๐บ IMAM BESAR MADZHAB MALIKI MEMBAHAS SIFAT KALAM ALLAH
Seorang Al Imam sekaligus seorang Al Qadhi (hakim agung) Muhammad bin Abdillah bin Abu Bakar bin Al Araby Al Maliky menulis dalam kitabnya dalam mensyarah kitab Al Muwattha' karya Imam Malik yang diberi judul Al Masalik fi Syarhi Muwattha' Malik pada juz 3 halaman 380 menulis:
ูููู: "ุนูู ุณูุจูุนูุฉู ุฃูุญูุฑููู" ูุงูุญุฑููู ูุงููุง ูู ุงููุฑุงุกุฉ ุจุงูุฃุตูุงุชุ ููู ุถุฏู ููุงู ุงูุจุงุฑุฆ ุณุจุญุงููุ ูุฃูู ุงูุจุงุฑุฆ ููุงู ู ุงููุฏูู ุงููุฐู ูู ุตูุฉู ู ู ุตูุงุชููู ูุง ุชูููุงุฑููููุ ููุณ ูู ุจุตูููุชู ููุง ุญูุฑููู.
โPerkataannya โ ุนูู ุณูุจูุนูุฉู ุฃูุญูุฑููู โ (atas tujuh huruf-huruf). Maksudnya adalah bacaan dengan suara-suara. Adapun suara-suara itu berbeda dengan Kalam Allah Subhanah. Karena sesungguhnya Kalam Allah adalah qadim yang menjadi sifatnya dan tidak terpisah denganNya. Kalam Allah bukanlah dengan suara dan hurufโ
ููููู: "ููุงูุฑูุคูุง ู ูุง ุชููุณููุฑู ู ูููู" ุฃุถุงู ุงููุฑุงุกุฉ ูุงูุชูููุงูุฉู ููุชูุงูููุ ูุฃูููุง ุตูุฉ ููุชูุงูู ู ูุฌูุฏู ุจุฐูุงุชููุ ูุงูู ูุชูููููู ุตูุฉู ููุจุงุฑูุก ุชุนุงูู ู ูุฌูุฏู ุจุฐูุงุชูููุ ููุง ูุตุญู ูุฌูุฏ ุงูุตููููุฉู ุงูู ูุฌูุฏุฉ ุจู ูููุตูููููููุ ูู ุง ูุง ูุตุญู ูุฌูุฏ ุงูุฎูุจูุฑู ูู ุงูุฒูู ุงู ุงูููุงุญูุฏู ูู ู ูุงูููู.
โPerkataannya โููุงูุฑูุคูุง ู ูุง ุชููุณููุฑู ู ูููู โ (bacalah apa yang mudah darinya). Penyandaran bacaan dan tilawah kepada pembaca karena ia adalah sifat pembaca yang ada pada dzat dirinya. Adapun yang dibaca adalah sifat Allah Al Bari Taโala yang ada pada Dzat-Nya. Tidak benar jika adanya sifat yang ada itu disifati dengan dua sifat sebagaimana tidak benar adanya khobar pada satu jaman didalam dua tempatโ
ูุงูุซูุงูู: ุฃูู ุงูุชูููุงูุฉู ุญุงุฏุซุฉูุ ูุฃูููุง ุฃุตูุงุช ู ูุชูุฌูุฏููุฏูุฉูุ ูุงูู ูุชูููููู ูุฏูู ู ูุณุชุญููู ุชุฌุฏูุฏููู.
โKedua: Sesungguhnya bacaan adalah baharu karena ia adalah suara-suara yang terbaharukan. Adapun yang dibaca adalah qadim yang mustahil untuk terbaharukan.
ูุงูุซูุงูุซ: ุฃูู ุงูุชูููุงูุฉู ุชูุนูุฏูู ู ุจุณููุชู ุงูุชูุงููููู ูุนูุฏูู ูููู ูุ ูุงูู ูุชูููููู ูุฏูู ู ูุฏ ุซุจุชู ููุฏูู ููู ููุณุชุญููู ุนูุฏูู ูู.
โKetiga: sesungguhnya bacaan menjadi hilang dengan diamnya para pembaca dan ketiadaan mereka. Adapun yang dibaca adalah qadim dan sifat qadimnya telah pasti maka mustahil ketiadaannyaโ
ูุงูุฑูุงุจุน: ุฃูู ุงูุชูููุงูุฉู ุชุฒูุฏู ุจุฒูุงุฏุฉู ุงูููุฑููุงุกู ูุชููุตู ุจููุตุงููููู ูุ ูุงูู ูุชูููููู ุตูููุฉู ูุงุญุฏุฉู ูุง ูุตุญ ูููุง ุฒูุงุฏุฉ ููุง ููุตุงู.
