Keberhasilan Dalam Mendidik

Keberhasilan Dalam Mendidik

*⭐KEBERHASILAN DALAM MENDIDIK* 

_Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq_ 

Setiap kita adalah pendidik. Jika tidak sedang berprofesi sebagai guru yang mendidik para murid, bisa jadi anak didik kita adalah anggota keluarga, yakni istri dan anak-anak sendiri.

Dan jika kemudian didikan kita tersebut berbuah baik, tumbuh dalam keshalihan dan menorehkan prestasi, perbanyaklah syukur dan juga muhasabah diri.

Anak kita yang pintar atau istri yang patuh dan shalihah itu adalah semata-mata karunia dari Allah ta'ala, bukan karena kecakapan dan kehebatan kita dalam mendidik.

Sehebat apapun ilmu parenting yang kita kuasai, tetap tak setingkat dengan kecakapan para nabi dan rasul dalam mendidik keluarganya.

Para anbiya adalah manusia pilihan. Yang paling fasih lisannya, paling cerdas akalnya, paling sempurna bimbingannya dan yang paling baik metode pendidikannya.

Namun demikian, sebagian mereka menghadapi masalah dalam keluarganya. Sebut nabi Luth 'alaihissalam yang diuji dengan kedurhakaan istrinya, atau Nuh 'alaihissalam yang menghadapi kekafiran istri dan anaknya. 

Maka pahamilah, bahwa kesuksesan apapun yang kita raih dalam mendidik murid-murid khususnya lagi keluarga, adalah semata-mata karunia dariNya.

Bahkan boleh jadi itu adalah bentuk keringanan dan kemudahan untuk kita. Karena Dia yang maha tahu melihat bahwa diri kita yang lemah tak akan mampu menghadapi ujian di level goncangan keluarga.

Jangankan seberat ujian para nabi, setingkat yang diterima rata-rata tetangga sendiri saja, kita sudah jungkir balik dibuatnya.

Karena itulah, sudah sepatutnya karunia memiliki istri yang baik, anak yang berprestasi, ataupun murid-murid yang sukses, tidak membuat dada kita membusung,  kepala membesar karena merasa telah menjadi pendidik yang hebat dan inspiratif.

Namun sebaliknya, hal itu harus membuat hati kita semakin khusyu' dalam bersyukur atau bahkan kian tunduk dalam memperbanyak istighfar....

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

_"Wahai Tuhan kami, jadikanlah pasangan dan anak-anak kami sebagai penyejuk pandangan kami, dan jadikanlah kami sebagai suri teladan yang utama bagi orang-orang yang bertaqwa."_ (QS. Al Furqan : 74) 

•┈┈•••○○❁🌻αѕт🌻❁○○•••┈┈•

 ⤵️https://t.me/subulana

📱facebook.com/AhmadSyahrinThoriq

🌐www.konsultasislam.com

BERGABUNG DI GROUP WA SUBULANA 

Yang ingin bergabung, bisa daftar ke admin : 0812-588-9791

Sumber WAG : SUBULANA I

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Keberhasilan Dalam Mendidik - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®