Mazhab Hadis Sahih

Mazhab Hadis Sahih

Mazhab Hadis Sahih

Kenapa "mazhab hadis sahih" itu batil? Jawabannya adalah karena tidak semua perkara fikih dapat diputuskan hanya berdasar kajian sahih tidaknya hadis. Jadi kalau ada ustadz yang menjelaskan perkara fikih hanya bermodal ini hadisnya sahih maka dipakai, ini dhaif maka dibuang, maka artinya si ustadz tidak paham fikih. 

Ironisnya, "mazhab hadis sahih" ini cukup banyak membius orang awam setelah dipopulerkan oleh syaikh al-Albani. Kalau kita merujuk para ahli fikih yang menjadi bintang bagi umat islam, maka akan kita dapati banyak hadis sahih yang tidak mereka pakai sebab suatu pertimbangan dan ada banyak hadis lemah yang mereka pakai sebab suatu pertimbangan. Selain itu, masalah baru yang tidak ada di masa Nabi mustahil bisa dibahas hukum fikihnya bila hanya bermodalkan kajian sanad.

Saya memakai istilah "mazhab hadis sahih" hanya sebagai gelar yang saya rasa lebih pas. Mereka sendiri suka mengaku sebagai pengikut mazhab ahli hadis atau mengikuti fikih sunnah, tentunya dalam versi mereka sendiri. 

Baca juga kajian ulama tentang mazhab berikut :

  1. Mengapa Mazhab Imam Syafi'i Lebih Dominan di Dunia Islam?
  2. Dinamika Mazhab
  3. Salafi Wahabi Bertopeng Mazhab Syafii?
  4. Mazhab Syafi'i dan Al-Umm
  5. Sikap Empat Imam Madzhab Terhadap Harta Baitul Mal Negara

Sumber FB Ustadz : Abdul Wahab Ahmad


©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Mazhab Hadis Sahih - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®