Kitab Wasiat Al-Musthofa?

Kitab Wasiat Al-Musthofa?

KITAB WASIAT AL-MUSTHOFA (?)

Beredar dalam masyarakat kita, sebuah kitab kecil tanpa nama pengarang dan bahkan dibaca di beberapa madrasah atau pondok pesantren. Kitab tersebut juga dicetak dipinggiran (hamisy) kitab al-Minah as-Saniyah karangan Imam Abdul Wahhab asy-Sya'rani. Kitab tersebut berjudul "Washiyah al-Musthofa", sebuah kitab yang memuat hadits-hadits wasiat Rasulullah ﷺ kepada Sayyidina Ali bin Abi Thalib dengan tanpa sanad dan ulama' hadits yang mengeluarkannya. 

Tetapi menurut beberapa ulama', seperti al-Hafiz ash-Shaghani dan al-Hafizh Jalaluddin as-Suyuthi, berkata bahwa hadits-hadits wasiat Rasulullah ﷺ kepada Sayyidina Ali bin Abi Thalib semuanya adalah maudhu' atau palsu. Yang dicurigai melakukan kedustaan adalah Hammad bin Amr. Demikian juga yang dikatakan oleh Imam al-Ajluni dalam kitabnya, Kasyf al-Khafa'. Wallahu A'lam. 

Syaikh Abdul Fattah Abu Ghuddah dengan keras berkata:

أما هذه الوصايا المنسوبة لسيدنا علي رضي الله عنه، والمكذوبة على رسول الله صلى الله عليه وسلم، فهي مطبوعة أكثر من مرة، ولا تزال تطبع وتباع، ويتداولها المغفلون، فكاذبها آثم ملعون، وطابعها آثم ملعون، وبائعها آثم ملعون، ومصدقها آثم ملعون، قبح الله من لا يغار على دينه وإسلامه وعقله.

"Adapun wasiat-wasiat ini yang dinisbatkan kepada Sayyidina Ali radhiyallahu 'anhu dan kedustaan atas nama Rasulullah ﷺ telah dicetak lebih dari sekali, dan bahkan selalu dicetak, dijual dan diedarkan oleh orang-orang yang lalai. Yang berdusta mendapatkan dosa dan dilaknat, yang mencetak mendapatkan dosa dan dilaknat, yang menjual mendapatkan dosa dan dilaknat, dan yang membenarkan mendapatkan dosa dan dilaknat. Semoga Allah memburukkan orang-orang yang tidak memiliki kecemburuan terhadap agama, Islam, dan akalnya". (Tahqiq Kitab al-Mashnu' karangan Imam Mulla Ali al-Qari). 

Semoga kita lebih berhati-hati. 

Sumber FB Ustadz : Hidayat Nur

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Kitab Wasiat Al-Musthofa? - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®