โKeempat: Sesungguhnya bacaan itu bertambah dengan bertambahnya para pembaca dan berkurang dengan kurangnya mereka. Adapun yang dibaca adalah satu dan tidak sah akan adanya tambahan dan pengurangan didalamnyaโ
ุงูุฎุงู ุณ: ุฃูู ุงูุชูููุงูุฉู ุชุฑุฌุนู ุฅูู ุงูุฃุตูุงุช -ุฃุนูู ุฃุตูุงุช ุงูููุฑููุงุกู ุฃู ููุบูู ูุงุชูููู ุงููุชู ุชูุนู ุจููุณูุจูููู ุ ููุณูุชุทูุงุจู ู ู ุจุนุถูู - ูุชููุตู ุจุงูุฌูููุฑู ูุงูุฅุฎูููุงุกู ูุงูุณููุฑุนูุฉู ูุงูุงุจูุทูุงุกูุ ูุงููููุญููู ูุงูุฅุนุฑุงุจุ ูุงูุฎูุทูุฅู ูุงูุตูููุงุจ. ูุงูู ูุชููููู ูุง ููููุนูุชู ุจุดูุกู ู ู ุฐูู ููููู.
โKelima: Sesungguhnya bacaan itu kembali pada suara-suara, maksud saya suara-suara para pembaca atau langgam mereka yang terjadi atas perbuatan mereka dan menarik dari sebagian mereka. Disifati dengan keras dan samar, cepat dan pelan, fales dan beriโrob, salah dan benar. Adapun yang dibaca tidaklah disifati dengan satu sifatpun dari sifat-sifat itu semuanya.โ
ุงูุณูุงุฏุณ: ุฃูู ุงูู ูุชูููููู ุงูู ูุฌูุฏ ุจุฐูุงุชูู ูู ุตุญูู ูุฌูุฏู ุจุฐูููุงุชู ุฎููููููุ ูููุฌูุจู ุงููููู ุจุงูุชูุงููุ ูุฐูู ููุคูุฏููู ุฅูู ููุนู ู ู ุงูู ูุญูุงูู ูุฃุฌูุงุณู ู ู ุงูููููุฑู ูุงูุถูููุงู:
โKeenam: Sesungguhnya AL MATLUW (yang dibaca) itu BERADA PADA DZAT ALLAH. Seandainya benar bahwa yang dibaca berada pada dzat-dzat makhlukNya maka hal itu telah memastikan munculnya pendapat tentang perpindahan Al Matluw (yang dibaca). Dan hal itu mengarah pada cabang dari kemustahilan serta termasuk jenis-jenis kekafiran dan kesesatan, yaitu:
ุฃุญุฏูุง: ุฎูููููู ุฐูุงุชูู ู ู ุงูููุงู ุฅูู ุถูุฏููู
โKesatu dari kekafiran: Bebas (bolehnya) Dzat Allah dari sifat kalam kepada kalam yang berbeda dengan KalamNyaโ
ุงูุซูุงูู: ุฌูุงุฒู ุงูุชูุงูู ุนูููู ูู ูุญู
โKedua dari kekafiran: Memperbolehkan adanya perpindahan sifat ilmuNya, sifat HidupNya, sifat QudratNya dan semua sifat-sifatNyaโ
ุงูุซูุงูุซ: ููุจูููู ุฐุงุชู ูููุงู ู ููุญูููุงุฏูุซู.
โKetiga dari kekafiran: Sifat KalamNya akan menerima perkara-perkara yang baharuโ
ุงูุฑูุงุจุน: ุชุตุญูุญู ูููู ุงูุญููููููููุฉ ูููู ุงูููุตุงุฑู ุจุงุชููุญุงุฏ ุงูููููู ูุฉู.
โKeempat dari kekafiran: Akan membenarkan pendapat kelompok hululiyyah dan pendapat kaum Nasrani yang meyakini akan bersatunya Kalam Allah (dengan makhluk)โ
ุงูุฎุงู ุณ: ุงููููู ุจุงููููุตูุงูู ุงูุตูููุงุช ุจุดูุทูุฑู ู ู ุงูุนูููู ุจุญูุฏููุซู ุงูุนูุงููู ู ูุซุจูุช ู ูุญูุฏุซู. ููุฐุง ููููู ูุชุนุงูู ุงูููู ุนูู
โKelima dari kekafiran: Munculnya pendapat akan terpisahnya sifat-sifat dengan sebagian dari ilmu terhadap baharunya alam dan tetapnya perkara baharu.
Dan Allah maha tinggi (disucikan) atas semua iniโ
Baca juga kajian ulama tentang mazhab berikut :
- Makna dzahir Yad, Rijl, Wajh dan Saq Menurut Imam Ahmad
- Aktivitas Mencampur Pendapat Antara Madzhab
- Bidah Versi Salafi Mengambil Dari Mazhab Maliki?
- Bingung Di Saat Harusnya Senang
- Hal-hal yang Menyelisihi Empat Madzhab
Sumber FB Ustadz : Saiful Anwar