Fiqih, Khazanah Islam Terbesar

Fiqih, Khazanah Islam Terbesar - Artikel Kajian Islam Tarakan
FIQIH ; KHAZANAH ISLAM TERBESAR 

🔹sepanjang sejarah kemanusiaan, tidak ada satupun cabang ilmu yg begitu banyak melahirkan ahli dan meninggalkan karangan sebanyak fiqih.

🔹 Dibandingkan dengan cabang ilmu manapun dalam islam, seperti Aqidah, Ahlaq, Hadits, Tafsir, Bahasa Arab, dll, Fiqih menempati porsi terbesar.

🔹 Fiqih menjadi tolak ukur kepahaman seseorang terhadap Islam, ketika disebut ulama, pasti identik dengan kemampuan dan kepahaman seseorang terhadap ilmu fiqih.

🔹 Setelah pokok akidah Islamiyah,  Fiqih menjadi ilmu yang wajib untuk dikuasai. Seorang muslim mungkin  ada yang tidak menguasai ilmu hadits, bahasa arab, bahkan tidak bisa membaca al quran. Tp akan sangat berbahaya bila tidak menguasai ilmu fiqih, yg terkait kewajibannya. Minimal masalah thaharah, shalat, puasa dan semisalnya.

🔹Tidak ada satupun  permasalahan yang luput dari pembahasan fiqih. Mulai dari masalah terkecil sampai masalah terbesar, dari urusan individu sampai urusan negara.

🔹Fiqih melahirkan  cabang -cabang ilmu dan mazhab -mazhab dgn sistem dan kaidah yg dibangun sangat mengagumkan. Terus berkembang sepanjang  waktu hingga hari ini.

*

"Barangsiapa yang oleh Allah dikehendaki kebaikan kepadanya, maka akan dijadikan dia faqih dalam agama." (Al Hadits)

Semoga bermanfaat.©️AST

Sumber : WAG Subulana I

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Fiqih, Khazanah Islam Terbesar - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®