Syarat Tayammum Menurut Mazhab Syafi'i
ذكر الشافعية عشرة شروط للتيمم هي ما يأتي (١):
Mazhab Syafi'i menyebutkan 10 syarat tayammum
١ - أن يكون بتراب على أي لون كان كالمدر والسبخ (٢) الذي عليه غبار وغيرهما، حتى ما يداوى به كالطين الأرمني إذا سحق، وحتى غبار رمل خشن أو ناعم، لا مشوي بقي اسمه وزال غباره.
Tayammum harus pakai tanah, meski dengan bermacam warnanya, sepert lumpur yang mengandung debu, hingga yang biasa digunakan untuk berobat seperti tanah liat armania yang telah hancur, termasuk debu pasir yang kasar atau halus.
٢ - وأن يكون طاهرًا، لقوله تعالى: ﴿صعيدًا طيبًا﴾ [المائدة:٦/ ٥]، قال ابن عباس: ترابًا طاهرًا.
Tanahnya harus suci berdasrkan firman Allah : Tanah yang Suci, sebagaimana pendapat Ibn Abbas : tanah yang suci
٣ - ألا يكون مستعملًا كالماء: وهوما بقي بمحل التيمم أو تناثر بعد مسه العضو حالة التيمم، في الأصح.
Tidak boleh pakai tanah 'musta'mal', yaitu tanah yang sudah digunakan untuk bertayammum juga. Atau yang berjatuhan di atasnya tanah bekas tayamum.
٤ - ألا يخالطه دقيق ونحوه كزعفران وجص، لمنعه وصول التراب إلى العضو.
Tanahnya tidak boleh bercampur dengan tepung dan semacamnya, za'faran atau gipsum, karena campuran itu akan mencegah tanah terkena anggota tayammum.
٥ - أن يقصده، فلو سَفَتْه (ألقته) ريح عليه، فردده على أعضاء التيمم، ونوى، لم يجزئ، لأنه لم يقصد التراب بنقله إليه، وإنما التراب أتاه. لكن لو يُمم بغيره بإذنه، جاز.
Harus 'bermaksud' (yaitu aktif menepuk tanah). Bila sekedar terkena angin yang berdebu, lalu digoyang-goyangkan anggota tayammum, belum sah hukumnya. Karean belum masuk kategori al-qashdu. Namun kalau ditayammumkan orang lain dengan izinnya, boleh hukumnya.
٦ - أن يمسح وجهه ويديه بضربتين، وإن أمكن بضربة بخرقة ونحوها.
Harus mengusap wajah dan kedua tangan dengan dua kali tepukan.
٧ - أن يزيل النجاسة أولًا، فلو تيمم قبل إزالتها، لم يجز على المعتمد، لأن التيمم للإباحة، ولا إباحة مع المانع، فأشبه التيمم قبل الوقت.
Harus menghilangkan najis di badan terlebih dahulu sebelum bertayammum. Kalau tayammum duluan baru hilangkan najis, maka tayammumnya tidak sah menurut pendapat yang muktamad. Karena tayammum itu untuk 'membolehkan'. Dan tidak ada cerita 'membolehkan' kalau masih ada mani' (penghalan). Jadi kasusnya mirip bertayammum sebelum masuk waktu shalat (tidak sah).
٨ - أن يجتهد في القبلة قبل التيمم، فلو تيمم قبل الاجتهاد فيها، لم يصح على الأوجه.
Harus berijtihad mencari arah kiblat dulu sebelum bertayammum. Bila bertaymmum sebelum menemukan arah kiblat, tayammumnya tidak sah, menurut beberapa pendapat yang kuat.
٩ - أن يقع التيمم بعد دخول الوقت، لأنه طهارة ضرورة، ولا ضرورة قبله، فيتيمم للنافلة المطلقة فيما عدا وقت الكراهة، وللصلاة على الميت بعد طهره، وللاستسقاء بعد تجمع الناس، وللفائتة بعد تذكرها.
Bertayammum setelah masuk waktu shalat, karena merupakan thaharah darurat. Tidak ada kedaruratan sebelum masuknya waktu. Baru boleh tayammum untuk shalat sunnah manakala sudah lewat waktu karahah. Baru boleh tayammum untuk shalat jenazah, kalau jenazahnya sudah dimandikan. Baru bisa tayammum unuk shalat istisqa, kalau orang-orang sudah kumpul di lapangan. Dan baru boleh tayammum bagi orang yang mau qadha' shalat ketika sudah ingat.
١٠ - أن يتيمم لكل فرض عيني؛ لأن التيمم طهارة ضرورة، فيقدر بقدرها.
Bertayammum sekali untuk setiap shalat fardhu ain. Karena tayammum merupakan thaharah dharurat, maka diukur berdasarkan kadarnya.
(١) المهذب:٣٢/ ١ - ٣٤، مغني المحتاج:٩٦/ ١ - ٩٩، الحضرمية: ص٢٦.
(٢) السبخ بكسر الباء: هو ما لا ينبت، إذا لم يعله الملح، فإن علاه لم يصح التيمم به
الفِقْهُ الإسلاميُّ وأدلَّتُهُ (المؤلف: أ. د. وَهْبَة بن مصطفى الزُّحَيْلِيّ) ١ : ٥٩٩
Baca juga kajian ulama tentang mazhab berikut :
- Mazhab Fikih Tidak Sesuai Hadis Nabi?
- Mazhab Sunnah ad Dariny
- Pilih Hadis Apa Mazhab?
- Memilih Pendapat Imam Mazhab atau Hadits Shahih
- Mengkuti Pendapat Ulama Madzhab
Sumber FB : Ahmad Sarwat
26 Desember 2020 pada 20.07 ·