[Ibnu Taimiyyah Memotong Pernyataan Syeikh Abdul Qadir al-Jilani tentang Makna Istiwa’, Benarkah?]
Namanya saja mengaku. Mengaku kajian fiqih Syafi’i, yang dibaca juga kitab syafi’iyyah. Isi kajiannya malah melemah-lemahkan pendapat Syafi’iyyah. Sampai bilang kalo orang Indonesia itu bukan mazhab Syafi’i, hanya Syafi’iyyah. Padahal ustadznya tak pernah belajar kepada guru yang bermadzhab Syafi’i.
Mengaku pesantren namanya Imam Syafi’i, Imam Ibnu Hajar. Tapi shubuhnya tidak qunut bahkan dianggap bid’ah.
Nah, sekarang ini Syeikh Abdul Qadir al-Jilani. Orang Indonesia yang sudah lama membaca manaqibnya, di Indonesia sendiri ada Thariqah Qadiriyah Naqsabandiyah, ada yang mengaku jika aqidahnya Syeikh Abdul Qadir al-Jilani ini lebih mirip aqidah mereka, daripada yang sudah lama mengamalkan thariqahnya.
Sah-sah saja mengaku. Cuma saya tak yakin, Syeikh Abdul Qadir al-Jilani ini selamat dari celaan dari mereka yang mengaku itu. Kita akan lihat.
Mohon maaf sebelumnya, bahasa arabnya saya artikan seperlunya saja.
::: Memotong Pernyataan Hanya Sampai Istiwa’ Dzat ala al-Arsy :::
Pada kesempatan ini saya coba menelusuri satu hal tentang aqidah dari Syeikh Abdul Qadir al-Jilani, yaitu tentang istiwa’.
Setidaknya kita akan bandingkan aqidahnya Syeikh Abdul Qadir al-Jilani dengan pendapat dari Syeikh Ibnu Taimiyyah (w. 728 H), yang saya anggap cukup mewakili ulama yang menjadi panutan dari mereka yang mengaku itu.
Oh, iya. Syeikh Abdul Qadir al-Jilani ini lahir di Jilan tahun 470 H kemudian pindah ke Baghdad. Sampai wafat disana tahun 561 H.
Sedangkan Ibnu Taimiyyah lahir di Harran tahun 661 H, kemudian pindah ke Damaskus. Sampai wafat disana tahun 728 H. Keduanya secara fiqih sama-sama mazhab Hanbali.
Dalam kitab Majmu’ al-Fatawa, Seyikh Ibnu Taimiyyah (w. 728 H), setidaknya 3 kali menyitir pernyataan dari Syeikh Abdul Qadir al-Jilani tentang istiwa’.
Pertama, dalam juz 3 halaman 222 dari cetakan Majma Malik Fahd versi Maktabah Syamilah:
وقال الشيخ عبد القادر في " الغنية "... إلى أن قال: وينبغي إطلاق صفة الاستواء من غير تأويل وأنه استواء الذات على العرش. قال: وكونه على العرش في كل كتاب أنزل على كل نبي أرسل بلا تكييف[1]
Coba perhatikan: Syeikh Ibnu Taimiyyah (w. 728 H) menyitir (وأنه استواء الذات على العرش. قال: وكونه على العرش).
Kedua, dalam juz 3 halaman 265 dari cetakan Majma Malik Fahd versi Maktabah Syamilah:
وقال الشيخ العارف أبو محمد عبد القادر بن أبي صالح الكيلاني في كتاب " الغنية " له: ... إلى أن قال: وينبغي إطلاق صفة الاستواء من غير تأويل وأنه استواء الذات على العرش. قال وكونه على العرش مذكور في كل كتاب أنزل على نبي أرسل بلا كيف[2]
Coba perhatikan: Syeikh Ibnu Taimiyyah (w. 728 H) menyitir (وأنه استواء الذات على العرش. قال وكونه على العرش).
Ketiga, dalam juz 5 halaman 85 dari cetakan Majma Malik Fahd versi Maktabah Syamilah:
ومن متأخريهم الشيخ الإمام أبو محمد عبد القادر بن أبي صالح الجيلاني " قال في كتاب " الغنية ":... إلى أن قال: وينبغي إطلاق صفة الاستواء من غير تأويل وأنه استواء الذات على العرش (قال: وكونه على العرش:...[3]
Coba perhatikan: Syeikh Ibnu Taimiyyah (w. 728 H) menyitir 🙂 وينبغي إطلاق صفة الاستواء من غير تأويل وأنه استواء الذات على العرش (قال: وكونه على العرش).
