Suwuk, Tabarruk, Tawassul dan Tafa'ul Semuanya Legal dan Sah
Dalam kitab Al muwattha' karya Imam Malik (no. 1710) "Dari Ibnu Syihab, dari Urwah ibn Az Zubair, dari Aisyah, Bahwa jika Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam mengeluhkan rasa sakit maka beliau menyuwuk dirinya dg membaca Al mu'awwidzatain, lalu meniupkannya. Ketika sakitnya semakin parah maka akulah yg membacanya, lalu aku mengusapkannya dg tangan kanan beliau sambil berharap kebekahannya".
جَاءَ فِي مُوَطَّأ الإِمَام مَالِك : ((عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ، عَنْ عَائِشَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ [وَآلِهِ] وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا اشْتَكَى يَقْرَأُ عَلَى نَفْسِهِ بِالْمُعَوِّذَاتِ وَيَنْفِثُ، قَالَتْ: "فَلَمَّا اشْتَدَّ وَجَعُهُ، كُنْتُ أَنَا أَقْرَأُ عَلَيْهِ، وَأَمْسَحُ عَلَيْهِ بِيَمِينِهِ رَجَاءَ بَرَكَتِهَا"))
Mengomentari hadits ini Al hafidz Ibnu Abdil Bar Al Maliki (w. 463) berkata,
"Dalam hadits ini terdapat;
- bolehnya suwuk dg bacaan Al Qur'an. Semisal dg Al Qur'an adalah setiap bacaan dzikir boleh untuk menyuwuk.
-bolehnya meniupkan suwuk dan bertabarruk dengan tiupan.
- bolehnya memgusapkan tangan saat proses menyuwuk. Termasuk di dalamnya adalah mengusapkan tangan pada segala hal yg berbarokah dan ada kebaikannya, seperti mengusap kepala anak yatim.
- bolehnya bertabarruk dg keimanan orang-orang shalih, seperti halnya Siti Aisyah dg menggunakan tangan Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam.
- bertabarruk dg tangan kanan, tdk dg tangan kiri.
- ini semua tujuannya adalah Tafa'ul (berharap kebaikan).
(At Tamhid, Ibnu Abdil bar : VIII / 129. Cet. Kemenag Maroko)
قَالَ الْحَافِظ ابْنُ عَبْد البَّر الْمَالِكِي فِي فَوَائِد الْحَدِيث: ((وَفِيهِ الرُّقَى بِالْقُرْآنِ، وَفِي مَعْنَاهُ: كُلُّ ذِكْرٍ لِلَّهِ جَائِزٌ الْرُّقْيَةُ بِهِ. وَفِيهِ إِبَاحَةُ النَّفْثِ فِي الرُّقَى وَالتَّبَرُّكِ بِهِ. وَالْنَّفْثُ شِبْهُ الْبَصْقِ، وَلَا يُلْقِي الْنَّافِثُ شَيْئًا مِنَ الْبُصَاقِ، وَقِيلَ كَمَا يَنْفُثُ آكِلُ الزَّبِيبِ. وَفِيهِ الْمَسْحُ بِالْيَدِ عِنْدَ الرُّقْيَةِ، وَفِي مَعْنَاهُ: الْمَسْحُ بِالْيَدِ عَلَى كُلِّ مَا تُرْجَى بَرَكَتُهُ وَشِفَاؤُهُ وَخَيْرُهُ مِثْلَ الْمَسْحِ عَلَى رَأْسِ الْيَتِيمِ وَشِبْهِهِ. وَفِيهِ الْتَّبَرُّكُ بِإِيمَانِ الْصَّالِحِينَ قِيَاسًا عَلَى مَا صَنَعَتْ عَائِشَةُ بِيَدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ [وَآلِهِ] وَسَلَّمَ، وَفِيهِ الْتَّبَرُّكُ بِالْيُمْنَى دُونَ الْشِّمَالِ وَتَفْضِيلُهَا عَلَيْهَا، وَفِي ذَلِكَ مَعْنَى الْفَأْلِ))
Sumber FB Ustadz : Fathoni Muhammad
18 September 2021