ุจู„ ุงู„ูˆู„ุงุฉ ู…ู† ุฃู‡ู„ ุงู„ุนุฑุงู‚

“Dahulu penduduk Makkah berqunut di dalam shalat Witir pada separuh akhir dari bulan Ramadhan. Dan mereka juga terbiasa berqunut dalam shalat Shubuh, dan ini berlangsung bertahun-tahun, hingga kemudian hal itu ditinggalkan sebelum berkuasanya pemimpin dari Iraq.”[6]

๐Ÿ“œWallahu a’lam.

_______________

[1] Ma’rifah as Sunan wal Atsar (4/43)

[2] Al Adzkar hal. 59

[3] Al Kafi li Ibn Abdil Barr hal. 74, al Qawanin al Fiqhiyyah hal 66

[4] Al Mughni (2/580)

[5] Nail al Authar (3/55)

[6] Akhbar al Makkah (2/155) 

Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Qunut Witir Di Akhir Ramadhan - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®