Dalam 3 kali kesempatan, Syeikh Ibnu Taimiyyah (w. 728 H) menyitir istiwa’ dzat saja, tanpa melanjutkan dari pernyataan asli Syeikh Abdul Qadir al-Jilani. Syeikh Ibnu Taimiyyah (w. 728 H) langsung berbicara hal lain.
Padahal dalam pernyataan aslinya, ada lanjutan yang sangat penting yang menjelaskan maksud dari Syeikh Abdul Qadir al-Jilani itu sendiri. Kita baca pernyataan lengkap dari Syeikh Abdul Qadir al-Jilani sendiri.
::: Lanjutan dalam al-Ghunyah :::
Inilah lanjutan dari apa yang disitir oleh Syeikh Ibnu Taimiyyah (w. 728 H):
وينبغي إطلاق صفة الاستواء من غير تأويل، وأنه استواء الذات على العرش لا على معنى القعود والمماسة كما قالت المجسمة والكرامية، ولا على معنى العلو والرفعة كما قالت الأشعرية، ولا على معنى الاستيلاء والغلبة كما قالت المعتزلة، لأن الشرع لم يرد بذلك، ولا نقل عن أحد من الصحابة والتابعين من السلف الصالح من أصحاب الحديث، بل المنقول عنهم حمله على الإطلاق.[4]
Perhatikan: Setelah Syeikh Abdul Qadir menyebutkan istiwa’ dzat, beliau melanjutkan:
“… tidak bermakna duduk atau menyentuh Arasy seperti pendapat Mujassimah dan Karramiyah. Tidak juga bermakna ‘uluw atau ketinggian seperti dikatakan Asya’irah. Tidak juga bermakna menguasai atau mengalahkan seperti dikatakan Mu’tazilah…”
Inilah yang tidak ditampilkan dalam Fatwanya Syeikh Ibnu Taimiyyah (w. 728 H).
Menurut saya, justru pernyataan itu sangat penting untuk mengetahui secara utuh akidah dari Syeikh Abdul Qadir al-Jilani. Sayangnya pernyataan lanjutan itu tak ditampilkan oleh Syeikh Ibnu Taimiyyah (w. 728 H). Sengaja atau tidak? Wallahua'lam.
::: Mana Bedanya Antara Ibnu Taimiyyah dan Syeikh Abdul Qadir al-Jilani? :::
Lantas mana bedanya antara Syeikh Abdul Qadir al-Jilani dan Syeikh Ibnu Taimiyyah? Kita akan bandingkan.
Pertama, Syeikh Ibnu Taimiyyah: Istiwa’ Makna Duduk, Syeikh Abdul Qadir al-Jilani Tidak.
Syeikh Ibnu Taimiyyah (w. 728 H) tak mengingkari makna duduk dari kata istiwa’. Beliau menganggap duduknya mayyit di kuburan saja tidak seperti duduknya badan manusia. Maka, ketika memaknai istiwa’ Allah dengan duduk itu tidak berarti tasybih. Sebagaimana lengkapnya pernyataan beliau:
وإذا كان قعود الميت في قبره ليس هو مثل قعود البدن فما جاءت به الآثار عن النبي صلى الله عليه وسلم من لفظ " القعود والجلوس " في حق الله تعالى كحديث جعفر بن أبي طالب رضي الله عنه وحديث عمر بن الخطاب رضي الله عنه وغيرهما أولى أن لا يماثل صفات أجسام العباد.[5]
Sedangkan Syeikh Abdul Qadir al-Jilani sendiri dari pernyataan yang tak ditampilkan oleh Syeikh Ibnu Taimiyyah menyebutkan:
وأنه استواء الذات على العرش لا على معنى القعود والمماسة كما قالت المجسمة والكرامية...[6]
Perhatikan: Istiwa’ tidak bermakna duduk…
Nah, Syeikh Ibnu Taimiyyah tidak menampilkan pernyataan Syeikh Abdul Qadir al-Jilani tentang istiwa’ itu bukan makna duduk.
Kedua, Ibnu Taimiyyah: Istiwa Makna Uluw, Syeikh Abdul Qadir al-Jilani Tidak.
Dalam kesempatan lain, dan ini pendapat yang lebih masyhur dipilih oleh Syeikh Ibnu Taimiyyah (w. 728 H) bahwa istiwa’ itu bisa bermakna uluw, sebagaimana pernyataan-pernyataan berikut:
اعلم أن الله سبحانه وتعالى في السماء فوق كل شيء على عرشه بمعنى أنه عالٍ عليه ومعنى الاستواء الاعتلاء.[7]
ثم السلف متفقون على تفسيره بما هو مذهب أهل السنة. قال بعضهم: ارتفع على العرش علا على العرش.[8]
كذلك يعلمون معنى الاستواء على العرش. وأنه يتضمن علو الرب على عرشه وارتفاعه عليه كما فسره بذلك السلف قبلهم[9]
Padahal Syekh Abdul Qadir al-Jilani (w. 561 H) menyebutkan:
وأنه استواء الذات على العرش... ولا على معنى العلو والرفعة كما قالت الأشعرية...[10]
Kira-kira sama atau beda? Tentu dalam kesempatan kali ini saya tidak dalam rangka menghakimi mana yang benar dan salah, hanya coba membandingkan saja.
