Khutbah Ied Jamaah Wanita

Khutbah Ied Jamaah Wanita

KHUTBAH IED JAMAAH WANITA

Pertanyaan:

Kami para pekerja wanita di luar negeri susah mencari masjid dekat untuk melaksanakan shalat ied, selain itu pada hari ied juga kerja kami tidak libur.

Biasanya kami berkumpul sesama TKW di salah satu kediaman menyempatkan diri shalat ied berjamaah.

Yang ingin kami tanyakan apakah shalat ied kami yang semua jamaahnya wanita disunnahkan juga melakukan khutbah ? 

Jawaban:

Shalat ied yang dilakukan oleh jamaah yang semuanya wanita tidak disunnahkan adanya khutbah kecuali jika ada khotib lelaki, namun begitu kalau ada salah seorang jamaah wanita hendak menyampaikan nasihat boleh saja tapi tidak mencukupi sunnah khutbah.

Referensi:

قوله لا لمنفرد أي ولا لجماعة النساء إلا أن يخطب لهن ذكر فلو قامت واحدة منهن ووعظتهن فلا بأس ا ه برماوي (حاشية الجمل على المنهج 3/509)

Tidak ada khutbah pada shalat ied munfarid (sendiri) dan tidak juga pada jamaah yang keseluruhannya wanita kecuali jika ada khotib lelaki namun apabila ada salah seorang wanita berdiri memberi mau'idhoh maka tidak apa-apa (Hasyiyah Al Jamal Ala Syarh Manhaj 3/509) 

Sumber FB : Lembaga Bahtsul Masail NU Gresik

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Khutbah Ied Jamaah Wanita - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®