Salat Sunah Malam Saat Tahajjud Ramadan Bidah?

Salat Sunah Malam Saat Tahajjud Ramadan Bidah?

Salat Sunah Malam Saat Tahajjud Ramadan Bidah?

Dugaan saya salah. Dulu saya mengira persoalan minimnya bacaan referensi dan missqueen literatur cuma dialami oleh ustaz-ustaz Salafi generasi akhir. Ternyata sesepuh mereka juga tidak ketinggalan. 

Ustaz sepuh di meme ini membidahkan salat sunah tambahan di malam hari setelah tidur untuk Tahajjud. Eeee ternyata beliau taklid sama Syekh Albani:

(ﺻﻼﺓ التهجد ﺍﻟﺘﻲ ﺗﻘﺎﻡ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺴﺎﺟﺪ ﺑﻌﺪ منتصف الليل ﺑﺪﻋﺔ ﻻ ﺃﺻﻞ ﻟﻬﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﺸﺮﻉ)

Salat Tahajjud yang dilakukan di Masjid setelah tengah malam adalah bidah. Tidak ada dasarnya dalam syariat (Silsilah Al-Huda Wa Nur, no Fatwa 18)

Karena menuduh bidah, maka sejawatnya Syekh Utsaimin berarti juga ahli bidah, karena beliau membolehkan salat malam tambahan setelah Tarawih:

قال الشيخ صالح الفوزان في كتاب "إتحاف أهل الإيمان بمجالس شهر رمضان" : وأما في العشر الأواخر من رمضان ، فإن المسلمين يزيدون من اجتهادهم في العبادة ، اقتداء بالنبي صلى الله عليه وسلم ، وطلباً لليلة القدر التي هي خير من ألف شهر ، فالذين يصلون ثلاثاً وعشرين ركعة في أول الشهر، يقسمونها في العشر الأواخر ، فيصلون عشر ركعات في أول الليل ، يسمونها تراويح‏ ،‏ ويصلون عشراً في آخر الليل ، يطيلونها مع الوتر بثلاث ركعات ، ويسمونها قياماً‏ ،‏ وهذا اختلاف في التسمية فقط ، وإلا فكلها يجوز أن تسمى تراويح ، أو تسمى قياماً‏ .

Syekh Utsaimin berkata dalam kitab Ithaf Ahli Iman: "10 hari terakhir di bulan Ramadan, umat Islam menambah ibadah karena ikut Nabi shalallahu alaihi wasallam dan mencari Lailatul Qadar. Mereka yang salat 23 rakaat di awal Ramadan lalu membagi di 10 hari terakhir Ramadan; 10 rakaat dilakukan di awal dan sisanya bersama witir dilakukan di akhir malam, baik disebut Tarawih atau ibadah malam Ramadan" (link fatwa ada di kolom komentar) 

Baca juga kajian Sunnah berikut :

  1. Enam Kondisi Seseorang Disunnahkan Berhenti Melafalkan Dzikir
  2. Kontroversi Seputar Kesunnahan Shalat Malam Nisfu Syaban
  3. Lima Keutamaan Puasa Sunnah Syawal
  4. Ingin Kembali Ke Al-Quran dan Sunnah Kuasai Ilmu Ini Dulu
  5. Klasifikasi Perbuatan Nabi Muhammad SAW, Antara Sunnah dan Bukan Sunnah

Sumber FB Ustadz : Ma'ruf Khozin

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Salat Sunah Malam Saat Tahajjud Ramadan Bidah? - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®