Oh, iya. Tadi saya sebutkan bahwa saya tak yakin Syeikh Abdul Qadir al-Jilani ini selamat dari celaan orang yang mengaku itu.
Setidaknya ini dari kitab yang ditulis oleh Abu Sahal Muhammad bin Abdurrahman al-Maghrawi; salah seorang salafi dari Maroko yang termasuk murid dari Albani dan Bin Baz.
dalam bukunya Mausuah Mawaqif as-Salaf fi al-Aqidah wa al-Manhaj wa at-Tarbiyah, (Kairo: al-Maktabah al-Islamiyyah, t.t), juz 7, hal. 168 beliau sebutkan:
عبد القادر الجيلي (561 هـ) هذا الرجل كان من الحنابلة المشهورين، لكنه تأثر بالفكر الصوفي المنحرف فخرج عن تمسكه بالسنة إلى الابتداع في دين الله، وذكر كلاما في كتابه 'الغنية' يشمئز منه السلفي
Abdul Qadir al-Jili (w. 561 H) ini seorang hanabilah yang masyhur, tapi terpengaruh sufi yang sesat. Maka dia keluar dari memegang sunnah kepada bid'ah dalam agama Allah. Dia berbicara dalam kitabnya al-Ghunyah ungkapan yang membuat jijik salafi.
Nah, antum mau ikut akidahnya siapa? Syeikh Abdul Qadir al-Jilani atau Syeikh Ibnu Taimiyyah?
Atau tambah bingung?
[1] Ibnu Taimiyyah (w. 728 H), Majmu’ al-Fatawa, (Riyadh: Majma al-Malik Fahd, 1416 H), juz 3, hal. 222
[2] Ibnu Taimiyyah (w. 728 H), Majmu’ al-Fatawa, (Riyadh: Majma al-Malik Fahd, 1416 H), juz 3, hal. 265
[3] Ibnu Taimiyyah (w. 728 H), Majmu’ al-Fatawa, (Riyadh: Majma al-Malik Fahd, 1416 H), juz 5, hal. 85
[4] Abdul Qadir bin Musa al-Jailani (w. 561 H), al-Ghunyah li Thalib Thariq al-Haq, (Baerut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1417 H), juz 1, hal. 91
[5] Ibnu Taimiyyah (w. 728 H), Majmu’ al-Fatawa, (Riyadh: Majma al-Malik Fahd, 1416 H), juz 5, hal. 527
[6] Abdul Qadir bin Musa al-Jailani (w. 561 H), al-Ghunyah li Thalib Thariq al-Haq, (Baerut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1417 H), juz 1, hal. 91
[7] Ibnu Taimiyyah (w. 728 H), Bayan Talbis al-Jahmiyyahfi Ta’sis Bida’ihim al-Kalamiyyah, (Riyadh: Majma Malik Fahd, 1426 H), juz 4, hal. 287
[8] Ibnu Taimiyyah (w. 728 H), Majmu’ al-Fatawa, (Riyadh: Majma al-Malik Fahd, 1416 H), juz 13, hal. 310
[9] Ibnu Taimiyyah (w. 728 H), Majmu’ al-Fatawa, (Riyadh: Majma al-Malik Fahd, 1416 H), juz 17, hal. 374
[10] Abdul Qadir bin Musa al-Jailani (w. 561 H), al-Ghunyah li Thalib Thariq al-Haq, (Baerut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1417 H), juz 1, hal. 91
Sumber FB Ustadz : Hanif Luthfi
13 Oktober 2021·
tambahan dari status Ustadz Abdul Wahab Ahmad :
Bukan hanya pengikutnya yang suka mendistorsi, panutannya juga sama.
Melengkapi catatan ini, syaikh Abdul Qadir penganut tafwidh murni sehingga beliau tidak menerjemah atau mengartikan istawa dengan makna apa pun. Bahkan makna uluw pun beliau tolak. Dan yang memaknai istawa sebagai uluw itu bukan hanya Asya'irah, tapi juga Taymiyun pengaku-ngaku salafi.
Abdul Wahab Ahmad
13 Oktober 2021·